FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita yang Benar

Dalam merencanakan program kehamilan, mengetahui masa subur wanita sangatlah penting. Namun sayang, meskipun terkesan mudah nyatanya masih banyak wanita yang belum tahu cara menghitung masa subur yang benar sehingga akhirnya hanya menebak-nebak saja. 

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita yang Benar

UNTUK segera memiliki momongan berbagai cara pasti akan dilakukan oleh para pasangan. Baik itu mahal atau murah, berbagai cara cepat hamil pun dicoba dengan harapan sang istri bisa segera mengandung.

Sayangnya, terkadang cara-cara tersebut kurang efektif. Nah, bagaimana jika Anda dan pasangan mencoba cara yang sederhana? Misalnya, mempelajari cara menghitung masa subur agar Anda berdua bisa melakukan hubungan intim tepat pada waktunya.

Penghitungan masa subur dilakukan agar sperma dapat segera membuahi sel telur yang sudah matang. Melakukan hubungan intim ketika wanita tidak dalam masa subur menyebabkan sperma mati karena tidak membuahi sel telur yang matang.

Ada beberapa metode untuk mengetahu masa subur wanita, salah satunya adalah cara menghitung masa subur. Yuk, temukan metode yang tepat untuk mengetahui kapan masa subur wanita.

1. Metode Penghitungan Sederhana

Cara menghitung masa subur yang benar pertama adalah dengan metode sederhana. Metode ini dilakukan berdasarkan siklus haid Anda sendiri dan setiap wanita pastinya berbeda.

Coba hitung siklus hais Anda misalnya 28 hari, maka 28 hari tersebut dibagi ( : ) 2 = 14. Artinya, masa subur Anda terjadi pada 3 hari sebelum dan setelah hari ke-14. Ovulasi terjadi pada hari ke-11 dan 17 dalam siklus haid Anda.

Ovutest Scope Uji Kesuburan, Rp 199.000,- ; Beli di sini

2. Metode Sistem Kalender

Cara sebelumnya mungkin terkesan sederhana. Tapi faktanya tetap saja tidak semua wanita bisa melakukan cara menghitung masa subur secara sederhana. Karena itu akhirnya mereka memilih cara lain yaitu dengan sistem kalender.

Sistem kalender digunakan untuk mengetahui masa subur dengan cara menambah 13 hari dari tanggal terakhir seorang wanita menstruasi

Jadi, apabila Anda terakhir haid pada tanggal 7, maka ovulasi terjadi pada tanggal 20. Metode sistem kalender ini hanya dianjurkan untuk wanita dengan siklus haid yang lancar dalam jangka waktu 28-35 hari.

3. Melihat Perubahan Lendir Serviks

Jika malas menghitung masa subur, Anda masih bisa menggunakan metode lain untuk mengetahui masa subur wanita, yakni dengan memperhatikan perubahan lendir serviks.

Periksalah lendir dari mulut rahim karena hormon estrogen mencapai puncaknya saat ovulasi. Lendir akan terasa encer apabila Anda sedang berada dalam masa subur.

Selain itu, jika Anda meletakkan jari tangan di lendir serviks, lalu lendirnya bisa memanjang hingga 2-3 cm ketika jari ditarik, maka itu artinya Anda sedang dalam masa subur.

Sensitif Strip UC Uji kehamilan, Rp 26.900,- ; Beli di sini

Salah satu cara cepat hamil dengan berhubungan intim saat wanita sedang dalam masa subur adalah ide yang baik.

Namun, sebaiknya jika Anda dan pasangan tidak paham dengan sejumlah cara mengetahui masa subur di atas, sebaiknya konsultasi pada dokter untuk mendapat jawaban terbaik. Selamat mencoba. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi