FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Apakah Anda Alergi Parfum? Lihat 6 Tandanya

Informasi kategori wanita ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Parfum adalah produk penting untuk menjaga tubuh wangi sepanjang hari. Namun, pemilihan produk satu ini tak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus memastikan pilihan parfum yang dipakai bebas dari bahan-bahan yang dapat membuat alergi.

Apakah Anda Alergi Parfum? Lihat 6 Tandanya

TUBUH wangi sepanjang hari adalah keinginan setiap orang. Maka dari itu, tak heran bila pemakaian parfum murah atau mahal sangat signifikan setiap harinya. Namun, tahukah Anda bahwa parfum dapat menyebabkan iritasi juga alergi?

Sayangnya, hal ini seringkali tak disadari. Meski iritasi dan alergi hampir sama, kedua hal ini rupanya berbeda. Alergi adalah persoalan yang lebih kompleks dan berbahaya daripada iritasi.

Tubuh manusia memiliki reaksi yang berbeda terhadap kandungan tertentu. Saat iritasi karena parfum dan kandungan di dalamnya, bagian kulit yang terdampak akan radang dan mungkin juga memerah.

Sementara itu, alergi agak sedikit berbeda. Alergi adalah perubahan sistem imun tubuh yang bereaksi karena kandungan tertentu. Penyebab alergi bagi seseorang akan berbeda dengan orang lainnya. Ini lebih ditentukan dengan genetik.

Baik iritasi maupun alergi, keduanya cukup berbahaya dan menyulitkan penderitanya. Terlebih, daya tahan seseorang terhadap iritasi karena parfum juga berbeda-beda. Ada yang terkena sedikit saja langsung mengalami iritasi, ada pula yang tidak.

Nah, jika Anda masih ragu apakah memiliki alergi parfum atau tidak, melansir Health Hype,berikut 6 ciri alergi parfum yang bisa terjadi. Tubuh wangi sepanjang hari boleh saja. Asal jangan membahayakan kesehatan diri sendiri, ya.

1. Ruam Kulit

Ciri alergi parfum yang paling umum ditemui adalah timbulnya ruam merah pada kulit. Tanda ini tidak terlalu berbeda dengan iritasi. Hanya saja, efek kemerahan dan ruam ini akan bertahan lama jika Anda mengalami alergi daripada iritasi. Tak hanya memerah, kulit juga akan terasa kering dan gatal.

Dapatkan Mustika Ratu EDP Jasmine MR - 100ml dengan harga Rp 110.000,- Beli di sini

2. Rasa Gatal dan Terbakar

Ciri alergi parfum yang kedua adalah rasa gatal. Rasa ini biasanya timbul bersama gatal dan ruam kulit. Gatal tak selalu hadir bersama ruam. Oleh karena itu, orang-orang cenderung salah persepsi tentang alergi. Hanya karena tak gatal, bukan berarti Anda tak alergi.

3. Mata Gatal dan Berair

Tak hanya berdampak pada kulit, alergi parfum juga dapat berdampak pada mata. Beberapa parfum mengandung aerosol sehingga partikelnya mungkin dapat berinteraksi dengan mata dan menyebabkan iritasi.

Yang membuat hal ini berbahaya adalah, Anda tak mesti menggunakan parfum tersebut. Jika berpapasan dengan orang yang menggunakan parfum, Anda pun dapat terdampak efeknya.

Baca juga: Apakah Parfum Bisa Kedaluwarsa?

4. Bersin-Bersin

Hampir sama dengan kasus yang dialami mata, partikel airborne juga dapat terbang hingga masuk ke dalam saluran hidung. Efeknya, Anda akan bersin-bersin dan hidung terasa gatal.

Tak mesti Anda yang memakai parfum, mencium parfum orang lain juga dapat menyebabkan hidung gatal dan bersin. Sebagai tindakan pencegahan, gunakanlah masker untuk melindungi indera penciuman Anda saat pergi ke tempat yang penuh dengan aroma parfum.

5. Kulit Menghitam

Kulit menghitam adalah salah satu tanda alergi parfum yang berkepanjangan. Tampilan ini terjadi karena garukan berulang pada bagian kulit yang terasa gatal. Hal ini sering ditemui di ketiak ketika Anda menyemprotkan parfum ke bagian tersebut. Alternatif lain selain mengganti parfum untuk mengatasi hal ini adalah tidak menyemprotkan parfum langsung ke kulit.

Dapatkan Original Source Body Mist Coconut and Shea Butter - 100ml dengan harga Rp 30.500,- Beli di sini

6. Kesulitan Bernapas

Efek lain yang lebih parah dari bersin-bersin adalah kesulitan bernapas. Hal ini mungkin terjadi pada orang-orang hipersensitif dan memiliki risiko tinggi pada alergi, misalnya pada orang yang mengidap asma. Maka dari itu, jangan sampai parfum yang mencetuskan alergi pada Anda masuk ke saluran pernafasan.

 

Nah, itu tadi ciri alergi parfum yang mungkin terjadi. Sekarang silahkan lihat apakah Anda mengalami salah satu ciri tersebut atau tidak. Jika iya, segera lakukan ke dokter untuk melakukan perawatan kulit.

Tampil wangi dan segar sepanjang hari memang disarankan, tapi ingat, jangan sampai membahayakan diri sendiri ya. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi