Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Oohlalaa~ PLAYSURE siap menggetarkan malam kamu! Beli Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Bagaimana Cara Menyimpan dan Membersihkan Menstrual Cup dengan Benar?

Membersihkan dan menyimpan menstrual cup dengan benar sangatlah penting untuk menjaga kesehatan vagina dan menjaga produk tersebut tetap layak pakai. Apakah cara mencuci menstrual cup Anda sudah benar?

MESKI tidak sering terjadi, penggunaan menstrual cup yang tidak bersih dapat menyebabkan toxic shock syndrome (TSS) karena bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat membran lendir atau luka.

Menggunakan sabun yang tidak sesuai untuk menstrual cup juga dapat merusak menstrual cup.

Masalah kesehatan dan kerusakan terhadap menstrual cup yang bagus yang Anda miliki dapat dihindari dengan mencucinya sebelum dan sesudah dipakai, serta cara penyimpanannya.

A. Ikuti Aturan Penggunaan

Pertama-tama, Anda harus mengikuti aturan pembersihan yang diberikan oleh produsen menstrual cupnya.

Kebanyakan merk yang bagus akan memberi kertas panduan yang menjelaskan dengan detail cara pembersihan dan penyimpanan yang benar, maka dari itu penting juga untuk mencari review menstrual cup sebelum Anda membelinya.

Namun, jika dalam review menstrual cup tidak disebutkan, secara umum cara mencuci menstrual cup adalah:

1. Mencuci menstrual cup sebelum menggunakannya untuk pertama kali. Bilas dengan air hangat dengan sabun yang ringan, dan tidak beraroma, kemudian rendam dan rebus di air mendidih yang cukup (agar menstrual cup Anda tidak terbakar) untuk kurang lebih 20 menit.

2. Cuci sebelum penggunaan, setelah megosongkannya, dan setelah pemakaian selama masa menstruasi Anda. Selalu cuci tangan sebelum menyentuhnya.

3. Setelah pemakaian bilas dengan air dingin dahulu untuk menghindari pemudaran warna dan menempelnya bau di menstrual cup.

4. Setelah membilas dengan air dingin, lanjutkan mencuci menstrual cup dengan air panas dan sabun yang lembut, tidak mengandung wewangian dan minyak, atau sabun khusus pencuci menstrual cup.

4. Sterilkan menstrual cup setelah masa menstruasi di air mendidih selama 5-10 menit.

5. Jangan gunakan menstrual cup lebih dari 12 jam dalam satu kali pemakaian , karena menstrual cup harus dibersihkan setidaknya 2 kali sehari. Idealnya, satu kali pemakaian berkisar antara 4 hingga 8 jam.

B. Sabun yang Harus Digunakan Untuk Mencuci Menstrual Cup

Untuk mencuci menstrual cup Anda, sabun yang ringan, tidak beraroma, oil-free, dan sabun water-based sangat direkomendasikan.

Pemilihan sabun sangat penting, karena sabun yang salah dapat menempel di menstrual cup dan sulit untuk dihilangkan. Sabun yang tidak tepat juga dapat menggangu level pH dalam vagina dan berujung pada iritasi.

C. Bahan yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Mencuci Menstrual Cup

Bahan yang tidak boleh digunakan sama sekali karena dapat merusak silikon menstrual cup adalah cuka, tea tree oil, sabun yang mengandung wewangian, atau sabun oil-based lainnya.

Alkohol, sabun antibakteri, hand sanitizer, tisu basah dengan aroma, baking soda, hydrogen peroxide, sabun cuci piring, serta pemutih atau bahan kimia keras lainnya juga tidak boleh digunakan untuk mencuci menstrual cup.

Saat menggunakan menstrual cup, jangan gunakan pelumas untuk membantu prosesnya, cukup gunakan air.

D. Membersihkan Menstrual Cup Saat Berpergian

Ketika Anda tidak berada di rumah dan harus mengosongkan dan mencuci menstrual cup Anda di toilet umum, atau bahkan ketika Anda sedang berpergian jauh, ingatlah untuk membawa tisu disinfektan.

Dengan ini, Anda dapat membersihkannya di kubikel toilet dan tidak harus menggunakan wastafel umum.

Saat menggunakan tisu ini, gunakan tisu kering terlebih dahulu untuk mengeringkan menstrual cup yang sudah dikosongkan dan dibilas.

Setelah itu, lap dengan tisu disinfektan dan tunggu beberapa saat agar menstrual cup mengering dengan sendirinya sebelum kembali menggunakannya.

E. Cara menyimpan menstrual cup

Simpan menstrual cup Anda di tempat dengan ventilasi yang cukup seperti pouch yang tidak terlalu tertutup. Jangan gunakan kantong plastik kedap udara.

Kemudian, simpan pouch di tempat yang kering dan bersih, seperti di dalam lemari. Saat ingin mengguakan lagi, lakukan proses sterilisasi dengan merendam di air mendidih.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi