Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Oleh: Ade Hermawan Igama | 3 menit membaca


Ketombe. Serpihan sel kulit mati kecil di kulit kepala ini memang sangat mengganggu, tidak hanya terasa gatal di kulit kepala tetapi juga Anda bisa merasa malu jika ketombe ini terlihat karena terlihat tidak bersih. Namun ada cara menghilangkan ketombe dengan alami, ingin tahu?

Cara menghilangkan ketombe secara alami

BIASANYA untuk menghilangkan ketombe parah Anda akan pergi membeli shampo anti ketombe atau obat ketombe yang banyak terdapat di pasaran namun sangat disayangkan sekali, ternyata obat ketombe atau sampo anti ketombe yang banyak beredar justru mengandung banyak bahan yang beracun tinggi. Contohnya seperti coal tar, bahan ini dilabeli bahaya tingkat 10 dari Enviromental Working Group dan telah dilarang di Kanada dan Eropa. Tak hanya coal tar, bahan-bahan ini patut Anda hindari karena bisa berdampak buruk pada tubuh maupun lingkungan. Saat ingin mengobati ketombe parah hindarilah zat-zat ini; polyvinylpyrrolidone (PVP), ketoconazole, formaldehyde, selenium sulfide, zinc pyrithione, sodium lauryl sulfate, deterjen, pewarna tekstil, dan pewangi.

Sebelum Anda mencari tahu cara menghilangkan ketombe secara alami ada baiknya untuk mengetahui penyebab ketombe muncul. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena kulit kepala yang kering, jarang atau terlalu sering keramas dan bisa juga karena jamur. Mallasezia adalah tipe jamur penyebab ketombe. Umumnya, jenis jamur ini tidak berbahaya namun jika ketahanan imun Anda sedang turun jamur ini bisa menjadi patogen yang merugikan yang menjadi penyebab ketombe. Untuk itu, ada baiknya Anda mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami karena bahan-bahan alami ini dipercaya ampuh sebagai obat ketombe.

Madu

Madu mentah adalah pelembab alami yang bisa melembabkan rambut Anda dan memberi berbagai macam vitamin dan mineral. Madu mengandung Vitamin A, C, D, E, B kompleks, beta karotin, zat besi, magnesium, kalsium, potasium, mangan dan fosfor. Madu mentah bisa juga dipakai untuk menebalkan rambut karena kandungannya yang kaya. Ketombe bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkanya tersumbat sehingga rambut menjadi rontok atau menipis.

Cara mengatasi ketombe dengan madu adalah dengan mencampurnya dengan air dengan perbandingan 90% madu mentah 10% air aduk sampai rata lalu pijatkan ke kepala selama 2 – 3 menit dan diamkan selama 3 jam. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Jika Anda ingin, tambahkan ¼ cangkir cuka dan ¾ air untuk bilasan. Lakukan cara menghilangkan ketombe secara alami ini setiap hari selama dua minggu. Selanjutnya Anda bisa melakukannya satu kali dalam seminggu supaya ketombe tidak datang lagi.

Cuka Apel

Selain dengan menggunakan madu mentah, bahan ini juga dinilai ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe dengan alami yaitu cuka apel. Menurut situs doctoroz, tingkat keasaman dari cuka apel mengubah level PH pada kulit kepala sehingga jamur tidak bisa berkembang biak. Faktor lainnya adalah karena cuka apel mengandung prebiotik yang mampu melawan bakteri dan jamur dan juga mengandung enzim yang membantu membuka folikel rambut yang tersumbat.

Cara mengatasi ketombe dengan cuka apel adalah dengan mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Contohnya campurkan 1 cangkir cuka apel dengan 1 cangkir air. Setelah tercampur, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke rambut dan kulit kepala yang baru dikeramas. Pastikan Anda berhati-hati agar tidak mengenai mata, lalu tutup kepala Anda dengan shower cap dan tunggu selama 15 menit sampai 2 jam dan bilas dengan air hangat. Ulangi sebanyak 2 kali seminggu sampai ketombe menghilang.

Demikianlah dua cara menghilangkan ketombe secara alami. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan alami tersebut dengan mudah dan jangan malas untuk konsisten memakainya. Bye, ketombe! 

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Ketombe Pada Jenggot

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_shampo conditioner wanita, Beli cara menghilangkan ketombe, Beli kategori_wanita, Beli shampo anti ketombe, Beli wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com