We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Bingung Pilih Kondom? Kenali Dulu Keunggulan Tiap Jenisnya

Untuk mencegah kehamilan, kondom memang alat kontrasepsi yang paling tepat digunakan. Dengan berbagai jenis dan pilihan yang tersedia di pasaran, Anda para pria dapat dengan leluasa memilih kondom sesuai kebutuhan. Tapi siapa sangka, ternyata masih banyak pria yang kesulitan dalam memilih kondom yang tepat. 

Bingung Pilih Kondom? Kenali Dulu Keunggulan Tiap Jenisnya

KONDOM merupakan alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan oleh pria dalam upaya menerapkan safe sex, dan mencegah kehamilan.

Tidak sulit ditemukan, Anda dapat membeli kondom di apotek, supermarket bahkan toko online. Selain kemudahan mendapatkannya, kondom yang dijual di pasaran kini telah di tersedia dalam berbagai varian yang menawarkan banyak kelebihan sesuai kebutuhan.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak pria dan wanita yang merasa kesulitan memilih kondom yang tepat untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan. Nah, agar Anda tidak lagi kesulitan memilih kondom, kenali dulu jenisnya seperti berikut ini. 

1. Latex

Latex merupakan jenis kondom yang paling umum Anda temukan di pasaran. Kondom jenis ini pertama kali diciptakan pada tahun 1855. Di Amerika Serikat sendiri, sekitar 80% kondom diproduksi menggunakan latex dan kebanyakan dari kondom tersebut dilapisi oleh pelumas berbahan dasar silikon.

Kelebihan dari jenis kondom ini adalah harganya yang terjangkau ketimbang jenis kondom lainnya. Selain itu kondom jenis ini juga diciptakan dengan berbagai macam varian dan ukuran sehingga memudahkan Anda para pria.

Kondom latex juga memiliki ketahanan yang baik karena sifat latex yang lentur dan dapat memanjang hingga 800% dari ukuran aslinya. Keuntungan lain dari kondom jenis adalah dapat menahan gesekan ketika bercinta.

Durex Kondom Fetherlite, Rp 15. 500,- ; Beli di sini

2. Polyisoprene

Kondom jenis ini telah melalui izin dari FDA pada tahun 2008 lalu, dan menjadi jenis kondom terbaru yang beredar di pasaran. Kondom jenis ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap latex.

Secara kimiawi, kondom polyisoprene memiliki kandungan karet yang sama seperti latex, bahkan kedua material ini memiliki kesamaan karakteristik yang kuat. Namun produsen dari kondom ini menghilangkan kandungan protein yang menjadi penyebab alergi pada sebagian orang.

Kelebihan kondom polysoprene adalah harga yang lebih murah ketimbang kondom jenis polyurethane dan lambskin, kemudian memiliki sifat hypoallergenic. Selain itu, kondom ini lebih elastis ketimbang polyurethane namun tidak lebih elastis dari latex.

Di sisi lain, sama seperti kondom latex, kondom jenis ini juga efektif dalam mencegah penyebaran penyakit menular seksual dan juga kehamilan.

Baca juga: Cara Pakai dan Buang Kondom Pria

3. Polyurethane

Di antara jenis-jenis kondom yang ada, kondom jenis ini terbuat dari bahan baku synthetic plastik dengan tekstur warna yang bening seperti plastik penutup makanan. Kondom polyurethane pertama kali dibuat beberapa dekade yang lalu, produk ini menawarkan sensasi rasa yang berbeda dengan latex, produk ini juga bisa jadi alternative bagi mereka yang alergi terhadap latex.

Kelebihan kondom seperti inilah yang membuat pria perlu tahu cara memilih kondom yang benar. Kelebihan kondom ini adalah dapat digunakan bersamaan dengan pelumas yang berbahan dasar air, silicone, atau pun minyak.

Kondom ini juga dapat berfungsi dengan baik walau Anda memiliki sedikit alergi terhadap latex, kemudian kondom ini juga memiliki bentuk yang lebih besar dari latex sehingga bagi pria yang merasa kondom latex terlalu sempit dapat menggunakan kondom jenis ini. terakhir, kondom ini dapat menghantarkan sensasi hangat ketika bercinta. Sensasi hangat ini dapat meningkatkan kenikmatan saat bercinta.

Sagami Kondom Original 002 S, Rp 289.000,- ; Beli di sini

4. Lambskin

Sama seperti namanya, kondom jenis ini benar-benar terbuat dari domba. Terdengar aneh bukan? Ya Anda tidak salah dengar, kondom ini lebih tepatnya terbuat dari lapisan membran dari usus yang disebut cecum.

Kondom jenis ini merupakan kondom paling tua ketimbang jenis kondom lainnya. Sayang, kondom ini hanya ampuh untuk mencegah kehamilan namun tidak bisa mencegah penyebaran penyakit menular seksual.

Biasanya, kondom jenis lambskin hanya digunakan oleh orang yang sangat sensitif terhadap latex (sebelum kondom jenis polyurethane dan polyisoprene hadir). 

Di sisi lain, kelebihan dari kondom jenis ini adalah sensasi kenikmatan yang dihadirkan begitu tinggi karena menghadirkan sensasi bersentuhan antara kulit dengan kulit. Sensasi tersebut mampu meningkatkan gairah bercinta Anda dan pasangan. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi