Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

9 Cara Hindari Terlalu Banyak Makan di Bulan Ramadhan

Oleh: AsmaraKu Editorial | 5 menit membaca


Apakah hal luar biasa yang Anda dapatkan setelah melepaskan dahaga dan makan dengan porsi yang banyak setelah berpuasa? Apakah sekadar kenyang dan puas dengan menghabiskan semua makanan lezat yang terhidang di atas meja?

9 Cara Hindari Terlalu Banyak Makan di Bulan Ramadhan

PERNAHKAH terpikir tentang konsekuensi dari makan berlebihan, seperti gangguan pencernaan, sakit perut, mulas, kembung, bersendawa, mual dan lemas bahkan enggan untuk melakukan ibadah seusai makan? Saat berbuka puasa, sebagian dari kita mungkin memilih untuk menghabiskan menu buka puasa dengan porsi yang sangat banyak, bahkan rasanya ingin menghabiskan semua makanan yang terhidang di meja makan. Namun, sungguh menakjubkan apabila kita bisa berlatih mengontrol pola makan saat berbuka puasa.

Cobalah melakukan hal yang berbeda, menahan diri dari godaan menu makanan yang berlebihan untuk membantu Anda agar tidak makan terlalu banyak di bulan Ramadhan namun tetap memberikan kenikmatan saat buka puasa, yuk simak beberapa tips a la AsmaraKu di bawah ini! 

1. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Memperbanyak meminum air putih bukan hanya sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, lebih dari itu Anda juga cenderung akan dapat mengontrol makan yang berlebihan. Saat tubuh kita bingung karena kelaparan atau dehidrasi saat puasa, dengan banyak minum air putih selama Ramadhan Anda tetap akan merasa baik. Perasaan lapar yang berlebihan saat menjalani puasa dapat dihilangkan dengan banyak minum air saat sebelum puasa. Minum segelas air sebaiknya dilakukan sebelum makan, selain sebagai pengganti makanan juga dapat meminimalisir resiko gangguan pencernaan. Bahkan kalau bisa, setiap satu jam sekali Anda dapat meminum air di saat malam.

jual suplemen stamina tubuh murah dan lengkap

2. MULAI DENGAN MENU BUKA PUASA YANG RINGAN

Selanjutnya, Anda dapat mulai berbuka puasa dengan menu yang ringan-ringan seperti kurma atau buah-buahan lain dan sejenisnya kemudian beristirahat sebelum mengonsumsi makanan-makanan berat semacam nasi dan gandum. Hal itu akan menunda rasa lapar Anda yang berlebihan setelah seharian menjalani puasa. Sementara itu, Anda dapat melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu, ngobrol dengan teman atau keluarga, lalu mulai merencanakan apa yang akan Anda makan. Jadilah selektif dan mempertimbangkan dengan baik menu makanan untuk mendukung kesehatan Anda.

Baca juga: Penting! Tips Sehat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

3. MAKANLAH SECARA PELAN-PELAN

Saat berbuka puasa, Anda biasanya hiruk-pikuk dan terburu-buru untuk menghabiskan menu buka puasa yang telah terhidang di meja makan. Itu hanya akan membuat Anda tidak dapat merasakan kenikmatan berbuka puasa. Cobalah untuk makan secara baik dan pelan-pelan, nikmatilah dengan setiap suapan, setiap gigitan, mengunyah secara perlahan, dan cobalah untuk mensyukurinya. Ketika Anda makan secara pelan-pelan itu akan membantu Anda untuk menahan keinginan untuk terlalu banyak makan di bulan puasa. Selain itu hal ini juga akan memungkinkan tubuh Anda secara efektif mencerna makanan-makanan yang telah Anda telan, bahkan Anda dapat meletakkan sendok atau garpu Anda terlebih dahulu selama menggigit dan mengunyah makanan. 

4. DUDUK DAN FOKUS

Selama makan di bulan puasa, baik itu menikmati menu buka puasa atau menu sahur, cobalah untuk tidak makan berdiri. Menurut beberapa pendapat, semua makanan yang dimakan saat berdiri dipercaya tidak memiliki kalori. Dan pendapat ini layak untuk Anda perhitungkan. Sebaiknya Anda makan sambil duduk, karena selain membuat Anda lebih menikmati menu yang sedang Anda makan dan mencapai kepuasan secara cepat, Anda juga akan mendapatkan tubuh Anda lebih baik dan fokus dalam menyantap menu yang ada.

jual multivitamin lengkap hanya di AsmaraKu

5. JANGAN TERUS BERADA DI SEKITAR MEJA MAKAN

Jika Anda terus berada di sekitar meja makan dan melihat makanan-makanan lezat masih terhidang di atasnya, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk terus melahapnya lagi dan lagi. Dan Anda tidak dapat menolaknya. Cobalah menjauh dari meja makan, karena kedekatan mempunyai kemungkinan besar untuk memilih menghampirinya bahkan dalam hitungan detik. Cobalah untuk mengalihkan perhatian dari meja makan misalnya dengan cara berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda atau melakukan hal-hal yang lainnya.

6. MENU SAHUR YANG SEIMBANG

Makan sahur dapat mencegah rasa lapar yang berlebihan hingga datang waktu buka puasa. Terlebih jika menu sahur yang Anda konsumsi mempunyai kadar seimbang yang nantinya akan membuat Anda tidak terlalu lapar bahkan pada waktu buka puasa. Makan sahur yang seimbang tersebut adalah makanan yang penuh serat mencakup kombinasi dari protein, karbohidrat dan lemak baik. Hal ini juga membuat metabolisme tubuh Anda menjadi lancar.

Baca juga: Tips Makan Sahur Sehat

7. OLAHRAGA

Percayakah Anda bahwa olahraga dapat membuat Anda terhindar dari makan berlebihan di bulan Ramadhan? Hal itu akan terealisasi jika Anda mulai merencanakan olahraga setelah berbuka puasa. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan berlebihan. Cukup gunakan waktu Anda selama 30 menit dengan olahraga ringan misalnya berjalan kaki yang nantinya akan memotivasi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat. Olahraga juga dapat membantu Anda merasa lebih bugar setelah berbuka puasa.

jual suplemen untuk daya tahan tubuh murah dan lengkap

8. TIDUR YANG CUKUP

Selama bulan Ramadhan, kebanyakan orang memiliki waktu tidur yang sedikit. Biasanya sering begadang hingga larut malam. Mulai sekarang, Anda dapat mengatur waktu tidur yang cukup dan memastikan bahwa waktu tidur Anda teratur. Anda dapat mulai mengatur jadwal tidur di siang hari, atau mulai mengatur jadwal tidur agar tidak terlalu larut malam. Waktu apapun yang Anda pilih, Anda musti tahu bahwa waktu tidur sangat erat hubungannya dengan nafsu makan.

Baca juga: Posisi Terbaik untuk Tidur

Makan dan tidur adalah dua fungsi yang paling dasar dan sangat manusiawi dan penting untuk kelangsungan hidup. Ketika kita memiliki waktu cukup untuk tidur, tubuh kita akan melepaskan hormon rasa lapar, dan sebagai hasilnya Anda tidak akan terlalu banyak makan di bulan Ramadhan. 

9. NIAT UNTUK DIET

Selain untuk tujuan ibadah dan ketenangan rohani Anda, bulan Ramadhan bisa menjadi kesempatan sempurna bagi Anda untuk diet sehat. Berniat untuk diet sehat di bulan Ramadhan juga dapat membantu Anda terhindar dari makan berlebihan, karena secara tidak langsung Anda akan termotivasi untuk makan secukupnya saja tanpa harus berlebihan.

 



Sebelumnya: Oral Seks Dengan Kondom? Why Not?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli puasa, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com