Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

BUNGA

Berapa Lama Rangkaian Bunga Akan Tetap Segar?

Oleh: Ade Hermawan Igama | 4 menit membaca


Buket bunga yang indah membawa perasaan menyenangkan bagi pecinta rangkaian bunga. Selain sebagai sarana mengekspresikan emosi, buket bunga juga digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Beberapa bunga di bawah ini akan bertahan lama jika disimpan dengan benar!

Berapa Lama Rangkaian Bunga Akan Tetap Segar

SAAT bunga dipetik untuk dijual toko-toko bunga Jakarta tentunya kesegaran dan keharumannya akan perlahan berkurang dan menghilang. Walaupun beberapa jenis bunga memiliki harum yang lebih tahan lama namun harga satu buket bunga di toko bunga online maupun di toko bunga Jakarta tidak sebanding dengan lama jenis bunga tersebut akan kembali tumbuh. Contohnya, sebuket bunga mawar memiliki harga yang cukup mahal di toko bunga online namun harumnya tidak bertahan lama jika dibandingkan dengan bunga lain yang harganya lebih murah. Jika Anda berniat untuk membeli karangan bunga dan menjaganya tetap segar, pilihlah jenis bunga di bawah ini dan ikuti tips untuk menjaganya lebih tahan lama.

Mawar

Rangkaian bunga mawar akan bertahan selama 7 sampai 10 hari di dalam vas berisi air dingin. Saat sedang membeli bunga, pilihlah bunga mawar dengan kuntum yang agak keras atau kaku, cara mengetahuinya adalah dengan menekan lembut ujung kuntum. Jika terasa rapat maka bunga mawar dalam kondisi baik. Bunga mawar sangat baik jika dipotong di dalam air karena saat batangnya dipotong, bunga ini akan ‘menarik napas’ dan air bisa masuk ke dalam batangnya sebagai hidrasi. Minta florist Jakarta Anda untuk memotongnya di dalam air dan masukkan ke dalam vas bunga yang telah diberi air. Anda juga bisa menyimpan kelopak bunga mawar yang berjatuhan untuk dikumpulkan dalam mangkuk kecil dan dijadikan sebagai pengharum ruangan atau lemari pakaian.

Anggrek

Buket bunga anggrek akan bertahan selama 14 sampai 21 hari di dalam vas bunga. Untuk menjaga kesegaran bunga anggrek sebaiknya pangkas batangnya secara berkala dan ganti air di dalam vas bunga setiap hari. Cabut kelopak yang mulai menghitam agar daya tahannya kembali terpulihkan di bagian batang bunga. Jika Anda hanya mempunyai kuntum anggrek taruhlah di mangkuk yang diisi air segar.

Anyelir

Dalam vas bunga, bunga anyelir mampu bertahan dua sampai tiga minggu. Cara menjaga kesegaran bunga anyelir adalah dengan menaruh kuntum-kuntumnya di mangkuk dengan air segar. Jika Anda menaruhnya di vas bunga, pastikan untuk memotong dedaunannya. Menyimpan bunga anyelir berwarna putih juga bisa Anda tambahkan pewarna makanan ke dalam vas dan nanti warna bunganya akan perlahan berubah.

Krisan

Krisan mampu bertahan selama 25 sampai 30 hari. Rekor buket bunga terlama dalam vas adalah buket bunga krisan. Menjaga kesegaran bunga krisan butuh sedikit perhatian ekstra yakni dengan menganti air dalam vas setiap hari dan pangkas batangnya setiap hari. Maka dari itu minta kepada florist jakarta untuk memilihkan krisan dengan batang yang panjang.

Lili

Umur lili dalam vas bunga mampu bertahan selama 14 hari. Dalam menjaga ketahannya, cabut serbuk sari yang terdapat pada bunga untuk memperpanjang hidupnya dan mencegah serbuk sari menodai kelopak. Mencubit dengan lembut bagian kelopak yang berwarna pudar juga mendorong bunga lili untuk mekar kembali. Tidak semua bunga lili memiliki keharuman yang kuat, pilihlah bunga lili jenis Star Gazer. Keharuman jenis lili star gazer mampu menyebarkan wanginya dalam radius 1,5 meter.

Gladiola

Rangkaian bunga gladiola bisa bertahan selama 14 hari dengan perawatan yang tepat. Tipiskan dan cabut kelopak bunga yang sudah mulai layu, dengan mencabut kelopak yang mulai layu ini akan mengembalikan energi ke dalam batang dan memperpanjang umur bunga. Gladiola mekar dari bagian bawah sehingga jika Anda mencabut kelopaknya tidak akan membuat bunga ini jadi terlihat jelek. Jika batangnya mulai terlihat layu sebaiknya pindahkan bunga ke dalam mangkuk.

Tips menjaga kesegaran karangan bunga

Saat Anda sampai di rumah setelah membeli bunga segera buka pembungkusnya dan taruh di dalam vas bunga berisi air. Lalu potong batang bunga di bagian bawah dengan keruncingan sudut 45 derajat, ini akan mempermudah batang untuk menyerap air. Jangan lupa untuk mencabut dedaunan pada batang atau yang tenggelam di air karena dedaunan ini akan membusuk dan membuat air dalam vas menjadi bau.

Pilih vas bunga yang bersih dari bahan kaca, plastik berkualitas atau berbahan keramik. Isi vas dengan air bersih bertemperatur dingin. Air dingin akan menjaga kesegaran karangan bunga lebih tahan lama. Anda juga bisa membuat air dengan pengawet dari bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut adalah bahan pengawet yang bisa Anda buat untuk menjaga kesegaran rangkaian bunga Anda.

1sdm gula, 1 sdm pemutih, 2 sdm air jeruk nipis atau lemon, 1 liter air suam-suam kuku

Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air dingin ke dalam vas bunga Anda.

Baca Juga: Kagumi Buket Bunga Lebih Lama dengan Cara Mengeringkannya 

 



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_toko bunga, Beli buket_bunga, Beli bunga, Beli bunga tahan lama, Beli kategori_bunga, Beli rangkaian bunga

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com