Menu
Cart

PASUTRI

Bedanya Belanja di Online Store dengan Marketplace

Oleh: Astri Setyarini | 5 menit membaca


Kemajuan teknologi yang terjadi saat ini memberi banyak kemudahan bagi semua orang. Salah satu kemudahan yang dirasakan adalah kehadiran toko online/online store dan marketplace yang memberikan layanan berbelanja tanpa perlu mendatangi toko secara langsung. Namun, apakah perbedaan dari kedua jenis toko tersebut?

Bedanya Belanja di Online Store dengan Marketplace

FENOMENA berbelanja secara online atau online shopping kini semakin digemari. Kemudahan yang ditawarkan dalam berbelanja,  kelengkapan barang yang ditawarkan, dan harga barang yang cenderung lebih murah dibandingkan yang dijual di toko fisik membuat orang-orang semakin tergila-gila dengan online shopping. Pada dasarnya, online shopping terbagi menjadi dua basis toko, yakni marketplace dan toko online/online store. Berikut adalah perbedaan dari kedua jenis toko tersebut.

 

BENTUK

Di balik banyaknya masyarakat yang melakukan online shopping, masih banyak yang tidak mengetahui perbedaan antara istilah marketplace dan online store, atau toko online. Marketplace dapat dikatakan sebagai pihak ketiga yang membantu menjualkan barang dari banyak vendor atau merek. Contoh marketplace online yang terkenal di  Indonesia adalah situs-situs seperti Zalora, Lazada, Elevenia, dan lain sebagainya.

Situs-situs tersebut menyediakan banyak barang dari berbagai merek dan tingkatan harga yang dapat dipilih sesuai keinginan calon konsumen. Sementara itu, online store atau toko online umumnya hanya menjual barang-barang dari satu vendor atau merek tertentu. Dengan kata lain, toko online tidak bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi jual beli online, melainkan menjadi penjual langsung yang berhubungan dengan calon pembeli.

 

KELENGKAPAN BARANG

jual kebutuhan pasutri lengkap dan murah hanya di AsmaraKuBerbicara mengenai kelengkapan barang yang ditawarkan, dapat dikatakan bahwa marketplace mungkin lebih unggul karena memiliki koleksi barang dari banyak vendor. Sementara itu, barang-barang yang dijual di toko online umumnya hanya barang-barang milik satu vendor tertentu dan tidak memiliki banyak perbedaan dengan barang yang dijual di toko fisik dari vendor yang bersangkutan. Meskipun demikian, kedua jenis toko ini memiliki plus dan minus.

Kelengkapan barang yang ditawarkan marketplace memang menggoda untuk dibeli saat Anda ingin berbelanja online. Namun, tidak semua barang yang ditawarkan di marketplace tepercaya dan sesuai dengan kondisi aslinya. Kasus penipuan online seperti ini tentu sangat merugikan konsumen. Untuk itu, Anda harus ekstra jeli dalam menemukan barang yang Anda inginkan saat ingin melakukan jual beli online di marketplace.

Sementara itu, toko online memang tidak memberikan pilihan barang sebanyak marketplace. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi keuntungan bagi Anda, terutama jika Anda ingin fokus berbelanja tanpa takut tergoda membeli barang-barang lain yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Selain itu, jika toko online yang Anda tuju memiliki reputasi sebagai toko online terpercaya dengan barang-barang yang berkualitas, hal tersebut akan memberikan kepuasan berbelanja yang tak kalah, bahkan lebih memuaskan dibandingkan berbelanja di marketplace. Akan tetapi, berbelanja di toko online juga membutuhkan kejelian karena kini banyak bermunculan toko online penipu. Dengan kata lain, baik saat berbelanja di marketplace dan toko online, kecermatan dalam memilih barang menjadi hal utama yang patut diperhatikan.

Baca juga: Belanja Online Aman Tanpa Penipuan Hanya di AsmaraKu

 

PROSES PENGIRIMAN BARANG

toko online dengan jaminan privasi pelanggan hanya AsmaraKu.comApakah Anda pernah merasakan pengalaman berbelanja barang-barang di marketplace dan barang-barang tersebut tidak sampai ke tangan Anda dalam waktu yang bersamaan? Perbedaan waktu pengiriman dan sampainya barang ke tangan konsumen saat berbelanja di marketplace adalah hal yang wajar.

Pasalnya, seringkali saat kita berbelanja di marketplace, kita membeli beberapa barang dari vendor-vendor yang berbeda. Perbedaan vendor mempengaruhi waktu pengiriman barang karena setiap vendor memiliki estimasi pengiriman yang berbeda. Akibatnya, barang-barang tersebut tidak sampai dalam waktu yang bersamaan.

Sementara itu, proses pengiriman barang dari toko online cenderung lebih praktis. Toko online berperan sebagai penjual atau pihak pertama yang berhubungan langsung dengan konsumen. Tak heran jika proses pengiriman barang cenderung lebih cepat dan sesuai estimasi waktu.

 

KETERSEDIAAN BARANG

koleksi aneka kado romantis terlengkap hanya di AsmaraKu

Ketersediaan barang berbeda dengan kelengkapan barang. Seringkali, barang yang dijual di marketplace tidak mencantumkan keterangan, apakah barang tersebut masih ada stoknya atau sudah habis. Biasanya, hal ini baru diketahui setelah Anda melakukan pemesanan, atau saat barang lain yang Anda pesan sampai ke tangan Anda, sementara barang sisanya yang Anda pesan tak kunjung datang. Meskipun uang Anda akan dikembalikan, hal seperti ini dapat mengurangi kepuasan Anda dalam berbelanja.

Sementara itu, toko online cenderung up-to-date dalam memberikan keterangan mengenai ketersediaan barang, apakah barang tersebut masih ada stoknya, atau telah sold out. Tak jarang ada pilihan lain seperti open PO (pre-order) jika barang tersebut telah habis stoknya, namun masih banyak peminatnya. Dengan demikian, kecil kemungkinan Anda mengalami kekecewaan akibat barang yang Anda pesan tak kunjung datang karena tak ada stok yang tersedia.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Lebih Memilih Membeli Produk Romantis di AsmaraKu

 

HARGA

Banyaknya vendor yang tergabung dalam marketplace membuat persaingan harga antar vendor berlangsung ketat. Keuntungan yang diperoleh konsumen dari kondisi tersebut adalah konsumen dapat membandingkan harga barang yang mereka inginkan dari masing-masing vendor, dan mendapatkan barang tersebut dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, persaingan harga antar vendor tidak terjadi di toko online. Anda harus membandingkannya dengan toko online lain ataupun toko fisik. Namun jika sebuah toko online sudah dapat Anda percaya dengan kualitas barang yang baik serta terjaminnya pengiriman maka berbelanja melalui toko online adalah pilihan terbaik bagi Anda. 

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_parfum, Beli kado, Beli kategori_pasutri, Beli parfum, Beli pasutri, Beli toko bunga

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com