Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

[NEW 50% OFF] Lubricant Vigel Tight Lebih Intim Lebih Nyaman. Beli Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

9 Tips Pakai Kondom agar Aman dan Bikin Hati Tenang

Manfaat kondom sebagai alat kontrasepsi yang praktis sudah dirasakan banyak pasangan. Namun, hanya karena ia praktis, bukan berarti cara pakai kondom bisa sembarangan ya. Yuk, simak tips cara memakai kondom berikut ini agar Anda dan pasangan dapat merasakan manfaat optimalnya.

9 Tips Pakai Kondom agar Aman dan Bikin Hati Tenang

KONDOM bisa dibilang adalah alat kontrasepsi yang paling praktis yang kini tersedia di pasaran. Berbeda dengan alat kontrasepsi lain yang bisa mempengaruhi hormon, seperti pil KB atau suntik KB, atau harus dipasangkan khusus oleh tenaga kesehatan, seperti IUD atau implan, kondom lebih mudah digunakan dan tidak berefek samping pada orang yang memakainya.

Manfaat kondom pun tidak kalah dengan alat-alat kontrasepsi lainnya yang sudah disebutkan tadi. Selain bisa mengontrol kehamilan, manfaat kondom lainnya adalah melindungi si pengguna dari penyakit menular seksual.

Namun, meski terkesan mudah dan praktis, Anda jangan sampai menyepelekan cara pakai kondom ya. Sebab, salah cara pakai kondom bisa menyebabkan kondom tidak berfungsi dengan optimal.

Kondom bisa robek atau bocor yang membuat risiko kehamilan dan penularan penyakit menular seksual meningkat. Dilansir dari situs verywell, inilah tips cara memakai kondom yang perlu Anda perhatikan.

Cek Tanggal Kedaluwarsa

Seperti makanan, kondom juga punya tanggal kedaluwarsa, loh. Saat pertama kali membeli kondom, ini adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Apakah kondom masih fresh untuk digunakan?

Pun, jika Anda menyetok kondom di rumah, cobalah cek tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai kondom disimpan terlalu lama dan justru sudah kedaluwarsa ketika hendak dipakai. Kondom yang kedaluwarsa akan mudah robek dan membuat fungsinya sebagai alat kontrasepsi jadi tidak terpenuhi.

ONE® Kondom Super Sensitive - 3 Pcs, Rp 33,500; beli di sini

Periksa Keberadaan Gelembung Udara

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah kondom masih layak untuk digunakan atau tidak adalah dengan mengecek keberadaan gelembung udara dalam kemasan. Periksalah dengan menekan lembut kemasan kondom menggunakan ibu jari dan jari tengah Anda.

Bila terasa ada gelembung udara di dalam kemasannya, berarti kondom masih fresh dan kemasannya tidak bocor. Keberadaan gelembung udara di dalam kemasan kondom juga berfungsi untuk memastikan kondom terhindar dari kerusakan akibat gesekan dengan benda lain.

Jadi, jika masih ada gelembung udara di dalamnya, kondom dapat dipastikan masih dalam kondisi aman.

Hati-Hati saat Membuka Kemasannya

Saat membuka kondom, pastikan Anda menyobek bagian tepinya. Hindari pula menggunakan benda tajam, seperti kuku atau gunting, untuk menyobek kemasan kondom. Ini bertujuan supaya kondom yang ada di dalam kemasan tetap terlindungi dari risiko robek atau bolong.

Pastikan Kondom Tidak Terbalik

Kondom dipakai dengan cara seperti memakai topi dan bukannya seperti memakai shower cap. Tanda kondom yang tidak terbalik adalah mudah untuk digulung kembali.

Jika kondom telanjur menyentuh penis dan baru diketahui bahwa itu terbalik, buanglah dan ganti dengan yang baru. Sebab, lapisan luar kondom bisa jadi sudah terpapar cairan dari penis. Lebih baik main aman, bukan?

Sisakan Ruang untuk Sperma

Beberapa kondom memiliki bagian ujung berlebih yang berguna untuk menampung sperma nantinya. Jika kondom yang Anda beli kebetulan tidak memiliki ini, tetaplah sisakan ruang di bagian ujung kondom.

Caranya adalah dengan mencubit ujung kondom perlahan dengan jari agar udara tidak bisa masuk ke dalam bagian ini. Bagian ini nantinya akan jadi ruang untuk menampung sperma. Jika Anda tidak menyediakan ruang ini, bisa-bisa sperma malah meluber ke luar kondom.

Jangan Sampai Ada Udara

Udara yang tersisa di ujung kondom bisa membebani kondom dan menyebabkan kondom sobek, loh! Supaya ini tak terjadi, gunakanlah pelumas di bagian ujung kondom agar udara tak dapat masuk.

Pastikan Seluruh Bagian Penis Terselubung

Penyakit menular seksual masih bisa tertransfer lewat kontak antarkulit dan bukan lewat cairan alat kelamin saja. Karena itulah, Anda mesti memastikan bahwa seluruh batang penis tertutup oleh kondom. Memakaikan kondom hingga ke seluruh batang penis juga membuatnya tidak mudah merosot saat digunakan.

Pegang Pangkal Kondom Erat-Erat

Setelah ejakulasi dan Anda hendak mengeluarkan penis dari vagina, peganglah kondom erat-erat di bagian pangkalnya. Ini membuat kondom tidak mudah terlepas dari penis. Risiko sperma tumpah pun dapat dihindari.

Buang Kondom ke Tempat Sampah

Yap, kondom adalah alat kontrasepsi sekali pakai. Anda tidak bisa mencuci kondom yang telah dipakai untuk kemudian digunakan kembali. Dan yang paling penting, buanglah kondom ke tempat sampah dan bukan dengan mem-flush-nya ke dalam toilet karena bisa menyumbat pipa pembuangan.

Lapisi kondom dengan tisu atau kantung saat membuangnya untuk berjaga-jaga agar sperma tak berantakan ke mana-mana kalau-kalau kondom bocor di tempat pembuangan.

ONE® Kondom Mixed Pleasures - 12 Pcs, Rp 109,500; beli di sini

Itulah tips cara memakai kondom yang perlu Anda terapkan untuk seks yang aman dan nyaman. Pastikan pula Anda memilih kondom yang telah terbukti efektivitas dan durabilitasnya seperti ONE® Condoms. Hubungan intim tentu rasanya akan lebih nyaman jika kita menggunakan kondom yang tepat dengan cara memakai yang tepat. Selamat mencoba! 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

16 komentar

  • jbCqiJSwveZAX

    ijgcEmlrkFQHXTVd on
  • AjDQfcCk

    WcHFEpnjyh on
  • htoDQKjNvrJelZ

    hHntRKEFlUJ on
  • vJrtfgmy

    yOzKqMdhopSIcA on
  • IVRSqjywuDxMXA

    gFMzPqSwnYJ on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi