Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Cara Mengatasi Kulit Kering Menurut Para Ahli

Tahukah Anda kalau lebih dari 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Nah, saat kulit Anda mengering, hal itu menjadi masalah utama yang akan memicu rasa gatal dan terkadang menimbulkan kulit kemerahan. Ada banyak penyebab kulit kering, mulai dari faktor lingkungan, udara, produk perawatan kulit, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Kulit Kering Menurut Para Ahli

KALAU sudah seperti itu, bagaimana cara mengatasi kulit kering? Mungkin banyak dari Anda yang mengaplikasikan pelembab untuk mengatasinya, padahal solusinya tidak semudah itu.

Patricia Manissier, Direktur Litbang di Caudalie, menjawab pertanyaan dan kecemasan Anda mengenai cara menyingkirkan kulit kering.

Tidak hanya itu, ada juga pengujian dengan menggunakan pelembab, lotion, minyak, dan serum untuk mengetahui manakah yang paling sesuai.

“Saya memiliki kulit berminyak tapi di beberapa bagian sangat kering, apa cara terbaik untuk mengatasinya?”

Tipologi kulit ini sering dipengaruhi oleh penyimpangan dalam produksi sebum (sekresi minyak dari dalam tubuh).

Solusinya adalah dengan menerapkan produk yang telah disesuaikan secara khusus agar sesuai dengan masing-masing area dan tipologi kulit. Sebagai contoh:

  • Di Zona-T: Oleskan produk yang dapat menyerap dan mengatur sebum berlebih seperti Himalaya Herbal Energizing Day Cream. Himalaya Herbal Energizing Day Cream dapat memberikan perlindungan UV, mencegah penuaan dini pada kulit tanpa membuat wajah Anda lebih berminyak.
  • Saat kulit kering, oleskan produk yang dapat menutrisi dan menghidrasi kulit Anda. Sebagai aturan praktis, gunakan produk yang dirancang untuk rentang usia Anda karena kebutuhan perawatan kulit berbeda-beda tergantung pada usia. 

“Apakah ada cara aman untuk mengatasi kulit yang mudah mengelupas?”

Ada. Pertama-tama, eksfoliasi kulit, lalu lembabkan. Bersihkan secara lembut dengan sabun muka yang mengandung salicylic atau glycolic acid seperti Nourish Beauty Care Facial Foam.

Ini akan membantu merangsang pembaharuan sel, membersihkan, melembutkan, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Perlukah mengeksfoliasi kulit?

Anda bisa membuat kulit kering kembali seimbang dengan menggunakan exfoliator lembut seperti Biocell Extraordinary Revitalizing Peeling Gel. Namun, hindarilah melakukannya pada kulit yang rapuh.

Untuk itu, hindari produk eksfoliator dengan partikel besar karena bisa menggores kulit tipis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk melembapkan kulit dengan krim.

Jika Anda menderita kulit kering, dermatitis, eksim, atau kondisi kulit lain yang memerlukan perhatian medis, Anda harus mengikuti saran medis yang diberikan oleh dokter Anda.

Baca juga: Utama Spice Body Scrub, Solusi Untuk Kulit Kering!

Manakah yang lebih baik, minyak atau pelembab untuk perawatan wajah wanita?

Tidak ada yang lebih baik dari yang lain, itu semua tergantung pada kebutuhan dan apa penyebab kulit kering. Pertama-tama cari tahu tentang mengapa hidrasi adalah kunci untuk kulit yang sehat.

Beberapa zat yang sudah ada di kulit Anda untuk menghidrasi kulit secara alami seperti:

  • NMF (Natural Moisturizing Factor), yang mempertahankan dan memperbaiki air di permukaan kulit
  • Asam hialuronat di dermis, yang membantu menghemat air dan melembabkan kulit
  • Selaput hidrolipidik, yang membantu melindungi kulit
  • Semua faktor ini dapat dilarutkan sehingga Anda dapat dengan cepat kehilangan jumlah yang Anda butuhkan untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi jika kekurangan asupan air dan kelembaban permukaan.

Oleh karena itu, produk pelembab untuk perawatan wajah wanita harus bekerja untuk melestarikan fungsi penghalang kulit dan cukup kuat untuk mempertemukan semua elemen yang dibutuhkan kulit untuk menjaga tingkat hidrasi.

Dalam kosmetik, ada dua jenis produk yang memungkinkan hidrasi optimal pada kulit sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhannya.

Produk pelembap seperti krim, mengandung air dalam proporsi besar serta senyawa pelembab asam hialuronat dan lipid (kelompok molekul alami yang meliputi lemak, lilin, dan vitamin yang larut dalam lemak) untuk memungkinkan penyerapan air secara optimal melalui kulit. Produk ini akan bekerja terutama pada tingkat persediaan air untuk kulit Anda.

Produk "bernutrisi" seperti minyak, mengandung air, senyawa pelembap, dan lipid dalam proporsi besar. produk ini cocok untuk kulit yang benar-benar kering yang kekurangan lipid.

Untuk mengetahui produk manakah yang Anda butuhkan, minyak atau pelembab adalah dengan menyubit kulit di bagian belakang tangan Anda. Jika menempel saat Anda menyubitnya, Anda mengalami dehidrasi.

Tingkatkan asupan air dan beri nutrisi kulit Anda dengan minyak. Jika kulit Anda kembali tapi terlihat kering, gunakan pelembab untuk mengunci tingkat hidrasi alami kulit Anda.

“Bibir saya selalu kering tapi saya mendengar kalau mengaplikasikan lip balm maka bibir akan terbiasa dan berhenti untuk melembabkan diri secara alami”

Sederhananya, tidak. Bibir Anda memiliki kulit yang sangat halus yang mudah terkikis walau hanya dengan kegiatan sehari-hari seperti makan dan minum. Melembabkan mereka secara teratur memberikan perlindungan.

Sensasi kekeringan yang Anda rasakan sebenarnya adalah air yang menguap dari bibir Anda, misalnya setelah menjilat bibir. Produk dengan lipid dapat membantu mempertahankan kelembaban

Baca jugaPenyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

Apa Penyebab Kulit Kering di Sekitar Mata?

Kulit di sekitar mata jauh lebih tipis daripada di tempat lain di wajah sehingga tanda dehidrasi lebih mudah terlihat. Karena ada kelenjar sebasea yang lebih sedikit di sekitar mata, selaput hidrolipidik lebih tipis dan kulitnya mengering lebih cepat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa minum cukup air setiap hari (minimal 8 gelas) dan oleskan krim mata pagi dan sore hari untuk meningkatkan sirkulasi mikro.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering

Apa Penyebab Kulit Terasa Gatal Setelah Mandi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Air panas yang berasal dari pipa dapat melucuti minyak alami dari kulit dan menyebabkan iritasi. 

Produk yang mengandung surfaktan agresif (senyawa yang menghilangkan kotoran dan 'membersihkan' kulit, rambut, atau tubuh) juga dapat menghilangkan selaput hidrolipidik yang melindungi kulit.

Untuk menghindarinya, mandi menggunakan air dingin atau air hangat (tidak panas) dan gunakan produk dengan surfaktan ringan. Setelah itu, aplikasikan pelembab pada kulit untuk mengunci kelembabannya.

"Kulit terhidrasi dengan baik tapi kenapa pada area tangan terasa kering? Bagaimana mengatasinya?"

Tangan bisa lebih kering di cuaca dingin dan karena kebiasaan mencuci tangan. Anda bisa mencuci tangan dengan produk yang mengandung surfaktan ringan tapi aplikasikan pelembab setelahnya.

Nah, itu dia ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit kering. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan kulit kering, sebab ada banyak produk yang bisa diandalkan untuk mengatasinya.

Selalu perhatikan kondisi kulit Anda. Tentunya, Anda tidak menginginkan kulit yang kering, rapuh, dan kusam bukan? Menjaga kulit tetap lembab akan membuat kulit tampak lebih sehat, bersih, dan bercahaya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, ladies!

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi