FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Advertisement
Advertisement

Berapa Usia Kulit Anda yang Sebenarnya?

Seiring bertambahnya usia seseorang, biasanya akan diikuti dengan perubahan kondisi kulit. Hal ini tidak dapat dihindari dan pasti akan dialami oleh semua orang. Kulit akan kehilangan elastisitas yang dapat mengubah penampilan Anda. Tapi tidak jarang, mereka yang masih berusia muda memiliki kulit "tua"

Berapa Usia Kulit Anda yang Sebenarnya?

MUNGKIN Anda pernah mendengar tentang manfaat hidup sehat, bagaimana mengonsumsi makanan yang baik, berolahraga, dan menahan diri dari hal-hal buruk seperti merokok dapat membuat kulit bercahaya.

Bukan hanya nasihat kosong semata, tapi benar tubuh yang sehat biasanya akan memiliki kulit cerah, bercahaya dan lembab. Sebaliknya, jika tubuh tidak sehat, kulit akan terlihat kusam dan kering.

Selain faktor gaya hidup, usia seseorang juga dapat menjadi patokan dalam melihat kondisi kulit seseorang. Seharusnya Anda yang masih muda memiliki kulit kencang, dan segar sesuai dengan usia.

Sayang, kenyataannya usia seseorang kini tidak selalu dapat menggambarkan kondisi kulitnya. Justru sebaliknya, kulitlah yang memiliki kemampuan untuk mencerminkan usia Anda yang sebenarnya. Bisa terlihat lebih muda, normal atau bahkan lebih tua.

Dengan memahami perubahan kondisi kulit, harapannya dapat membantu Anda dalam memilih perawatan kulit intensif yang paling tepat dan sesuai dengan usia Anda.

Apa yang membuat kulit tampak "tua"?

Hal utama yang membuat kulit nampak tua adalah pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menghasilkan lebih sedikit kolagen. Kolagen sendiri memiliki peran penting dalam membentuk elastisitas kulit. Apabila Anda menghasilkan sedikit kolagen, maka kulit akan mengalami keriput atau mengendur.

Selain itu, usia kulit juga ditentukan dari gaya hidup yang Anda jalani. Gaya hidup tersebut mencakup pola dan jenis makanan, kebiasaan minum dan merokok, serta paparan sinar matahari.

Baca juga: Tips Merawat Kuit di Usia 30-an 

Seperti yang telah dibahas di atas, merokok dan minum alkohol dapat membuat kulit tampak kusam dan Anda akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Sementara, intensitas paparan sinar matahari juga memegang peranan penting dalam menentukan usia kulit Anda. Matahari bisa menyebabkan penurunan kolagen hingga warna kulit yang tidak merata (belang). Tidak hanya itu, sinar UVA dan UVB yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan Anda terkena kanker kulit. 

Untuk itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya (sunblock) ketika ingin ke luar rumah agar kulit tidak terbakar. Tak hanya itu, perubahan mood yang tidak stabil seperti stres juga dapat menghasilkan hormon kortisol yang cenderung dapat menurunkan produksi kolagen.  

Dapatkan Elicina Snail Cream dengan harga Rp 385.000,- Beli di sini

Membuat kulit awet muda

Agar kulit terlihat awet muda, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, sayur dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti ikan dan kacang-kacangan juga sangat membantu bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Sedangkan olahraga dapat membantu aliran oksigen di dalam darah tetap lancar. Namun di samping mengonsumsi makan sehat, kebanyakan wanita juga mengantisipasi penuaan dini dengan melakukan perawatan kulit dan menggunakan krim anti aging.

Padahal kerutan sendiri sebenarnya akan terlihat mulai usia 40-an. Ketakutan akan tampil keriput, membuat wanita yang masih berumur 20-an menggunakan krim anti aging. Tidak ada salahnya memang, tapi ingat, pilih perawatan yang sesuai dengan usia dan jenis kulit Anda. 

Bagaimana mengetahui usia kulit?

Untuk mengetahui usia kulit, Anda dapat mencoba cara sederhana ini dengan mencubit kulit di bagian punggung tangan dan kemudian lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit kembali seperti semula. Semakin pendek waktunya maka usia kulit lebih muda.

  • 1-2 detik
  • Usia kulit Anda dibawah kisaran 30 tahun

  • 3-4 detik
  • Usia kulit Anda kisaran 30-44 tahun

  • 5-9 detik
  • Usia kulit Anda kisaran 45-50 tahun

  • 10-15 detik
  • Usia kulit Anda 60 tahun

  • Lebih dari 15 detik
  • Jika kulit Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali, maka usia kulit Anda mungkin 70 tahun atau lebih.

    Bagaimana? Apakah kulit Anda memiliki usia yang sama dengan umur saat ini? Jika tidak, coba lihat kembali gaya hidup Anda dan mulailah untuk melakukan perawatan intensif. 

    Dapatkan Humphrey Serum Vit C Collagen Plus dengan harga Rp 78.000,- Beli di sini

    Gaya hidup yang baik dan perawatan kulit intensif saat muda akan berdampak baik pada kondisi kulit Anda di masa tua nanti. Anda dapat menerapkan pola hidup sehat sejak dini dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga yang teratur, dan merawat kulit dengan produk perawatan sesuai dengan usia dan kondisi kulit. Sebaiknya Anda juga menghindari hal-hal seperti minuman keras (alkohol) dan merokok. Semoga bermanfaat!

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com

    Gambar Halaman Privasi