FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Cara Merencanakan Honeymoon Sesuai Budget

Setelah menikah, setiap pasangan tentu ingin melakukan bulan madu. Sayang, biaya pernikahan yang sudah terlalu besar kadang membuat pasangan hanya memiliki sedikit dana untuk perjalanan romantis. Alhasil bulan madu harus ditunda atau putar otak bagaimana tetap berbulan madu dengan budget yang terbatas.

Cara Merencanakan Honeymoon Sesuai Budget

DANA yang terbatas setelah menikah seringkali menjadi alasan banyak pasangan untuk menunda bulan madu. Pertimbangan biaya kehidupan seperti sewa rumah, listrik, dan pengeluaran sehari-hari lainnya semakin mendukung banyak pasangan untuk menunda perjalanan romantis tersebut.

Meskipun demikian, beberapa pasangan yang ingin berlibur sejenak akhirnya berusaha sekuat tenaga memutar otak untuk melakukan bulan madu dengan dana seadanya. Jika terpaksa, tak jarang mereka akan meminjam uang pada bank dengan risiko tinggi.

Padahal, Anda berdua tidak perlu melakukan tindakan berisiko tersebut untuk menikmati liburan seru lho. Cukup dengan 8 cara berikut, Anda dan pasangan bisa merencanakan honeymoon dengan budget terbatas. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Book Early

Jika Anda hendak merencanakan bulan madu yang membutuhkan budget agak besar seperti biaya penerbangan, menginap di hotel, dll, cobalah untuk mulai mencari tiket dari jauh-jauh hari sebelum pernikahan.

Selain menghindari tiket pesawat habis atau penuhnya tempat penginapan, melakukan pemesanan lebih awal tentu bisa menghemat biaya bulan madu. Bukan tanpa alasan, beberapa hotel ataupun resort bahkan ada yang memberikan promo ‘early booking’ hingga setengah dari harga aslinya.

Untuk itu, pesan tiket dan hotel 3 bulan sebelum keberangkatan karena itulah waktu terbaik berburu promo. Rajin-rajinlah membuka situs travel incaran Anda selagi mempersiapkan pernikahan. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi kepanikan menjelang hari-H.

2. Hindari Musim Liburan

Hindari berbulan madu di saat-saat semua orang juga melakukan liburan seperti tahun baru, hari raya besar, dan liburan anak sekolah jika ingin bulan madu yang tenang.

Selain tempat yang akan Anda kunjungi jauh lebih ramai, biaya penginapan dan transportasi pun biasanya akan lebih mahal sehingga dapat mengurangi momen romantis untuk pengantin baru.

Jika memang Anda dan pasangan menikah di waktu ‘high season’, cobalah  menunda terlebih dahulu liburan seru tersebut. Sebab Anda dan pasangan mungkin saja bisa beruntung mendapatkan potongan harga jika berbulan madu di musim tempat wisata sepi pengunjung.

Ayung Resort Ubud, Rp 4.405.000,-/ orang ; Beli di sini

3. Menggunakan Agen Perjalanan

Merencanakan liburan seru ke suatu tempat terkadang memang melelahkan dan menyita banyak waktu. Untuk itu, agen perjalanan bisa menjadi salah satu solusinya.

Setelah disibukkan dengan urusan pernikahan, Anda dan pasangan dapat langsung pergi berbulan madu tanpa harus memusingkan segala keperluan, cukup serahkan saja semuanya pada agen perjalanan.

Namun, Anda perlu cermat dalam mencari agen perjalanan yang memiliki paket secara keseluruhan sehingga biaya yang dikeluarkan dapat lebih sedikit dan waktu yang akan dihabiskan lebih efektif.

4. Membawa Buku Nikah saat Bulan Madu

Rencanakanlah untuk menginap di tempat yang tidak terlalu mahal namun juga menawarkan ketenangan dan kenyamanan untuk Anda dan pasangan. Faktor kenyamanan ini sangat penting apalagi jika bulan madu Anda dilakukan segera setelah pernikahan.

Anda dan pasangan tentu akan membutuhkan tempat untuk bersantai dikala menikmati bulan madu. Sekedar info, Anda bisa membawa buku pernikahan  saat honeymoon sebagai trik bulan madu hemat.

Dengan menunjukkan buku nikah tersebut, tidak sedikit hotel yang ingin memberikan Anda berdua kamar mahal dan bersuasana bagus dengan harga miring sebagai hadiah pernikahan untuk membuat pelanggan senang.

Baca juga: 8 Penyebab Pertengkaran saat Honeymoon

5. Bulan Madu di dalam Negeri

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati bulan madu dengan suasana yang indah, terlebih jika Anda tidak memiliki dana yang memadai. Sebab masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang tidak kalah bagusnya dengan objek wisata di luar negeri.

Anda dan pasangan bisa memilih berlibur ke salah satu pulau di Indonesia dengan pemandangan alamnya yang luar biasa dan romantis. Atau, Anda juga bisa mengunjungi kota wisata lainnya di dalam negeri yang menawarkan daya tarik wisata yang anda berdua suka. Hal terpenting adalah Anda berdua bisa menghabiskan waktu untuk bermesraan tanpa perlu diganggu urusan lainnya.

6. Reservasi Langsung

Jika Anda merasa budget telah sesuai dengan penawaran harga yang diberikan situs travel, maka tidak ada salahnya kalau Anda melakukan reservasi langsung. Sebab kadang harga di situs hotel/travel online atau maskapai penerbangan justru lebih murah dibandingkan agen perjalanan.

Memang, berburu kamar hotel langsung di agen perjalanan jauh lebih nyaman, namun persaingan harga yang ketat seringkali membuat harga yang dipasang cukup tinggi.

Jika sudah yakin dengan pilihan destinasi dan hotel, sebaiknya pesan saja melalui situs atau nomor pelayanan yang disediakan pihak terkait. Dengan memesan tiket pesawat dan kamar hotel secara langsung, kesempatan untuk menghemat budget akan semakin besar.

BW Suit Hotel Belitung, Rp 4.222.000,-/ orang ; Beli di sini

7. Berkemah

Jika menurut Anda berbulan madu ke pulau atau pantai yang sepi sudah terlalu mainstream, mengapa tidak coba berkemah saja? Anda dan pasangan bisa menghabiskan banyak waktu berduaan sambil berpetualang seru seperti berkemah dengan tenda berdua, mendaki gunung, paralayang, atau rafting di sungai yang berarus deras.

Cobalah untuk melakukan hal baru yang Anda berdua belum pernah lakukan sebelumnya seperti berkemah tadi. Selain dapat menjadi trik bulan madu hemat, aktivitas tersebut juga mampu melatih kekompakan dan menjadi kenangan tak terlupakan.

8. Mengunjungi Tempat Nostalgia

Anda dan pasangan bisa saja berbulan madu dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk Anda berdua. Kunjungi kembali tempat dimana Anda dan pasangan pertama kali bertemu atau tempat anda sering jalan bersama sebelum menikah.

Sebab, tempat-tempat yang memiliki kenangan bagi Anda berdua biasanya  ada dalam satu kota, sehingga budget yang dikeluarkan akan jauh lebih terjangkau. Tidak hanya itu, Anda berdua tentunya bisa tetap berbulan madu sambil tersenyum malu mengingat masa pacaran.

 

 

Sebenarnya bulan madu itu bukan tentang dimana Anda ingin menghabiskan waktu dengan pasangan, tetapi tentang dengan siapa dan bagaimana Anda akan menghabiskannya.

Jadi, jangan khawatir jika dana yang Anda miliki saat ini masih terbatas untuk bulan madu, karena ada berbagai macam trik bulan madu hemat dan menyenangkan yang bisa dilakukan. 

Diskusikan semuanya dengan pasangan mengenai kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat benar-benar menikmati bulan madu romantis bersama pasangan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi