FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Bau Ketiak Bikin Si Dia Illfeel? Yuk, Cek Cara Mengatasinya di Sini!

Rencana jalan bareng si Dia terganggu karena bau ketiak? Tidak sedikit orang yang pernah mengalaminya sih.

TENTU saja bisa ditebak, si dia pasti illfeel dengan bau ketiak Anda bukan?. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk sebagian orang, hanya menggunakan deodorant saja sudah dapat mengatasi masalah ketiak. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang beruntung seperti itu.

Karena banyak orang yang bahkan seberapa kali dia mandi, menggunakan parfum bahkan deodoran masih saja bau ketiak menyeruak.

Kalau begitu terus, pasti Anda akan semakin tidak percaya diri dan si dia akan semakin illfeel dengan Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena bau ketiak tidak selamanya dan bisa diatasi dengan baik.

Apa Penyebab Bau Ketiak?

Pertama kali Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan bau ketiak. Tubuh memiliki mekanisme khusus untuk membantu supaya tubuh tetap dingin yaitu dengan mengeluarkan cairan melalui kelenjar keringat.

Jadi, semua orang yang hidup pasti mengeluarkan keringat. Ada dua jenis kelenjar keringat utama yaitu eccrine dan apocrine.

Kelenjar keringat eccrine adalah kelenjar yang ada di seluruh permukaan kulit namun kelenjar aprocine adalah kelenjar keringat yang berada di daerah tertentu yang memiliki rambut seperti kepala, ketiak dan selakangan.

Pada saat suhu tubuh memanas maka kelenjar keringat akan mengeluarkan air atau keringat. Keringat ini biasanya tidak bau sampai ada bakteri yang membuatnya menjadi bau.

Selain itu, makanan dan minuman serta obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi juga dapat mempengaruhi bau keringat.

Cara Mengatasi Bau Ketiak

Perawatan untuk mengatasi bau ketiak dan mengatasi bau badan sebenarnya akan tergantung pada penyebab bau tersebut.

Bau ketiak atau bau badan dapat disebabkan karena tingkat kebersihan yang rendah atau salah dalam menggunakan produk deodoran atau karena sedang menjalani pengobatan medis tertentu.

Cara mengatasi bau ketiak dengan bahan alami ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan di dapur atau di minimarket terdekat. Berikut daftarnya:

1. Cuka Sari Apel

Cuka apel secara alami bersifat asam dan memiliki sifat antimikroba. Ini dapat menetralkan area ketiak Anda dan menghancurkan bakteri penyebab bau ketiak. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencelupkan bola kapas ke dalam mangkuk kecil cuka sari apel dan aplikasikan ke ketiak Anda dua kali sehari.

2. Jus Lemon

Jus lemon dapat mengurangi pH kulit dan membuat kulit menjadi tidak layak huni bagi bakteri. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil setengah lemon dan gosokkan langsung di ketiak Anda. Ulangi setiap hari hingga Anda memperhatikan bau ketiak semakin berkurang.

3. Gunakan Deodoran

Anda perlu memilih produk deodoran yang alami. Hindari deodorant pria yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti alumunium, parabens dan ftalat.

MTV Man Body Fragrance Deodorant - 75 mL, Rp.134,400; beli di sini

Deodoran yang terbuat dari bahan alami mungkin akan lebih mahal namun efeknya bagi tubuh akan lebih baik. Jika Anda membeli deodoran dan membuat kulit Anda terbakar atau gatal maka segeralah hentikan pemakaian.

4. Perbaiki Asupan Makanan

Tahukah Anda bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan bau ketiak? Jika Anda rentan terhadap bau ketiak yang buruk, maka sebaiknya Anda hindari beberapa makanan berikut ini.

5. Sayuran Mengandung Gas

Brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung belerang yang dapat diserap oleh tubuh Anda dan dikeluarkan dalam bentuk keringat. makan sayuran ini dapat membuat bau ketiak dan bau badan selama satu sampai enam jam

6. Hindari Daging Merah

Daging lebih sulit dicerna daripada makanan lain sehingga tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk memprosesnya. Asam amino di dalam daging merah dapat meninggalkan residu di usus Anda.

Enzim usus Anda dapat memecah residu tersebut selama pencernaan dan proses tersebut dapat bercampur dengan bakteri di kulit Anda sehingga bau ketiak atau bau badan akan menyeruak tak tertahankan.

7. Jangan Makan Ikan

Beberapa jenis ikan seperti ikan tuna dan salmon mengandung choline sejenis vitamin B yang menghasilkan bau amis yang menyengat.

Beberapa orang yang makan ikan terebut dapat mengeluarkan cholin dari tubuh melalui keringat hingga satu hari lamanya.

8. Ganti Rutinitas Kebersihan Anda

Mungkin sudah saatnya Anda melihat kembali rutinitas kebersihan Anda karena bisa jadi itulah yang menyebabkan bau badan. Kebersihan yang baik dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di ketiak Anda.

9. Cuci Pakaian Secara Rutin

Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk menggunakan pakaian yang sebenarnya sudah ada di bak pakaian kotor? Jika iya maka hentikan kebiasaan itu sekarang juga.

Pakaian kotor yang didiamkan selama beberapa waktu sudah ditumbuhi bakteri yang sudah berkembang biak penyebab bau keringat. oleh karena itu, selalu gunakan pakaian yang sudah dicuci setiap kali Anda keluar.

10. Cukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang lebat adalah habitat yang sangat baik bagi bakteri penyebab bau ketiak. Bakteri tersebut bahkan dengan mudah berkembang biak di sana.

Dengan memangkas atau mencukur bulu ketiak Anda secara rutin akan membantu menjaga bau supaya terkendali.

11. Rutin Membersihkan Diri

Sepertinya tidak ada yang lebih ampuh dari mengatasi bau ketiak atau bau badan selain mandi ya.

Mandi secara rutin dua kali sehari akan sangat membantu Anda mengatasi bau ketiak. Gunakan sabun antibakteri namun jangan gunakan yang sangat wangi karena bisa memperburuk bau ketiak.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi