Keranjang Belanja
Advertisement
Advertisement

6 Cara Memanfaatkan Rangkaian Bunga yang Sudah Layu

Memiliki bunga segar di dalam rumah memang dapat menyejukan suasana. Namun seiring berjalannya waktu, bunga akan layu, kering, dan kemudian dibuang. Tapi, jika Anda masih merasa sayang, lebih baik sulap bunga layu di rumah menjadi berbagai hal menarik. 

Cara Memanfaatkan Rangkaian Bunga yang Sudah Layu

SEBAGAI salah satu mahkluk hidup, bunga juga dapat layu dan mati. Bunga yang sudah layu dan kering biasanya akan langsung dibuang begitu saja karena dianggap tidak lagi berguna dan mengotori ruangan.

Padahal, Anda dapat menyulap bunga-bunga yang sudah layu dan kering menjadi berbagai barang menarik yang memiliki nilai lebih. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Membuat Potpourri

Jika merasa sayang untuk membuang karangan bunga yang wangi dan indah, Anda bisa memanfaatkan kelopak bunga layu untuk membuat potpourri. Potpourri merupakan wewangian dari bunga kering yang dicampurkan dalam sebuah kantong atau pot.

Anda hanya perlu mengeringkan kelopak bunga layu Anda yang masih harum, lalu campurkan beberapa jenis rempah-rempah atau buah-buahan kering. Berikan beberapa kelopak bunga yang warna-warni seperti bunga lavender atau rempah kering yang cantik seperti pucuk daun pinus dan cengkeh.

Setelah semua bahan disatukan ke dalam kantong atau pot, Anda juga bisa menambahkan essential oil atau minyak wangi yang Anda sukai untuk menonjolkan keharuman yang Anda inginkan. Umumnya jenis essential oil yang di tambahkan seperti minyak beraroma mawar, Anda bisa menambahkan secara berkala ke dalam potpourri. Letakkan potpourri di ruangan sebagai pengganti karangan bunga untuk mempercantik dan memberikan keharuman di rumah Anda.

Baca juga: Kagumi Buket Bunga Lebih Lama dengan Cara Mengeringkannya

2. Mempercantik Bingkai Foto

jual buket bunga lengkap dan murah

Bagi Anda yang senang mengoleksi foto atau ingin memberikan sentuhan unik bagi rumah Anda, bingkai foto bisa menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda menginginkan sebuah hiasan unik dan berbeda dengan hiasan yang umum dijual di toko, Anda bisa menghias bingkai foto Anda sendiri.

Ambil beberapa bagian buket bunga yang masih cantik namun sudah layu, lalu tindih bunga di dalam buku tebal agar terlihat pipih dan mudah diaplikasikan pada bingkai. Kreasikan sesuai gaya seni dan keinginan Anda, baik di dalam bingkai maupun di luar bingkai foto, sebaiknya gunakan variasi warna bunga dan daun agar terlihat artistik.

3. Kartu Ucapan Yang Unik

Selain untuk bingkai foto, umumnya bunga kering yang dipipihkan bisa Anda gunakan sebagai kartu ucapan. Hal ini juga dilakukan oleh toko bunga online atau toko bunga jakarta, yaitu menempelkan bunga kering yang sudah ditindih dalam buku pada kartu ucapan. 

Akan terlihat unik dan cantik ketika Anda mengirimkan buket bunga disertai kartu ucapan dengan hiasan bunga kering. Anda bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda untuk orang-orang tercinta.

Dapatkan Mixed Rose, Lily, and Tulip Bouquet dengan harga Rp 845.000,- Beli di sini

4. Lilin Dari Kelopak Bunga Layu

jual rangkaian bunga lengkap

 

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh toko bunga atau florist jakarta untuk menggunakan kembali bunga layu adalah dengan membuat lilin dari bunga tersebut. Anda bisa menempelkan kelopak bunga atau bunga utuh yang sudah kering dari rangkaian bunga di sekeliling lilin.

Caranya, lelehkan lilin kecil atau potongan lilin dan gunakan sebagai lem untuk menempelkan bunga ke batang lilin, lalu lapisi kembali bunga dengan lelehan lilin tersebut. Ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan wadah bening, tempelkan bunga dari rangkaian bunga yang sudah mulai layu di sekeliling wadah bening bagian dalam, lalu tuangkan lelehan lilin ke dalam wadah. Anda bisa memberikan warna yang sesuai pada lilin agar terlihat lebih indah dan menarik, lalu gunakan lilin bunga ini sebagai hiasan rumah.

Baca juga: Rangkaian Bunga Murah Bisa Terlihat Mahal dengan 9 Trik Ini!

5. Membuat Air Wangi Dari Bunga

Bunga, seperti tanaman lainnya memiliki nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh Anda. Salah satu air wangi paling populer adalah air mawar yang telah disebut-sebut mampu menenangkan, melembabkan dan menyegarkan kulit Anda.

Dari karangan bunga mawar bisa Anda gunakan untuk membuat air mawar sendiri. Namun Anda perlu memastikan bunga mawar tersebut tidak mengandung pestisida apapun, karena bahan kimia dapat membahayakan kulit Anda.

Periksa ke toko bunga online atau toko bunga jakarta untuk mengetahui apakah mereka menggunakan bahan kimia atau tidak. Bilas bunga Anda sebelum Anda memulai proses pembuatan air mawar agar Anda mendapatkan manfaat terbaiknya.

Dapatkan White Radiance Hand Tied dengan harga Rp 345.000,- Beli di sini

6. Biarkan Rangkaian Bunga Dalam Vas

Jika Anda mendapatkan rangkaian bunga, taruhlah dalam vas bunga meja dan biarkan hingga mengering. Rangkaian bunga yang sudah kering tidak akan mengurangi keindahan alami bunga, bahkan Anda akan melihat suatu keindahan yang berbeda dari bunga tersebut. Rangkaian bunga kering bisa memberikan kesan romantis dan vintage pada ruangan rumah Anda.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal