Advertisement
Advertisement

Buat Kulit Bercahaya Natural dengan 9 Makanan Ini

Untuk mendapatkan kulit bercahaya, banyak orang hanya mengandalkan perawatan dari luar. Padahal konsumsi beberapa makanan tertentu juga dapat menjadi cara ampuh mendapatkan kulit bercahaya natural. 

Buat Kulit Bercahaya Natural dengan 9 Makanan Ini

SAAT ini banyak produk perawatan kulit yang menjanjikan hasil kulit cerah bersinar secara natural. Namun faktanya, tidak semua produk memiliki bahan yang cocok untuk kulit Anda. Malah beberapa produk justru dapat membuat kulit makin kering dan kusam.

Tidak perlu khawatir dulu, ternyata ada cara menghilangkan kulit kusam yang lebih aman dan natural, yaitu dengan makanan! Bagaimana bisa?

Makanan mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan nutrisi lain yang tidak hanya menghilangkan kulit kusam namun juga memberi kesan glowy pada kulit, sekaligus sebagai perlindungan dari sinar matahari.

Berikut 9 bahan makanan yang bisa Anda gunakan untuk hasilkan kulit cerah bersinar!

1. Buah Sitrus

Makanan pertama yang bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit bercahaya adalah buah-buahan dari keluarga sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

Buah sitrus mengandung banyak vitamin C yang penting dalam memperbaiki tekstur kulit dan melembutkannya. Selain itu, vitamin C juga memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Tidak hanya itu, sitrus juga melindungi kulit dari garis kerutan dan pigmentasi berlebih. Cara penggunannya dapat dengan meletakkan irisan buah ke atas kulit, atau dengan serum wajah yang mengandung vitamin C. 

2. Blueberry

Buah bluberry ternyata memiliki antioksidan tinggi yang dapat melawan sel kanker dan inflamasi. Untuk perawatan kulit sendiri, blueberry dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam kulit sehingga membuatnya bercahaya.

HPAI Madu Premium, Rp 130.000,- ; Beli di sini

3. Teh Hijau

Teh hijau panas mengeluarkan zat catechin, sejenis antioksidan yang mengandung zat anti kanker dan inflamasi, serta membantu aliran darah ke kulit. Penelitian juga membuktikan bahwa meminum dua sampai enam gelas teh hijau per hari dapat mencegah kanker kulit.

Namun perlu diingat bahwa jumlah antioksidan lama kelamaan akan berkurang seiring teh mendingin, maka dari itu konsumsi saat masih hangat agar kulit Anda lebih baik.

4. Minyak Safflower

Omega 6 yang terkandung dalam minyak safflower adalah pelembab kulit yang natural. Zat tersebut memberi pertahanan agar cairan tidak keluar dari kulit dan menjaganya agar tidak kering.

Minyak safflower bisa jadi pilihan untuk Anda yang memiliki kulit kering. Penelitian terbaru juga mengatakan minyak safflower memiliki efek anti inflamasi. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

5. Kaldu Tulang

Memang terdengar aneh atau bahkan menjijikan untuk perawatan kulit. Namun kaldu tulang ternyata kaya akan kolagen dan protein yang penting untuk meningkatkan elistisitas dan kelembaban kulit. Selain tulang, Anda dapat merebus bagian urat dan otot dan meminum kaldunya.

6. Bayam

Mengonsumsi bayam ternyata dapat mengurangi risiko kanker kulit dan merupakan salah satu cara menghilangkan kulit kusam yang efektif. Vitamin E dan beta karoten dalam bayam melindungi sel kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan tanda penuaan.

Tidak hanya itu vitamin E juga dapat melindungi Anda dari kulit kusam dan kanker kulit. Air dalam bayam juga mampu menembus sel yang mencegah keriput.

Nourish Skin Bio White Serum Box, Rp 170.000,- ; Beli di sini

7. Ubi Manis

Seperti jeruk, ubi manis juga mengandung banyak vitamin C yang mengurangi keriput pada kulit. Konsumsi vitamin C tiap hari selama 3 tahun pun ternyata mengurangi keriput pada kulit sebanyak 11%. Beta karoten yang tinggi juga membuat Anda terlihat lebih muda dengan kulit cerah bersinar dan glowing.

8. Tomat

Zat lycopene yang menghasilkan warna merah pada buah tomat mengurangi penuaan kulit karena sinar UV. Dengan mengkonsumsi tomat yang dipanaskan, misalnya dalam saus marinara yang bisa dipasangkan dengan pizza dan pasta, kulit kusam karena sinar matahari dapat dikurangi.

9. Ikan Tuna

Nutrisi dalam ikan tuna, selenium, membantu menjaga jumlah elastin dalam kulit. Elastin sendiri adalah protein yang menjaga kulit lembut dan kencang. Antioksidannya juga dipercaya dapat menangkal efek buruk dari paparan sinar matahari yang dapat merusak sel kulit.

Asam lemak omega 3 dalam tuna juga menjaga jumlah kolagen dalam kulit, melawan inflamasi, dan menjaga kulit tetap kencang. Anda dapat mengkonsumsi 3 ons atau setengah kaleng tuna perhari nya untuk merasakan hasil maksimal.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi