Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Untuk Haid Tidak Teratur

Oleh: AsmaraKu Editorial | 3 menit membaca


Menstruasi tidak teratur menjadi tantangan untuk menentukan masa subur wanita demi mengetahui kapan waktu terbaik melakukan hubungan seks supaya bisa cepat hamil. Lalu bagaimana Anda menghitung masa subur dengan siklus haid tidak teratur?

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Untuk Haid Tidak Teratur

KABAR baiknya adalah sangat mungkin melacak masa subur pada siklus haid tidak teratur. Anda bahkan bisa melacak masa subur Anda dengan sangat teliti. Mengetahui kapan masa subur terkadang akan memberikan rasa percaya diri bagi mereka yang sedang berusaha untuk hamil.

 

Bagaimana cara menghitung masa subur untuk haid tidak teratur?

Anda bisa menghitung masa subur pada siklus menstruasi tidak teratur dengan menggunakan beberapa alat. Beberapa langkah cara menghitung masa subur wanita sebenarnya sudah banyak tersedia di pelayanan kesehatan yang bisa Anda manfaatkan terutama mengenai kesadaran kehamilan dan keluarga berencana. Anda bisa membacanya lebih seksama dan mendalam.

Baca juga: Perencanaan Kehamilan untuk Program Keluarga Berencana

 

Catat siklus mentruasi Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencatat siklus menstruasi Anda setiap bulannya pada kalender. Lakukan itu setiap bulannya dan cobalah lihat mungkin akan membentuk suatu pola tertentu. Meskipun Anda menggunakan bantuan dari dokter pada program hamil Anda, pencatatan siklus menstruasi tersebut juga akan membantu dokter dan mencari tahu apa yang terjadi pada Anda.

 

Mengamati lendir serviks Anda

jual suplemen kesuburan wanita lengkap dan murahAnda juga bisa mengamati siklus lendir serviks Anda, meskipun ini bukanlah metode yang paling diandalkan dalam cara menghitung masa subur dan terkadang kehadirannya tidak dapat diprediksi. Saat menstruasi berakhir, biasanya Anda akan merasakan munculnya lendir dari serviks dalam beberapa hari kemudian atau tidak sama sekali. Setelah itu, lendir serviks ini akan semakin bertambah jumlahnya seiring dengan dekatnya masa subur.

Ketika Anda memasuki masa subur, maka lendir serviks Anda akan sangat banyak seperti putih telur, jelas, elastis dan tebal. Ketika Anda mendapati lendir serviks Anda seperti putih telur ini berarti bahwa Anda sedang dalam masa subur. Ini adalah salah satu cara yang bisa diandalkan untuk mengetahui masa subur wanita, namun mungkin butuh beberapa waktu untuk bisa membiasakan diri dengan hal ini.

 

Memonitor suhu tubuh basal Anda

Cara menghitung masa subur wanita lainnya adalah dengan mengamati suhu tubuh basal Anda sehari-hari. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan thermometer khusus suhu tubuh basal. Anda harus mengetahui suhu tubuh Anda setiap harinya, meskipun terkadang ini harus dilakukan selama beberapa bulan sampai Anda dapat merasakan perubahan.

Ketika Anda sedang dalam masa subur, suhu tubuh basal akan naik tidak seperti biasanya. Bagaimanapun juga , langkah ini menjadi salah satu langkah yang paling terpercaya walaupun Anda juga harus tetap mencatat siklus haid Anda di kalender. Cara ini merupakan cara yang baik untuk menentukan masa subur, jika Anda memiliki siklus haid tidak teratur.

 

Gunakan peralatan melacak masa subur

jual alat tes kesuburan wanita murah di AsmaraKuBeberapa orang merasa sulit dan bingung bagaimana cara menghitung masa subur pada haid tidak teratur secara manual. Anda bisa menggunakan peralatan pelacak masa subur dan monitor kesuburan yang akan melakukan tugas tersebut untuk Anda. Sayangnya, dengan siklus mentruasi yang tidak teratur mungkin harus dilakukan pengecekan cukup lama selama beberapa bulan.

Hormone luteinizing (LH) secara konsisten ada di dalam urin Anda. Namun akan terdapat peningkatan selama 24 hingga 48 jam sebelum masa subur Anda tiba. Alat pelacak kesuburan ini bisa mendeteksi adanya peningkatan ini dan Anda akan tahu bahwa Anda akan masuk dalam masa subur. Karena alat pelacak kesuburan bisa memberitahukan kapan Anda akan masuk dalam masa subur, selanjutnya Anda harus mencatatnya di kalender. Apakah Anda akan menemukan pola di kalender atau tidak, informasi ini akan sangat membantu pakar kehamilan ketika Anda mulai mengalami kesulitan saat Anda mencoba untuk hamil.

Baca juga: 8 Tips Cara Hamil dengan Mudah dan Cepat

 



Sebelumnya: Bingung Memilih Ukuran Kondom? Ini Dia Tipsnya


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_kesuburan wanita, Beli kategori_wanita, Beli kesuburan, Beli tes kesuburan, Beli tes kesuburan scope, Beli wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com