Advertisement
Advertisement

9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Mengonsumsi protein dapat meningkatkan energi sehingga Anda dapat tetap aktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, apakah Anda sudah mengonsumsi cukup protein setiap harinya?

9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

MENAMBAH nutrisi pada makanan seperti protein dapat membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan pikiran sehingga Anda akan lebih enjoy dan fit saat menjalani aktivitas padat setiap hari.

Rasa lapar yang Anda rasakan mungkin sudah biasa namun jika rasanya sangat menyiksa maka bisa jadi Anda mengalami tanda kekurangan protein. Jika Anda mengalami hal ini maka tambahkanlah makanan yang mengandung protein tinggi dan lihat hasilnya pada tubuh Anda.

Berikut ini adalah 9 tanda tubuh kekurangan protein yang perlu diketahui dan sudah saatnya mengecek kembali asupan makanan Anda:

1. Edema

Menurut para ahli kesehatan, kekurangan protein dapat menyebabkan edema. Edema (sembab) adalah akumulasi cairan dalam jaringan yang menyebabkan bagian tubuh tertentu mengalami pembengkakan.

Jika Anda merasakan adanya pembengkakan pada bagian tubuh mungkin itu saatnya Anda mengecek kembali asupan protein harian Anda.

2. Nafas Pendek

Salah satu tanda kekurangan protein adalah anemia. Bila asupan protein kurang maka tubuh akan meresponnya dengan lelah, napas menjadi lebih pendek (terengah-engah), bahkan pingsan, atau tanda lainnya yang hampir sama dengan gejala anemia.

9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Dapatkan Ultimate Nutrition Prostar 100% Whey Protein Box 1LB dengan harga sekitar Rp 338.000; Beli di sini.

3. Nafsu Makan Bertambah

Tanda lainnya dari kekurangan protein adalah munculnya rasa lapar dan nafsu makan yang berlebihan.

Mungkin Anda merasa sudah cukup kenyang ketika makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi namun faktanya jika tidak diimbangi dengan protein hasilnya tubuh akan lenih cepat lapar.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa jenis makanan seperti keju, buah-buahan, kacang-kacangan, dan mentega yang mengandung protein cukup tinggi.

Baca juga: 10 Makanan Sumber Protein yang Ada di Sekitar Kita

4. Lapar Tak Tertahankan

Tidak perlu malu untuk mengakuinya, Anda mungkin saja pernah mengalami rasa lapar yang tak tertahankan bukan? Dan ingin selalu makan-makanan yang manis seperti cokelat atau es krim terutama di tengah malam?

Ini merupakan salah satu tanda kekurangan protein yang harus diwaspadai. Sebaiknya Anda penuhi kebutuhan protein harian, karena salah satu manfaat protein selain untuk menyehatkan tubuh, protein juga dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Dengan cara ini dijamin Anda akan terhindar dari rasa lapar yang menyengsarakan tubuh.

5. Lelah Setelah Makan

Anda mungkin mengalami kekurangan protein jika Anda merasa lelah dan lesu saat setelah makan. Itu juga menjadi tanda bahwa makanan yang Anda makan hanya mengandung karbohidrat saja dan kekurangan nutrisi lainnya seperti protein.

Ironisnya, banyak orang mengalami kekurangan asupan protein bahkan sejak sarapan pagi. Sarapan adalah senjata pertama tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Cobalah untuk sarapan dengan telur, susu, yoghurt, kacang-kacangan, dan buah yang kaya akan protein.

6. Lamanya Waktu Penyembuhan Cidera atau Luka

Jika Anda sering mengalami cidera dan membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya maka ada indikasi bahwa Anda mengalami kekurangan protein.

Manfaat protein adalah untuk membantu memperbaiki otot dengan lebih cepat. Protein juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi.

Sebagai tips kesehatan, menambah asupan protein dapat mempercepat pemulihan saat lelah sehingga Anda terhindar dari rasa sakit di bagian tubuh tertentu setelah beraktivitas berat.

9 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Dapatkan L-Men Hi Protein Whey Advance Choco Vanilla 500gr dengan harga sekitar Rp 185.000; Beli di sini.

7. Rambut Rontok

Wanita paling banyak mengalami rambut rontok dan ini sangat menyebalkan karena dapat mengganggu penampilan. Salah satu manfaat protein adalah untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok.

Kekurangan protein dapat membuat rambut Anda menjadi lebih tipis dan rapuh sehingga lebih murah patah atau rontok.

Baca juga: 7 Mitos Salah Tentang Protein

8. Mudah Sakit

Kekurangan protein dapat membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit. Tubuh membutuhkan protein untuk menjaga tubuh dari serangan kuman, bakteri, dan racun dari luar.

Sebagai tips kesehatan, jika Anda sering sakit, cobalah untuk konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9. Kulit Kering dan Kusam

Anda sebaiknya memperhatikan kulit Anda apakah mengalami kulit kering dan kusam. Jika kondisi itu terjadi di area wajah dan tangan Anda, mungkin inilah saat yang tepat untuk menambah asupan protein dalam hidangan sehari-hari.

Baca juga: Tips Memilih Protein Powder yang Sesuai dengan Tubuh Anda

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi