FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Bibir Kering saat Puasa? Cegah dengan 6 Cara Ini!

Puasa selama kurang lebih 13 jam tentu memberikan efek tertentu pada tubuh seperti bibir kering. Tidak jarang saat puasa bibir akan kering bahkan pecah-pecah sehingga membuat penampilan jadi kurang maksimal. 

Bibir Kering saat Puasa? Cegah dengan 6 Cara Ini!

BIBIR kering pasti pernah dialami oleh semua orang yang sedang menjalani ibadah puasa. Kurangnya asupan cairan selama seharian berpuasa menjadi penyebab utama mengapa bibir Anda mengering.

Hal tersebut tentu tidak mengherankan sebab saat berpuasa hampir 14 jam, Anda tentu tidak minum sehingga kelenjar minyak di area bibir pun menjadi berkurang malah habis sama sekali.

Hal tersebut tentu membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal. Dalam kondisi yang lebih parah malah bisa menimbulkan rasa perih atau bahkan luka berdarah di bibir.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini? Simak tips puasa untuk mencegah bibir kering berikut ini!

1. Banyak Minum Air Mineral

Mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup sangatlah penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh, cara ini juga bisa mencegah bibir Anda menjadi kering selama bulan puasa.

Minumlah minimal 8 gelas air putih per hari, seperti 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam dan menjelang tidur, lalu 2 gelas lagi saat Anda sahur.

Utama Spice Cocoa Lip Balm, Rp 16.500,-; Beli di sini

2. Menggunakan Lip Scrubs

Ternyata kulit bibir juga perlu di eksfoliasi loh agar sel kulit matinya dapat terangkat dan bibir kembali lembut. Nah, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan kelembutan bibir adalah gula dan madu.

Caranya, campurkan dua sedok teh gula dengan satu sendok teh madu, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan bibir dengan menggunakan jari tangan.

Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan bibir dengan air hangat. Anda bisa melakukan hal ini minimal seminggu dua kali di malam hari sebelum tidur.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Pedas

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, mungkin tips puasa yang satu ini akan sulit untuk Anda terapkan. Mengurangi makanan pedas juga bisa mencegah bibir Anda kering selama berpuasa loh.

Karena makanan yang mengandung cabai salah satu penyebab bibir kering dan meradang. Selain makanan pedas, disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol dan makanan yang terlalu asin untuk mencegah bibir Anda mengering saat puasa.

Baca juga: Pentingnya Pakai Lip Balm

4. Menggunakan Lip Balm

Cara terbaik dalam menyiasati bibir kering adalah dengan menggunakan lip balm atau lip moisturizer. Kurangnya asupan cairan, ditambah dengan sinar matahari yang menyengat bisa memperparah bibir kering hingga mengelupas.

Saat udara mulai terasa panas dan kering, Anda bisa mengoleskan lip balm untuk menjaga bibir tetap lembab dan lembut. Disarankan untuk menggunakan lip balm yang memiliki kandungan minimal SPF 15 untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

5. Hindari Menjilat Bibir

Penyebab bibir kering selanjutnya adalah kebiasaan yang kerap kali Anda lakukan yaitu menjilat bibir. Bibir yang kering memang membuat tidak nyaman dan membuat Anda ingin terus menjilatnya.

Tapi usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut karena saliva atau air liur mengandung banyak enzim yang didesain untuk mencerna makanan dalam lambung yang bisa merusak pelindung pada bibir Anda.

 

 

 Joy Kit Selfie Like a Model, Rp 149.000,- ; Beli di sini

6. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Kebiasaan yang bisa membuat bibir Anda kering adalah minum terlalu banyak minuman mengandung kafein, seperti kopi atau teh. Pasalnya kafein justru bisa menimbulkan rasa haus setelah Anda meminumnya.

Efek dehidrasi inilah yang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Sebaiknya selama berpuasa, Anda mengurangi untuk minum-minuman yang berkafein.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi