FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Bau Kaki? Hilangkan dengan 6 Cara Ini !

Sering dianggap sepele, bau kaki tanpa disadari dapat menjadi masalah besar dalam kegiatan sehari-hari. Bau kaki yang tidak sedap jika tidak segera diatasi dapat membuat Anda dijauhi orang-orang sekitar yang tidak nyaman dengan bau kaki Anda lho. 

Bau Kaki? Hilangkan dengan 5 Cara Ini !

UNTUK tampil maksimal setiap hari, menjaga aroma tubuh selalu wangi merupakan salah satu poin yang penting. Namun jangan hanya memperhatikan aroma tubuh, aroma pada bagian kaki pun harus Anda perhatikan.

Bukan tanpa alasan, bau kaki yang tidak sedap akan membuat penampilan Anda jadi tidak maksimal. Selain itu, kaki yang bau bukan tidak mungkin dapat membuat orang lain tidak nyaman dan akhirnya menjauhi Anda. 

Nah, tidak mau hal tersebut terjadi pada Anda bukan? Jangan khawatir, agar penampilan jadi maksimal, Anda dapat mengikuti 6 cara menghilangkan bau kaki berikut ini. 

 

1. Menggunakan Larutan Cuka

Bau kaki tak sedap umumnya disebabkan oleh dua hal, yakni bromhidrosis (bakteri penyebab bau) dan hiperdrosi (produksi keringat berlebih). Kedua faktor tersebut apabila tercampur akan menghasilkan isovaleric acid, yang mana merupakan zat yang berbau tidak sedap sehingga menyebabkan kaki menjadi bau. 

Selain kedua faktor tersebut, bau kaki tak sedap juga dapat ditimbulkan oleh perawatan kaki yang tidak tepat serta kebiasaan kurang bersih seperti jarang mencuci kaki. 

Nah, untuk menghilangkan bau kaki tak sedap cara pertama adalah dengan menggunakan cuka. Meskipun memiliki bau yang menyengat, namun cuka putih dan cuka apel bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bau kaki tak sedap. Bukan tanpa alasan, kandungan yang dimiliki oleh cuka akan mengurangi kelembaban kaki, sehingga bakteri yang ada pada kaki Anda akan berkurang.

Cara membuat ramuan penghilang bau kaki dari cuka adalah, campurkan satu sendok cuka dengan 2 gelas air hangat. Setelah itu, rendam kaki Anda dalam larutan tersebut selama 30 menit. Cara yang cukup mudah ini bisa Anda lakukan setiap hari selama satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Actimed Foot Lotion, Rp 75.000,- ; Beli di sini

2. Menggunakan Teh

Apakah Anda seseorang yang suka minum teh? Selain untuk menghangatkan tubuh, ternyata teh secara ampuh bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kaki secara alami. Kandungan yang dimiliki teh dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kaki, sekaligus dapat membunuh bakteri yang bersarang di kaki Anda.

Caranya, tambahkan dua kantong teh hitam atau teh hijau ke dalam 1 liter air dan rebus selama 15 menit. Kemudian, tambahkan 2 liter air biasa ke dalam wadah yang besar. Lalu rendamlah kaki Anda di dalam wadah besar tersebut selama 30 menit dan lakukan hal ini secara rutin setiap hari selama seminggu untuk mendapatkan kaki bersih dan sehat.

3. Pakailah Kaos Kaki yang Tepat

Jika selama ini Anda tidak pernah atau jarang menggunakan kaos kaki saat mengenakan sepatu, bisa jadi hal itulah yang menyebabkan bau kaki. Sekarang, cobalah untuk gunakan kaos kaki ketika Anda menggunakan sepat karena kaos kaki akan membantu menyerap keringat dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam sepatu.

Pilihlah bahan kaos kaki yang tepat seperti katun atau wol, karena kedua bahan ini akan menyerap keringat lebih baik ketimbang kaos kaki berbahan nylon. Pastikan juga bahwa kaki atau kaos kaki Anda berada pada keadaan kering, karena apabila salah satunya agak basah atau dapat memicu aroma yang tak sedap pada kaki Anda.

Kotton Kreme Ballerina Invisible Socks, Rp 36.000,-; Beli di sini

4. Menggunakan Tepung Maizena

Tak perlu repot-repot membeli spray penghilang bau kaki. Cara menghilangkan bau kaki secara alami bisa Anda coba dengan menaburi atau membaluri kaki Anda dengan tepung jagung atau tepung maizena sebelum menggunakan sepatu.

Untuk menggunakannya, pastikan kaki Anda sudah benar-benar kering sebelum dibaluri dengan tepung maizena. Setelah itu, balurkan secara merata tepung pada kaki Anda sampai ke sela-sela jari agar maizena dapat menyerap keringat. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak menaburkan tepung pada kaki, kera tepung justru bisa lengket dan mengganggu saat kaki Anda basah. 

5. Memotong Kuku Kaki

Cara terakhir untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan selalu memperhatikan kondisi kuku kaki Anda. Kuku kaki yang sudah panjang wajib Anda potong, karena di bawah kuku kaki yang panjang banyak terdapat kotoran yang memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Agar tidak sakit ketika memotong kuku, usahakan tidak memotong kuku terlalu dalam dan tetap berhati-hati karena bisa saja akan terkena daging kaki Anda. Setelah memotong kuku, Anda juga bisa menggunakan krim kaki, untuk memberikan rasa nyaman dan menjadikan kaki bersih dan sehat.

6. Rendam Kaki ke Larutan Air Garam

Apabila memiliki waktu luang untuk melakukan perawatan kaki, cobalah untuk merendam kaki Anda sejenak pada larutan air garam. Cara menghilangkan bau kaki dengan air garam disini berfungsi untuk mengurangi kelembaban kulit dan mengurangi jumlah bakteri yang berasal dari kaki Anda.

Cara ini cukup efektif untuk dilakukan di rumah karena sangat mudah dilakukan. Caranya, rebus air yang sebelumnya telah dicampur dengan 1 sendok garam, tunggu hingga air memiliki gelembung di permukaannya (jangan sampai mendidih). Setelah itu, tuang air garam ke dalam wadah atau ember lalu rendamlah kaki Anda selama 20 menit. Lakukan hal ini setiap hari selama dua minggu untuk menghasilkan kaki bersih dan sehat.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi