Advertisement
Advertisement

Cerita Dibalik Parfum Chanel No. 5

Sebagai salah satu brand parfum ternama di dunia, Chanel selalu mengeluarkan koleksi parfum dengan wangi yang menawan. Salah satu koleksi parfum terbaik yang menjadi ikonik adalah parfum Chanel No.5. Parfum dengan aroma menawan ini sukses membuat banyak wanita mengejarnya. Namun dibalik kesuksesannya kini, bagaimana cerita pembuatan parfum Chanel No.5?  

Cerita Dibalik Parfum Chanel No. 5

BRAND fashion dan kosmetik Chanel memang sangat terkenal di seluruh dunia. Di balik kesuksesan Chanel, ada sosok wanita hebat yang membangun merk ini dari nol yaitu Coco Chanel. Siapa sangka jika pada tahun 1909 Coco Chanel dulunya adalah seorang gundik di pabrik tekstil Etienne Balsan?

Meskipun kini telah tiada, Coco Chanel tetap dikenang sebagai wanita yang memiliki peran besar di balik brand ternama Chanel. Bahkan, salah satu koleksi parfumnya yakni Chanel No. 5 menjadi peninggalan Coco Chanel yang tak pernah lekang oleh waktu dan tetap dikenal sampai saat ini.

Bicara mengenai Chanel No.5, parfum ini memang sangat ikonik karena memiliki aroma yang menawan. Dan sesuai dengan ketenarannya kini, terdapat cerita dibalik parfum legendaris tersebut. 

Cerita bermula pada tahun 1921 ketika Chanel ingin membuat parfum yang dapat membuat tubuh wangi dan segar seperti sabun mandi. Keinginan tersebut muncul setelah Ia melihat bahwa parfum yang saat itu didominasi dengan bergamot, lemon, dan orange tidak bertahan lama pada kulit.

Chanel No.5 EDP, Rp 2.145.000,- ; Beli di sini

Kala itu, Coco Chanel masih berusaha membuat parfum mewah dengan aroma yang beda dari yang lain. Ketika ia sedang berlibur bersama kekasihnya, Grand Duke Dimtri Pavlovich, di Cote d'Azur, Chanel bertemu dengan seorang perfumer hebat. Perfumer hebat tersebut adalah Ernest Beaux. Saat itu, Beaux telah bekerja di keluarga kerajaan Rusia dan tinggal di dekat Grasse, pusat industri parfum.

Beaux adalah satu-satunya orang yang berani mengambil tantangan Chanel untuk menciptakan parfum dengan aroma yang tidak biasa. Pada saat itu, ada sebuah zat kimia yang disebut aldehida yang dapat menciptakan aroma artifisial.

Setelah beberapa bulan, Beaux menyiapkan 10 sampel parfum untuk dipresentasikan di hadapan Chanel. Sepuluh parfum itu diberi nomor 1-5 dan 20-24. Saat itu Chanel langsung memilih parfum nomor 5. Padahal, ramuan parfum nomor 5 itu tercipta dari kesalahan laboratorium, di mana asisten Beaux menambahkan aldehida dengan dosis yang lebih banyak dari yang dianjurkan.

Chanel Chance Women EDP, Rp 2.400.000,- ; Beli di sini

Parfum Chanel No. 5 ini memiliki aroma sabun yang segar dan berbeda dengan aroma parfum kebanyakan. Chanel pun mengakui telah menanti-nanti aroma parfum yang spesial seperti Chanel No. 5 ini. Parfum Chanel No. 5 mengandung sentuhan aroma melati, mawar, kayu cendana, danvanila.

Sebelum parfum mewah ini dirilis, Chanel mengundang Beaux dan teman-temannya untuk makan malam di salah satu restoran kelas atas di Riviera. Karena ia merasa bahagia telah menemukan parfum dengan aroma yang ia cari selama ini, Chanel menyemprotkan parfum Chanel No. 5 ke seluruh meja. Setiap wanita yang melewati meja itu langsung berhenti dan mengagumi aroma parfum itu.

Bulan Mei 1921, Chanel memutuskan untuk merilis parfum Chanel No.5 yang aromanya bisa membuat tubuh wangi dan segar. Bahkan setelah 30 tahun sejak masa perilisannya, penjualan Chanel No. 5 meningkat terus. Artis ternama sekaliber Marilyn Monroe pun turut menggunakan parfum masterpiece dari Chanel ini.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi