FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Advertisement
Advertisement

Atasi Kulit Kepala Gatal dan Kering dengan 5 Cara Ini!

Informasi kategori kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Rambut merupakan mahkota alami setiap orang yang patut dijaga kesehatannya. Maka, tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan uang dan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan rambut di salon kecantikan. Salah satu masalah rambut yang cukup menganggu kesehatan rambut yakni kulit kepala yang gatal dan kering.

Atasi Kulit Kepala Gatal dan Kering dengan Cara Ini!

TERNYATA kulit kepala kering bisa menganggu kesehatan rambut dan penampilan Anda. Serpihan-serpihan putih yang mungkin Anda temukan di pundak atau rambut bisa saja akibat dari kulit kepala yang kering. Kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian kepala.

Apabila kulit kepala terasa gatal, tentu rasanya tidak nyaman dan ingin terus menggaruknya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena beragam alasan mulai dari pola makan, cuaca, produk dan cara perawatan rambut, usia, hingga penyakit kulit tertentu.

Nah, jika Anda mengalami kondisi ini dan sudah mencoba beragam perawatan rambut tetapi kulit kepala masih saja kering dan gatal, tak ada slaahnya, kok mencoba beberapa cara mengatasi kulit kepala kering dan gatal versi AsmaraKu.com berikut ini, check this out!

1. Pola Makan yang Sehat

Mengonsumsi makanan-makanan sehat sangat baik bagi kesehatan kulit kepala untuk mendapatkan rambut bersih dan sehat karena faktanya, kurang asupan vitamin B6 dan B12 dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan berakibat gatal. 

Anda bisa mengatasi hal ini dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, serta biji-bijian seperti kacang. Selain itu, ada makanan yang perlu dihindari agar tidak memperparah kondisi kulit kepala Anda.

Beberapa jenis makanan tersebut seperti gula, makanan pedas, alkohol, dan makanan asin lainnya. Alangkah baiknya jika Anda memperbanyak konsumsi air mineral yang dapat membantu menghidrasi tubuh, termasuk kulit kepala, secara alami dari dalam tubuh.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

    Sampo dan kondisioner merupakan produk yang mengandung bahan kimia keras seperti sodium lauril sulfat. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan sampo.

    Anda bisa mencuci rambut maksimal 3x dalam seminggu untuk menghindari kerusakan pada kulit kepala dan mendapatkan rambut bersih dan sehat di setiap aktivitas.

    Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara mengatasi rambut kering dan gatal degan membilas rambut dengan menggunakan air bersih yang sudah ditambahkan 2-3 sendok makan cuka apel setelah keramas.

    Baca juga: Awas, 9 Kesalahan Hair Styling Ini Bikin Anda Terlihat Tua

    3. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

      Paparan sinar matahari yang terlalu lama akan membuat kulit kepala Anda menjadi kering dan perih. Nah, jika Anda hendak pergi ke luar, usahakan untuk menggunakan penutup kepala seperti topi atau kain (pashmina) namun jangan yang terlalu tebal. Hal ini supaya sirkulasi udara pada rambut Anda tetap terjaga.

      4. Meminimalisir Penataan Rambut

        Mungkin Anda akan terlihat cantik, tapi menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer, catokan, dan hair spray malah bisa memperparah kerusakan rambut dan sulit diperbaiki.

        Mustika Ratu Pelembut Rambut Bilasan Santan, Rp. 22,700; beli di sini

        Usahakan untuk menata rambut dengan alami. Namun apabila Anda benar-benar membutuhkan penataan rambut, pastikan untuk melakukannya tidak terlalu sering, seperti hanya satu kali dalam seminggu.

        Baca juga: Trik Jitu Jinakkan Rambut Tebal, Ikal, dan Tidak Beraturan

        5. Memijat Kulit Kepala dengan Petroleum Jelly

          Petroleum jelly merupakan produk sampingan minyak mentah yang bermanfaat untuk mengangkat kerak atau lapisan kulit mati yang tidak sepenuhnya terangkat. Sifat kandungannya juga bisa melembabkan kulit kepala Anda.

          Cara mengatasi kulit kepala kering dan gatal yang satu ini cukup efektif apabila Anda mengaplikasikannya dengan cara dipijat, tapi jangan terlalu banyak ya. Setelah dipijat, bilas rambut dengan air bersih dan pastikan tidak ada petroleum jelly yang tertinggal di kulit kepala.

          Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


          Sumber

          Tinggalkan komentar

          Artikel Terkait

          icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
          Keranjang Belanja
          Halaman Privasi
          Kembali —

          Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
          ketika berbelanja di Asmaraku.com

          Gambar Halaman Privasi