FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

9 Pertanyaan "Memalukan" Soal Menstruasi Ini Terjawab!

Bagi sejumlah wanita bertanya terkait menstruasi kepada dokter masih menjadi hal yang tabu. Pasalnya, menstruasi dianggap sebagai hal yang personal atau bersifat pribadi.

SEORANG profesor Ilmu Dasar dan Klinis di Universitas Bridgeport, dr. Emmett Hughes, dan ahli bersertifikat Ob-GYN dr. Allan Warshowsky, siap memberi Anda jawaban atas beberapa pertanyaan “memalukan” soal menstruasi yang sering diajukan sebagian besar kaum hawa.

1. Mengapa Feses Saya Sangat Aneh Selama Menstruasi?

"Kemungkinan karena perubahan zat seperti hormon yang disebut prostaglandin," kata dr. Warshowsky. Prostaglandin meningkat selama menstruasi.

Zat inilah yang mengawali masa menstruasi Anda. Prostaglandin memberi sinyal ke rahim Anda untuk mulai berkontraksi. Maka dari itu, perut Anda juga menjadi kram.

Prostaglandin juga dapat mengirim pesan serupa ke usus Anda, yang dapat memicu keinginan untuk buang air besar ketika haid.

Jadi, keinginan buang air besar ketika haid yang berlebih adalah sesuatu yang tidak perlu terlalu Anda cemaskan.

2. Apakah Orgasme Mengurangi Nyeri Haid?

"Masih banyak wanita yang tidak dipahami orgasme dengan baik," kata dr. Warshowsky. "Tetapi kita tahu bahwa produksi hormon yang disebut oksitosin meningkat selama orgasme." Jelasnya lagi.

Oksitosin diproduksi di daerah hipotalamus otak, dan dianggap sebagai "penghilang rasa sakit alami.".

Hormon ini juga disebut "cuddling hormone" karena efeknya akan meningkat saat Anda berpelukan atau berdekatan dengan orang yang Anda cintai.

Jadi, agar mengurangi rasa nyeri haid, luangkanlah waktu berdua dengan pasangan agar nyeri haid Anda berkurang sekaligus agar dapat lebih intim dengan pasangan Anda

3. Apakah Saya Harus Khawatir Soal Toxic Shock Syndrome?

"Saya belum pernah mendengar kasus Toxic shock syndrome selama bertahun-tahun," kata dr. Warshowsky.  Akan tetapi, bakteri atau kuman bisa muncul apabila Anda jarang mengganti pembalut secara teratur dalam sehari.

Gejala toxic shock syndrome antara lain: demam tinggi, tekanan darah rendah, lesu, dan lemas. "Gejala ini dapat berkembang dengan sangat cepat hingga pingsan, koma, dan banyak kegagalan organ," kata dr. Hughes.

Jika Anda khawatir tentang toxic shock syndrome, perawatan dini adalah yang terpenting. Segera berkonsultasi ke dokter.

4. Mengapa Saya Mudah Terangsang Selama Menstruasi?

Bagi wanita yang gairah meningkat menjelang haid, banyak alasan yang bisa menjadi penyebabnya.

Misalnya, berkaitan dengan hormon seperti estradiol, hormon seks utama Anda. Selain itu, hormon progesteron yang membantu mengatur siklus Anda. dan puncak menjelang awal menstruasi.

"Ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi, kadar estrogen mereka berada pada level terendah, namun kadar testosteron mereka meningkat.", kata dr. Hughes. Inilah yang menyebabkan gairah meningkat menjelang haid maupun selama haid.

Testosteron berkaitan dengan dorongan seks wanita. Peningkatan kadar testosteron pada masa ovulasi adalah cara alami tubuh untuk mendorong wanita melakukan aktivitas seksual pada waktu yang optimal untuk mendapatkan anak.

5. Apakah Ada Cara Berhubungan Intim saat Haid yang Aman?

Jawaban singkatnya, bisa ya bisa tidak. Tergantung apakah Anda bersedia menggunakan beberapa alat.

Menurut Dr. Warshowsky, Anda bisa memakai cangkir diafragma atau cangkir serviks. Anda juga dapat mencoba yang fleksibel seperti softcup yang ditempatkan di sekitar leher rahim Anda.

Jika Anda tidak bersedia memakai alat-alat tersebut, Anda bisa berhubungan seks seperti biasanya. Tempatkan saja handuk berwarna gelap di atas sprei.

6. Mengapa Saya Sangat Emosional saat Menstruasi? Apa itu PMS?

PMS (premenstrual syndrome) digambarkan sebagai istilah yang menggabungkan berbagai macam gejala yang mengiringi sebelum menstruasi.

Ketika PMS, Anda bisa saja tiba-tiba bisa dilanda perasaan sedih, cemas, putus asa, dan marah.

Anda mengalami peningkatan sensitivitas emosi dan perubahan suasana hati, bersama dengan gejala fisik seperti kembung, nyeri payudara, sakit kepala, dan kehilangan energi atau lemas.

Pengaruh hormon-hormon pada otak tersebut diduga menjadi pemicu gejala PMS yang lebih emosional.

Kekurangan vitamin dan mineral juga dapat memengaruhi respons tubuh saat hormon mengalami pasang surut bulanan.  Jadi, pertimbangkan pola makan yang sehat saat mengalami menstruasi.

7. Apa Saja Pilihannya selain Pembalut dan Tampon?

Menstrual cup adalah opsi terbaik yang bisa Anda pakai sebagai pengganti pembalut dan tampon. Menstrual cup bisa Anda pakai berulang kali, sehingga tidak banyak menghasilkan limbah.

Selain ramah lingkungan, menstrual cup juga sangat mudah dibersihkan dan digunakan. Menstrual cup juga lebih terjangkau dibandingkan dengan mengeluarkan biaya untuk tampon atau pembalut.

8. Seberapa Banyak Darah Keluar saat Haid?

Rata-rata wanita kehilangan sekitar 8 hingga 14 sendok teh darah selama haid dalam sehari, tau sekitar 2-4 pembalut berdaya serap biasa.

Perlu diingat bahwa angka ini bisa bervariasi, tergantung kondisi setiap wanita. Jika Anda mengalami menstruasi yang terlalu banyak, waspadai gejala kekurangan darah seperti pusing, sakit kepala ringan, lemah, lesu, dan lain-lain.

9. Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Siklus Menstruasi Terganggu?

Jangan pernah takut untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan menstruasi. Contohnya, apabila menstruasi tidak normal, siklus terlalu panjang, tidak teratur, dan sebagainya.

Dokter akan menganalisa dan memberikan rekomendasi perawatan terbaik agar siklus menstruasi bisa berjalan normal.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

4 komentar

  • mFdyaYiXtOL

    vyzusinDmwRW on
  • QxNsajpOUzSRLKrf

    CqDOUnHfbYcZPJ on
  • GjzSHEQB

    razOGNcoyqvk on
  • YaEZMJSUAlDFr

    JSGuTrdmWXgB on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi