Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Aturan Sarapan dalam Program Diet

Sarapan pagi sangatlah penting sebagai bagian dari diet sehat sehingga jika Anda melewatkannya maka program diet yang Anda jalankan dipastikan gagal. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa aturan sarapan yang baik agar program diet Anda berjalan dengan optimal dan sehat. 

Aturan Sarapan dalam Program Diet

MAKAN di pagi hari (sarapan) bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Sarapan dengan serat padat misalnya dengan sereal dipercaya dapat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menahan nafsu makan Anda sampai siang. Melakukan sarapan dengan benar memang termasuk ke dalam program diet yang tepat karena sarapan bisa menjadi pilihan untuk membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Obesitas Society, orang yang mengonsumsi lebih banyak kalori saat sarapan dan lebih sedikit kalori saat makan malam akan membantu menurunkan berat badan berlebih, mengurangi lingkar pinggang dan membuat kenyang lebih lama. Tubuh Anda seperti mobil – yang membutuhkan bahan bakar untuk bisa beraktivitas, dan lagi setiap empat hingga enam jam setelahnya,” kata Jessica Crandall, R.D.N., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. Dia menekankan  bahwa pentingnya mengonsumsi protein dan serat di pagi hari sehingga Anda tidak lemas nantinya. Cara ini bisa menjadi diet sehat yang perlu Anda lakukan.

“Sarapan karbohidrat dapat meningkat gula darah Anda dan kemudian kembali turun, yang menyebabkan Anda merasa lapar sekitar dua jam kemudian,” kata Crandall.

Di bawah ini, para ahli mengemukakan bahwa menurunkan berat badan memerlukan nutrisi yang tepat saat sarapan, dan ada cara-cara mudah untuk mendapatkannya. 

 

KONSUMSI PROTEIN

Telur sering menjadi menu di pagi hari bukan tanpa alasan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Jurnal of Nutrition, sarapan dengan protein tinggi dikaitkan dengan mengurangi ngemi di malam hari, mengurangi konsumsi junk food, dan mengurangi Anda ngidam ini itu. “Jika kita tidak mengonsumsi protein saat sarapan, itu akan menurunkaan massa otot dan metabolisme,” kata Crandall.  

Banyak orang Amerika yang makan cukup protein saat makan siang dan saat makan malam, tapi tidak cukup protein saat sarapan. Para perempuan disarankan setidaknya untuk memenuhi asupan protein saat sarapan sekitar 20 gram. Beberapa pilihan protein favorit Crandall adalah: gandum roti panggang dengan selai kacang atau telur di bagian atasnya, ¼ cangkir oat pada yoghurt Yunani dengan buah dan almond, chicken apple sausage dengan dua telur rebus, roti pisang panggang dengan satu sendok protein bubuk, dan baked crustless quiche. Quinoa yang dimasak dengan berries adalah pilihan yang baik karena itu mengandung protein yang lebih tinggi dari oatmeal.

 

KONSUMSI SERAT

Serat adalah hal penting yang perlu Anda konsumsi saat sarapan apabila ingin diet sehat. “Jika Anda makan makanan yang mengandung serat, maka Anda akan secara otomatis telah dieliminasi dari banyak junk, seperti sumber karbohidrat,” tukas Lisa Cimperman, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.  Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi cenderung memperlambat proses pencernaan, yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu membentuk energi lanjutan. Pilihan serat favoritnya adalah roti gandum oatmeal, overnights oats, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Untuk Membantu Program Diet Anda 

 

KONSUMSI SAYURAN

Kita mungkin tidak terlalu fokus dengan buah dan sayuran, terutama saat sarapan. “Mereka harus memasukkan setidaknya setengah dari apa yang dimakan, dan orang-orang benar berjuang saat sarapan dengan makan buah atau sayuran yang cukup,” kata Torey Armul, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. Dia menyarankan untuk memasukkan beberapa sayuran seperti bayam, paprika, atau zucchini ke dalam telur dadar, memanaskan sisa sayuran dari malam sebelumnya atau menambahkan sayuran ke smoothie (tambahkan beberapa buah untuk mendapatkan rasa yang manis).

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Untuk Pola Hidup Sehat 

 

KONSUMSI LEMAK SEHAT

Cara lain untuk membuat Anda tetap kenyang dan memperlambat pencernaan yaitu dengan makan makanan lemak sehat. “Energi Anda akan lebih lambat untuk dikeluarkan, yang mana ini akan berkontribusi untuk membuat energi Anda lebih banyak saat menjalani berbagai aktivitas di pagi hari,” kata Armul. Roti bakar alpukat adalah salah satu favoritnya sebagai menu sarapan. Dia juga merekomendasikan untuk menambahkan kacang ke oatmeal dan toping smoothies dengan biji chia atau biji rami. Juga, memasak dengan minyak zaitun adalah cara yang baik untuk memberikan dosis lemak sehat.

 

KONSUMSI SESUATU YANG TIDAK BIASA

Use your imagination. “Sarapan tidak harus sarapan,” kata Crandall, yang suka makan sarapan dengan menu Taco pada tortilla jagung. Jika Anda tidak menyukai telur, Anda tidak harus menggunakannya di dalam tacos Anda- cobalah kacang dan sayuran (yang bisa Anda persiapkan di malam sebelumnya) sebagai gantinya. Crandall juga suka mencelupkan irisan apel ke dalam campuran yoghurt Yunani, labu yang sudah dihaluskan, kayu manis dan pala. Salad bayam atau sisa-sisa makanan yang dipanaskan juga bisa menjadi pilihan.

Nah itulah aturan sarapan yang perlu Anda ketahui untuk membantu menjalankan program diet agar optimal. Jadi, apabila ingin menurunkan berat badan maka Anda perlu memperhatikan asupan saat Anda makan di pagi hari sehingga program diet berjalan dengan optimal.

Baca Juga: 7 Alasan mengapa Anda Sulit Menurunkan Berat Badan 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi