FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

Atasi Mulut Kering Dengan 10 Langkah Ini!

Banyak orang yang menyepelekan masalah mulut kering. Padahal, jika dibiarkan, mulut kering bisa memicu bau mulut yang tidak sedap dan mengganggu  mengganggu orang lain sekaligus menurunkan kepercayaan diri.

 

MULUT kering bahkan bisa menyebabkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Dari sisi medis, mulut kering bisa disebabkan karena berbagai alasan, misalnya seperti obat-obatan, kekurangan gizi, stres, perawatan terapi kanker dan penyakit lainnya.

Dokter gigi Anda akan dapat membantu menemukan sebab mulut kering. Namun, Anda juga perlu melakukan perawatan mulut yang tepat di rumah  sebagai tindakan prevetif atau rutinitas perawatan untuk meringankan gejala mulut kering.

Nah, mari simak tips mengatasi mulut kering dengan beberapa langkah mudah berikut ini

1. Perbanyak Minum Air

Masih banyak masyarakat awam yang bertanya, mulut terasa kering kenapa ya? Mulut kering dapat terjadi akibat dehidrasi. Sederhana, bukan? Menurut pakar medis yang dikutip dari laman Mayo Clinic, sebaiknya pria minum 3 liter air setiap hari, sedangkan, wanita sebaiknya minum 2,2 liter sepanjang hari.

Anda harus meminum banyak air mineral bahkan jika Anda bukan tipe orang yang aktif atau banyak kegiatan.

Meski dehidrasi bukan menjadi penyebab utama mulut kering, tetapi perlu diingat bahwa dengan meminum banyak air akan sangat membantu meringankan gejala mulut kering. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dan lidah dari bakteri yang berbahaya.

2. Permen Hisap Bebas Gula

Untuk meringankan gejala mulut kering, cobalah untuk menghisap permen mint bebas gula. Permen hisap ini akan menstimulasi produksi air liur agar lebih banyak mengalir.

Jadi, sangat penting untuk secara khusus memilih produk permen bebas gula karena gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan malah memicu masalah mulut kering.

3. Permen Karet Bebas Gula

Anda tidak terlalu suka permen atau tablet hisap? Kunyah permen karet bebas gula sebagai gantinya. Seperti yang dijelaskan oleh American Dental Association (ADA), kebiasaan mengunyah seperti saat kita mengunyah permen karet akan merangsang aliran air liur.

Kondisi ini akan meringankan gejala mulut kering untuk sementara waktu. Pastikan untuk mencari permen karet bebas gula. Baca label pada kemasan untuk memastikannya.

4. Minuman Tanpa Kafein

Kafein sebenarnya memiliki efek samping yang dapat menjadi sebab mulut kering. Tentu saja, hal ini akan semakin menambah buruk gejala mulut kering sebelumnya. Jika Anda tidak bisa hidup tanpa kopi atau teh, cobalah untuk setidaknya meminimalisirnya.

Bila butuh bantuan menjaga kesegaran tubuh saat mengantuk, alih-alih meminum kopi, makanlah gandum, almond atau blueberry untuk sarapan. Semua makanan super ini akan mengatasi kelelahan dengan cara yang ajaib.

5. Bernapas Melalui Hidung

Secara alami, pernapasan mulut juga bisa memperparah kondisi mulut kering. Jadi untuk menghindari kondisi mulut yang semakin kering, bernapaslah melalui hidung ketika tidur sepanjang malam.

Jika Anda tidak bisa bernapas melalui hidung karena hidung tersumbat, sudah saatnya bertemu dan berkonsultasi dengan dokter untuk menyelesaikan masalah mulut kering ini.

6. Gunakan Humidifier

Menghirup udara kering dapat menyebabkan mulut kering seiring waktu. Jadi, gunakan pelembab ruangan untuk menambah kelembapan pada ruangan. Menghirup udara yang bersih dan tersaring dapat membantu mengurangi gejala mulut kering secara signifikan ketika Anda tidur.

7. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan sekaligus memperburuk kondisi mulut kering. Ini karena salah satu efek negatif rokok yang mampu memperlambat produksi air liur.

8. Pasta Gigi Fluoride

Karena masalah mulut kering, Anda dihadapkan pada risiko kerusakan gigi. Cegah kerusakan gigi dengan memakai jenis pasta gigi mengandung fluoride. Pasta gigi ini membantu mencegah gigi berlubang dan memperkuat lapisan terluar gigi.

Baca juga: Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Merusak Gigi Anda!

9. Benang Gigi Setiap Hari

Flossing atau memakai benang gigi sangat penting bagi Anda yang memiliki mulut kering. Tetapi, hati-hati saat memakai benang gigi di antara gusi karena kondisi mulut yang kering akan membuat gusi mudah terluka.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi