FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Awas, Hindari 5 Kesalahan Terbesar dalam Berpuasa Ini!

Bulan suci Ramadan telah tiba. Ini merupakan saat yang terbaik bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan saat puasa yang kerap kali dilakukan sehingga bisa membuat puasa jadi batal.

Awas, Hindari 5 Kesalahan Terbesar dalam Berpuasa Ini!

AGAR Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar, sebaiknya kenali beberapa kesalahan semasa puasa dan carilah cara untuk menghindarinya.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Salah satu kesalahan saat puasa yang kerap kali dilakukan adalah konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya dalam jumlah banyak. Minuman berkafein memang dapat menekan rasa lapar secara lebih lama. Namun, Anda juga harus memikirkan dampak dari terlalu banyak minum kopi.

Konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya akan membuat mata tetap segar dan Anda tidak mengantuk sama sekali. Jika Anda tidak merasakan kantuk, tentu saja Anda tidak bisa tidur lebih cepat. Alhasil, tidur belum cukup tapi Anda harus dibangunkan untuk sahur.

Kekurangan tidur saat menjalankan ibadah puasa juga membuat Anda tidak fit. Tubuh yang tidak fit sudah pasti akan mudah sakit atau lesu ketika harus berpuasa.

Baca juga: Jangan Biarkan 4 Makanan Ini Menurunkan Stamina Anda di Bulan Puasa!

Kurang Minum Air

Ketika sedang berpuasa, tubuh jadi kekurangan asupan cairan. Kondisi ini berpotensi menyebabkan dehidrasi jika dibiarkan berlarut-larut. Oleh karena itu, meskipun Anda sedang berpuasa, Anda tetap harus rutin memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cara menyiasati agar Anda tetap mendapatkan asupan air meskipun sedang berpuasa adalah dengan minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sepanjang malam, dan 2 gelas air saat sahur. Dengan cara ini, tubuh akan tetap memperoleh asupan cairan yang mencukupi meskipun Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Terlalu Stres

Kami mengerti bahwa stres bisa dialami oleh siapa aja. Sekalipun ada orang yang selalu terlihat ceria, bisa saja orang itu memendam stres di dalam hati. Salah satu kesalahan semasa puasa adalah tidak mampu mengelola stres dengan benar.

Akibatnya stres tersebut bisa mengacaukan puasa Anda. Sebagai contoh, ketika Anda stres, maka tubuh dan pikiran pun juga menjadi lelah. Kelelahan pikiran ini secara tidak langsung membuat tubuh lemah.

Kondisi seperti ini sudah pasti membuat tubuh jadi lebih mudah terserang penyakit, apalagi saat Anda puasa, asupan nutrisi yang diperoleh juga berkurang.

Makan Terlalu Banyak saat Buka Puasa

Setelah berpuasa seharian penuh, waktu buka puasa adalah saat yang paling dinanti-nanti. Sayangnya, kesalahan saat puasa justru terjadi ketika buka puasa. Banyak orang yang makan terlalu banyak ketika waktu buka puasa. Padahal, makan terlalu banyak dalam kondisi perut yang kosong bisa membuat perut jadi begah.

Kami menganjurkan Anda untuk makan secukupnya saja saat buka puasa. Nikmati makanan buka puasa secara perlahan. Jangan tergesa-gesa dalam menyantap hidangan ketika buka puasa.

Bila perlu, Anda bisa membatalkan puasa dengan segelas teh dan buah kurma. Kedua makanan ini mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga hanya dengan mengonsumsi keduanya, Anda bakal merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Ssst, Ini Dia 5 Rahasia Tetap Bugar Selama Ramadhan

Tidur Lagi Setelah Sahur

Merasa masih sangat ngantuk saat sahur? Hal tersebut merupakan hal yang wajar lantaran waktu sahur biasanya Anda pakai untuk tidur. Akan tetapi, setelah sahur sebaiknya Anda tidak kembali tidur. Pasalnya, tidur setelah makan justru membuat perut jadi begah dan berat badan naik drastis.

Sehabis sahur, sebaiknya mulailah berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar. Kemudian, lanjutkan mandi pagi dan bersiaplah untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Itulah berbagai kesalahan semasa puasa yang seharusnya bisa dihindari agar puasa sebulan ke depan selalu lancar. Semoga puasa Anda sebulan ke depan bebas hambatan, ya! Selamat menunaikan ibadah puasa.

Sumber:

9 Biggest Mistakes of Intermittent Fasting Made by the Inexperienced Practitioner. https://siimland.com/9-biggest-mistakes-of-intermittent-fasting/ Dilansir dari 16 Mei 2019.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi