Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Belanja Online Pakai Bitcoin? Mudah, Aman, dengan Privasi Terjamin!

Bila Anda termasuk orang yang sering berbelanja secara online, mungkin pernah mendengar istilah Bitcoin. Tak heran, memang saat ini semakin banyak toko online yang menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Namun, apa sebenarnya Bitcoin itu?

Belanja Online Pakai Bitcoin? Mudah, Aman, dengan Privasi Terjamin!

BITCOIN adalah suatu bentuk mata uang digital yang diciptakan dan dimiliki secara elektronik. Mata uang ini sama seperti rupiah atau dollar, tapi bedanya, Bitcoin tidak dicetak dan tidak bisa dipegang secara fisik. Bitcoin adalah pelopor dari bentuk mata uang non-fisik yang saat ini semakin berkembang dan mulai banyak digunakan di industri digital seperti online shop.

Apa bedanya dari mata uang normal?

Bitcoin bisa digunakan untuk membeli barang secara elektronik. Dengan kata lain, mirip dengan mata uang rupiah, dollar, atau yen yang ditukar secara digital.

Sebagai contohnya, jika Anda berbelanja di sebuah toko online asal Cina dengan total pembayaran 100 dolar AS, maka jumlah tagihan akan otomatis dikonversikan ke mata uang rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat itu. Begitu juga halnya dengan Bitcoin yang mempunyai nilai kursnya sendiri.

Bedanya, Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak terikat kepada bank atau pemerintah. Jadi, tidak ada bank yang berkepentingan untuk mengontrol perputaran uang. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk berbelanja tanpa mengungkapkan jati diri mereka karena tidak perlu melibatkan bank, penerbit kartu kredit, atau pihak ketiga lainnya.

Bagaimana cara kerjanya?

Bitcoin diciptakan oleh para pengguna yang mining atau “menambang” mata uang yang dimiliki untuk memverifikasi transaksi pengguna lainnya dengan meminjamkan kekuatan komputasi. Imbalannya adalah Bitcoin yang bisa dibeli atau dijual dengan menukarkan mata uang rupiah atau mata uang lainnya.

Apa saja keunggulannya?

Bitcoin memiliki beberapa keunggulan dibanding mata uang normal.

Tidak dikontrol oleh pemerintah atau lembaga apapun

Database yang digunakan Bitcoin tidak dikontrol oleh pihak tertentu melainkan terbuka untuk umum, sehingga sulit bagi seseorang untuk memalsukan transaksi. Seluruh transaksi tercatat secara transparan, live, dan tersebar ke jutaan server.

Proses registrasi yang mudah

Bank konvensional mengharuskan nasabahnya melalui proses pendaftaran yang agak rumit untuk membuka rekening. Lain dengan registrasi Bitcoin address (alamat Bitcoin) yang bisa Anda selesaikan dalam hitungan detik, tanpa daftar pertanyaan ataupun biaya administrasi.

Transfer kemana saja secara cepat

Anda bisa mentransfer Bitcoin kemana saja dan akan langsung sampai ke tangan penerima dalam beberapa detik atau menit hanya dengan sarana smartphone dan jaringan internet.

Biaya transfer yang rendah

Jika bank mengharuskan Anda membayar biaya yang tinggi untuk transfer internasional, tidak dengan Bitcoin. Transfer bisa dilakukan tanpa biaya sama sekali. Namun untuk mempercepat proses transfer, dompet Bitcoin akan memotong biaya sekitar 500 - 3,000 rupiah, sebesar apapun jumlah uang yang dikirimkan.

Transaksi bersifat pseudonymous

Setiap orang bisa memiliki Bitcoin address lebih dari satu. Setiap address tidak terhubung dengan nama, alamat rumah, atau data pribadi apapun!

Anda bisa melihat saldo Bitcoin seseorang, bahkan semua transaksi yang pernah dilakukannya. Namun, Anda tidak bisa tahu pemilik Bitcoin address tersebut bila ia ingin merahasiakan identitasnya.

Singkatnya, orang lain bisa melihat jumlah Bitcoin yang tersimpan di address Anda, tapi mereka tidak bisa tahu kalau Anda-lah pemiliknya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

1 komentar

  • Gimn cara nya Join bit coin

    Sukinen on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi