FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
[Promo 12.12]Bayar pakai OVO, dapatkan 30% cashback, max 10rb!
Advertisement
Advertisement

Arti Bunga Gerbera

Pernahkah kalian memberikan hadiah berupa buket bunga gerbera? Seperti kita ketahui bahwa selain bunga gerbera terkenal karena keindahannya dan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias maupun bahan baku kosmetik dan minyak wangi. Tapi tahukah kalian filosofi dan arti bunga gerbera?

Arti Bunga Gerbera

MASYARAKAT Indonesia sering menyebut bunga gerbera sebagai gebras atau hebras. Secara ilmiah, bunga gerbera tergolong dalam keluarga Asteraceae. Bunga gerbera termasuk bunga paling dikenal di dunia setelah mawar, anyelir, krisan, dan tulip. Bunga gerbera merupakan tanaman hias yang diperkirakan berasal dari Afrika Selatan, Afrika Utara, dan Rusia. Menurut catatan sejarah, nama gerbera diambil dari nama dokter berkebangsaan Jerman, Traugott Gerber, yang saat itu melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan.

Bunga gerbera biasa dijadikan tanaman hias dan salah satu penghasil minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan bahan baku pembuatan minyak wangi, kosmetik, dan sabun. Bunga gerbera baik jenis gerbera lokal ataupun gerbera impor cocok dikembangbiakan di daerah dataran tinggi atau pun dataran rendah. Selain cantik dan menyimpan beberapa manfaat, bunga gerbera memiliki filosofi dan arti yang tersembunyi.

Menurut etimologi Mesir Kuno, bunga gerbera melambangkan kedekatan manusia pada alam dan kesetiaan pada matahari. Sedangkan bagi masyarakat Celtic, bunga gerbera dapat mengurangi kesedihan dan masalah kehidupan. Selain itu, bunga gerbera memiliki filosofi dan arti lainnya jika dipandang dari sudut kesehatan maupun keindahan, diantaranya:

Arti Bunga Gerbera

Membuat Tidur Lebih Nyaman

Filosofi dan arti bunga gerbera jika dipandang dari sisi kesehatan yaitu bunga gerbera dikenal sebagai bunga yang dapat mengurangi za-zat kimia berbahaya di udara daerah sekitar bunga tersebut ditanam. Selain itu, bunga tersebut juga dapat membuat tidur kalian lebih nyaman karena bunga gerbera dapat memproduksi oksigen pada malam hari, sedangkan bunga lainnya memproduksi oksigen dalam jumlah yang sedikit pada malam hari. Oleh karena itum bunga gerbera cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah kalian.

Cinta Sejati

Selain cantik dan menyimpan beberapa manfaat, bunga gerbera juga dapat melambangkan cinta yang telah lama terikat. Memberikan hadiah bunga gerbera dapat menunjukkan kesungguhan kalian pada pasangan untuk mengikat hubungan cinta sejati kalian ke hubungan yang lebih serius. Maka, bunga gerbera cocok untuk kalian yang ingin memberikan hadiah pada pasangan sekaligus melamarnya.

Makna Dibalik Keindahan Warna Gerbera

Pesona bunga gerbera dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Bunga gerbera sendiri terdiri dari ray floret, yaitu sebuah bongol besar yang menjadi pokok dari 2 lapisan mahkota. Ray floret sendiri memiliki warna yang beragam seperti oranye, kuning, merah jambu, pink, dan ungu. Keberagaman warna bunga gerbera jika disatukan melambangkan keceriaan, sehingga bunga gerbera dapat dijadikan hadiah yang tepat yang melambangkan semangat dan mencerahkan hari seseorang.

Jika dilihat dari warna bunga gerbera, buket bunga gerbera berwarna oranye melambangkan awal baru untuk memulai suatu petualangan kehidupan. Konon, warna oranye pada bunga gerbera merupakan tangkapan dari sinar matahari sehingga warna bunga terlihat cerah. Bunga gerbera berwarna putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta. Bunga gerbera berwarna kuning melambangkan keceriaan dan rasa gembira. Sedangkan bunga gerbera berwarna merah muda melambangkan sambutan hangat untuk menyambut kelahiran bayi.

Jika kalian berminat untuk memberikan hadiah bunga berupa buket bunga gerbera, kalian dapat membudidayakan di rumah terlebih dahulu. Pembudidayaan bunga gerbera dapat dilakukan dengan dua cara yaitu generatif (pengembangbiakan melalui biji) dan vegetatif (pengembangbiakan secara kultur jaringan). Jika kalian ingin mencari jenis bunga gerbera, kunjungi AsmaraKu.com

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi