Advertisement
Advertisement

Buat Bunga Potong Lebih Segar dan Awet dengan 8 Bahan Ini

Untuk memperindah ruangan, bunga potong segar seringkali dipilih karena mampu menghidupkan suasana dan membuat siapapun yang melihatnya tersenyum. Sayang, selang beberapa hari bunga-bunga tersebut akan mulai layu dan mati. Namun, jangan khawatir, kini Anda bisa membuat bunga potong menjadi lebih awet dan segar!

Buat Bunga Potong Lebih Segar dan Awet dengan 8 Bahan Ini

BUNGA memang memiliki kekuatan magis yang bisa membuat siapapun yang melihatnya menjadi tersihir karena keindahannya. Terutama bila diberikan sebagai hadiah dalam bentuk buket bunga, baik pria maupun wanita akan merasa sangat senang dan tersenyum karenanya.

Anda bisa memberikan bunga sebagai hadiah wisuda, ulang tahun sampai anniversary. Tidak ada waktu yang sala dalam memberikan bunga!

Bukan hanya populer dijadikan sebagai buket bunga, karena keindahannya bunga juga tak jarang digunakan sebagai komponen dekorasi ruangan mulai dari acara pernikahan hingga menjadi pemanis ruangan saja.

Baca juga: Arti Bunga Matahari

Sebuah ruangan yang diletakkan bunga akan menambah nilai estetika ruangan tersebut. Begitu pula dengan meja, meja yang sebelumnya tidak dihiasi dengan vas bunga akan sangat berbeda dengan meja yang sudah dihiasi dengan sebuah vas bunga yang cantik.

Untuk mempercantik ruangan bunga asli pasti jauh lebih indah dibanding dengan bunga artisial, sayangnya bunga asli tak dapat dipungkiri lebih mudah rusak dan layu. Nah, agar bunga Anda bisa lebih bertahan lama berikut 8 caranya:

1. Baking Soda

Walaupun memang terdengar agak aneh, baking soda ternyata bukan hanya bisa menjadi bahan untuk kue, tapi juga bisa digunakan agar bunga potong segar Anda tetap awet.

Caranya campurkan 1/4 soda ke dalam gelas yang berisikan air lalu tuangkan ke dalam vas bunga yang telah berisi bunga potong segar. Kandungan gula yang terdapat dalam baking soda akan membuat bunga potong segar Anda dan buket bunga lebih segar dan mekar lebih lama. 

Supaya air bunga yang berada dalam vas bunga bisa tetap bersih, Anda bisa menggunakan baking soda yang tidak berwarna seperti Sprite ataur 7-Up.

2. Hair Spray

Cara membuat bunga tahan lama selanjutnya adalah dengan menggunakan hair spray. Jika selama ini Anda hanya menggunakan hair spray untuk mempercantik rambut dan penampilan, kini saatnya Anda juga menggunakan pengeras rambut tersebut agar bunga potong bertahan tetap cantik sepanjang waktu.

Sama seperti mempertahankan bentuk rambut, hair spray juga bisa menjaga kesegaran bunga potong Anda. Caranya pisahkan bunga dari buketnya lalu semprot dengan hair spray dalam jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan cepat. Semprotkan pada bagian bawah daun dan kelopak bunga.

Dapatkan Heavenly Red and Pink Rose Hand-Tied dengan harga Rp 1.495.000,- Beli di sini

3. Cuka Sari Apel

Selain sebagai bahan makanan, cuka sari apel memang sudah dikenal banyak memiliki banyak manfaat untuk kecantikan seperti sebagai toner wajah dan penghilang bekas hitam karena jerawat.

Tapi ternyata bukan hanya untuk kecantikan wanita, cuka sari apel juga bisa menjaga kecantikan bunga potong agar lebih tahan lama. Caranya campurkan 2 sendok gula dan 2 sendok cuka apel ke dalam vas bunga yang berisikan air bersih. Agar bertahan lebih lama, jangan lupa mengganti air campuran gula dan cuka apel disetiap harinya secara teratur agar air tidak berbau. 

4. Vodka

Rahasia agar bunga bertahan lebih lama dan segar adalah dengan memperlambat laju tumbuh bakteri dan tetap menambah nutrisinya. Karena pada saat bunga dipotong fotosintesis tidak akan terjadi sehingga nutrisi untuk bunga tidak akan terpenuhi lagi.

Untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan tetap menutrisi makanan bagi bunga,  Anda bisa menambahkan vodka sebagai anti bakteri dan satu sendok gula sebagai nutrisinya. Ganti air campuran vodka dan gula setiap harinya agar bunga bisa bertahan segar lebih lama.

Baca juga: Tips Memberikan Buket Bunga Cantik

5. Aspirin

Cara membuat bunga tahan lama yang kelima adalah dengan menggunakan bahan aspirin. Karena pada dasarnya prinsip pengawetan bunga adalah dengan menurunkan ph (menaikkan tingkat keasamannya). 

Untuk membuat bunga lebih awet dengan aspirin caranya sangat mudah. Masukkan aspirin ke dalam vas bunga dan biarkan sampai benar-benar larut. Obat yang telah dicampurkan akan menaikkan asam pada air sehingga bisa memperlambat perkembangbiakan bakteri yang membuat bunga busuk.  

6. Bleach

Air yang digunakan untuk merendam bunga potong biasanya tidak steril meskipun dari luar terlihat bersih. Air yang digunakan untuk merendam bunga potong merupakan media yang sangat disukai bakteri untuk berkembang biak.

Tanda-tanda bakteri telah berkembang melebihi batas dalam vas bunga adalah ketika terjadi pembusukan yang akan menyebarkan bau busuk yang tidak enak. Bakteri dalam vas bunga akan membuat air menjadi keruh dan tidak dapat diserap oleh tanaman. 

Jika suplai air tidak cukup, bunga potong akan cepat layu dan membusuk. Untuk meminimalisir hal itu Anda bisa menggunakan pemutih. Gunakan 1/4 sendok teh pemutih dan larutkan dalam satu liter air. Larutan pemutih akan menghambat pertumbuhan bakteri agar bunga dapat bertahan lebih segar lebih lama.

Dapatkan White Radiance Hand-Tied dengan harga Rp 345.000,- Beli di sini

7. Koin

Salah satu agen penghambat bakteri dalam vas bunga Anda adalah dengan menggunakan koin. Uang koin yang biasanya kita gunakan hanya untuk membayar parkir atau biasa terlupakan ternyata mempunyai manfaat yang besar agar bunga Anda tetap cantik dan bertahan jauh lebih lama.

Koin yang terbuat dari tembaga akan bertugas sebagai agen anti bakteri. Caranya,  masukkan beberapa koin kedalam vas bunga yang berisi air, dan bunga potong Anda  akan bertahan jauh lebih lama.

8. Gula

Cara membuat bunga tahan lama yang terakhir yaitu dengan menggunakan gula. Setelah bunga dipotong kebutuhan nutrisi bunga ikut terpotong pula hingga akhirnya membuatnya layu. Hal itu karena pada saat bunga sudah dipotong, ia sudah tidak bisa memproduksi karbohidrat lagi padahal sebenarnya pembakaran karbohidrat masih terjadi.

Bunga akan layu lebih cepat bila cadangan karbohidrat tidak tercukupi. Oleh karena itu bunga potong harus diberikan tambahan karbohidrat berupa gula. Tambahkan 3 sendok gula sebagai nutrisi bunga dan 2 sendok cuka untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalam air hangat.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi