Advertisement
Advertisement

Bibir Pecah-Pecah Selama Bulan Puasa? Ini Solusinya!

Tidak hanya menjaga hati selama bulan puasa, menjaga penampilan tetap segar dan sehat juga tak kalah penting. Sayang, masalah seperti bibir pecah saat puasa seringkali membuat penampilan jadi kurang maksimal. 

Bibir Pecah-Pecah Selama Bulan Puasa? Ini Solusinya

JIKA Anda biasanya menjaga bibir lembut dan lembab, saat berpuasa ada kemungkinan Anda akan mengalami bibir kering dan pecah-pecah karena tidak ada asupan air selama beberapa jam.

Tetapi jangan khawatir, ada cara mudah agar masalah ini tidak mengganggu puasa Anda. Yuk simak tips puasa dan cara mengatasi bibir pecah-pecah selama bulan Ramadhan!

1. Perbanyak Minum Air Mineral saat Berbuka dan Sahur

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah tubuh mengalami kekeringan atau kekurangan cairan. Tips puasa agar bibir Anda tidak pecah-pecah adalah perbanyak konsumsi air mineral, minimal 8 gelas setiap hari.

Ingatlah bahwa air putih adalah sumber cairan terbaik yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Dengan begitu, bibir Anda tidak akan mudah kering dan puasa Anda menjadi menyenangkan.

 

 Utama Spice Peppermint Lip Balm, Rp 16.500,- ; Beli di sini

2. Mengonsumsi Buah-buahan Segar Selama Bulan Puasa

Tak hanya memperbanyak air mineral, mengonsumsi buah-buahan segar, khususnya yang memiliki banyak kandungan air juga dapat membantu tubuh lebih segar dari dalam. Jumlah vitamin dalam buah segar akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Puasa adalah saat yang bagi tubuh untuk meregenerasi kulit secara besar-besaran. Anda dapat membantu mengoptimalkannya dengan makan buah-buahan segar yang sehat selama bulan puasa.

Ingatlah bahwa vitamin A, vitamin E dan vitamin C begitu juga antioksidan yang terkandung penuh dalam buah bisa membuat kulit Anda menjadi lembab dan mencegah kekeringan pada kulit secara ampuh.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Bagi Anda yang memiliki masalah bibir kering selama bulan puasa, menyantap makanan asin saat berbuka memang sangat nikmat, tetapi hal ini hanya akan memperburuk kondisi bibir yang demikian.

Bukan tanpa alasan, garam dapat mengikat lebih banyak air pada tubuh Anda, sehingga akibatnya tubuh akan lebih mudah merasa haus dan dehidrasi.

Sebaiknya berbuka dan sahur lah dengan makanan yang tidak terlalu asin dan pertimbangkan pula jumlah garam pada makanan yang akan Anda konsumsi selama bulan Ramadhan.

Hal ini juga berlaku pada camilan Anda, karena umumnya makanan ringan yang gurih memiliki banyak jumlah garam.

Baca juga : Jangan Lupakan Kebutuhan Nutrisi Selama Puasa Ramadhan!

4. Memakai Lip Balm

Cara mengatasi bibir pecah-pecah juga bisa dilakukan dengan memakai lip balm, baik itu untuk wanita mau pun para pria. Lip balm adalah salah satu cara untuk mempertahankan kelembaban bibir yang efektif.

Untuk itu, pakailah lip balm ketika bibir Anda sudah mulai terasa kering. Usahakan untuk memilih lip balm yang mengandung moisturizer tinggi dan terdapat label SPF pada kemasannya.

Karena itu, selalu ingat untuk membawa lip balm dalam tas Anda kemana pun Anda pergi sehingga bibir tetap lembab sepanjang hari.

5. Jangan Menjilat Bibir Terlalu Sering

Ternyata kebiasaan menjilat atau membasahi bibir bukanlah cara terbaik untuk mengatasi masalah bibir kering. Banyak orang mengira, dengan cara membasahi bibir maka akan membuat bibir menjadi lembab sepanjang saat.

Padahal kenyataannya, efek lembab itu hanya akan bertahan sebentar saja dan berlanjut menjadi semakin kering.  Hal ini dikarenakan air liur yang menempel di bagian bibir akan mengering dan meningkatkan kekeringan pada permukaannya.

Itulah alasan mengapa menjilat bibir pada saat puasa bukan solusi terbaik, melainkan hanya kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Purbasari Lip Balm Dairy Series, Rp 29.700,- ; Beli di sini 

6. Menggunakan Madu

Untuk mengatasi bibir yang terlanjur kering dan pecah-pecah, cobalah untuk memanfaatkan madu murni. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit madu pada bagian bibir saat malam hari menjelang tidur dan oleskan kembali ketika sahur.

Selanjutnya, bersihkan bibir dengan air hangat dan rasakan perubahan nyata pada bibir Anda. Dengan rutin menggunakan madu, bibir akan terasa lebih lembab dan merah alami.

Baca juga : Penyebab Bibir Kering dan Cara Mengatasinya

7. Batasi Minuman Mengandung Kafein

Tips puasa yang terakhir agar bibir tidak pecah-pecah adalah hindarilah kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein, karena kafein tinggi pada minuman bisa membuat kelembaban kulit berkurang.

Umumnya mereka yang paling sulit menghindarinya adalah para pecinta kopi. Namun, cobalah untuk mempertimbangkan minuman lain yang tidak mengandung kafein seperti air mineral atau susu yang tentunya lebih baik bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama bulan puasa. Tentu saja, Anda juga dapat menerapkannya tidak hanya di bulan Ramadhan, tetapi juga dalam beberapa bulan mendatang. Selamat berpuasa dan tetaplah jaga kecantikan Anda!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi