Advertisement
Advertisement

9 Manfaat Garam Untuk Kecantikan

Untuk mendapatkan wajah yang cantik dan bersih seorang wanita kadang harus mengeluarkan kocek besar guna melakukan berbagai perawatan. Padahal tanpa disadari, berbagai bahan murah di rumah seperti garam juga bisa digunakan sebagai produk perawatan wajah. 

9 Manfaat Garam Untuk Kecantikan

BICARA soal kecantikan tentu tidak ada habisnya, sebab setiap wanita di dunia tentu ingin tampil cantik sehingga melakukan berbagai perawatan. Perawatannya pun tidak main-main, beberapa para wanita bahkan tidak ragu merogoh kocek agak dalam demi kecantikan.

Namun karena terlalu sibuk dengan perawatan yang mahal, para wanita saat ini lupa bahwa sebenarnya ada perawatan yang murah meriah dan mudah didapatkan. Seperti halnya garam, bumbu dapur yang sangat mudah didapatkan.

Garam memiliki mineral dan nutrisi dengan konsentrasi yang sama di tubuh manusia. Jadi tidak mengherankan jika garam bisa digunakan untuk menyeimbangkan, melindungi dan mempercantik kulit.

Tidak hanya itu, garam dapat membantu menyeimbangkan dan menghidrasi kulit, menguatkan pelindung kulit dan bisa membantu mencegah penuaan dini. Nah untuk menggunakan garam sebagai perawatan, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini:  

1. Masker Wajah

Selain masker mahal di salon, Anda juga bisa menggunakan garam yang murah meriah sebagai masker wajah. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan campuran garam dan madu untuk masker.

Garam dan madu adalah anti inflamasi yang bisa mengurangi radang dan iritasi. Selain itu masker wajah garam dan madu bisa membantu menyeimbangkan produksi minyak dan membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Caranya cukup campurkan 2 sendok teh garam dan 3 sendok teh madu. Oleskan masker yang telah berbentuk pasta ke kulit wajah bersih dan hindari area mata. Tunggu 10-15 menit hingga kering.

Sebelum membilas, gunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat untuk diletakkan di atas wajah Anda. Letakkan selama 30 detik, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih. Gunakan jari tangan untuk mengeksfoliasi kulit dengan gerakan memutar.

Vienna Purifying Black Mud Face Mask, Rp 11.000,- ; Beli di sini

2. Softening Body Scrub

Garam adalah body scrub alami yang bisa dijadikan perawatan eksfoliasi kulit untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Hal tersebut sangat mungkn sebab garam memiliki mineral yang melembutkan kulit dan menjaga kelembaban alami kulit.

Untuk membuatnya, cukup campurkan ¼ gelas garam dan setengah gelas olive oil atau minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Anda juga bisa menambakan 10 sendok essential oil favorit. Gunakan pada saat akan mandi, body scrub ini sangat bagus untuk digunakan pada saat luluran.

3. Scrub Awet Muda

Garam adalah exfoliant alami yang bisa melembutkan dan memperbaiki kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengombinasikannnya dengan ale vera yang akan menghidrasii, menyembuhkan dan lavender yang merupakan anti septik alami.

Caranya campurkan garam setengah cangkir dengan gel lidah buaya murni sebanyak setengah cangkir. Tambahkan satu sendok makan lavender kering dan 10 tetes minyak essensial lavender hingga campuran berbentuk pasta. Gunakan scrub ini pada tangan dan tubuh Anda agar kulit bersih dan sehat.

4. Toner wajah

Tak perlu keluarkan biaya mahal untuk membeli toner, cukup gunakan garam dapur saja untuk dijadikan toner. Garam dapur akan membantu membersihkan pori-pori wajah lebih dalam, mengontrol minyak wajah dan menghalangi bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Campurkan 1 sendok garam dapur dengan air hangat secukupnya hingga merata. Gunakan pada wajah dan hindari daerah mata. Gunakan satu hingga dua kali sehari.

Kojiesan Cleanser + Toner, Rp 33.100,- ; Beli di sini

5. Relaxing Salt Bath

Kegunaan garam selanjutnya untuk kecantikan adalah bisa digunakan sebagai sebagai garam mandi. Hal ini mungkin terdengar aneh, namun garam dapat menyerap kotoran, racun dan membersihkan hingga pori-pori terdalam. Kandungan mineral alami garam juga sangat baik menjaga kelembaban kulit.

Contohnya ketika berendam di air laut, Anda mungkin tidak sadar bahwa kulit tidak menjadi kering walaupun sudah berendam lama. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium alami di dalam air laut membantu mengurangi retensi air didalam tubuh.

Untuk mencobanya, larutkan 1/3 cangkir garam ke bak yang telah berisi air hangat selama 15 menit – 30 menit. Lalu nikmatilah relaksasi dengan relaxing salt bath yang murah meriah. 

6. Perawatan Anti Ketombe

Masalah ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala dan rambut yang cukup menjengkelkan. Tak usah khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan garam yang mudah Anda dapatkan di dapur.

Garam dapat membantu melonggarkan dan menghilangkan serpihan ketombe sehingga merangsang sirkulasi agar kulit kepala sehat. Selain itu garam juga dapat menyerap kelebihan minyak untuk mencegah pertumbuhan jamur serta menghambat akar pertumbuhan ketombe.

Taburi kulit kepala yang berketombe dengan  garam sebanyak satu higgga dua sendok. Gunakan jari basah, pijat kulit kepala dengan lembut 10 hingga 15 menit. Selanjutnya cuci bersih lalu gunakan shampo favorit Anda untuk berkeramas.

Head & Shoulders Lemon Fresh Shampoo, Rp 25.400,- ; Beli di sini

7. Pemutih Gigi

Agar mendapatkan gigi putih bersinar, saat ini banyak orang melakukan perawatan intensif seperti venner dan bleaching gigi. Kedua perawatan tersebut memang bisa membuat gigi Anda putih seketika, namun untuk mendapatkannya diperlukan biaya tak sedikit. 

Nah bagi Anda yang ingin memiliki gigi bersih dan putih secara alami tanpa menghabiskan banyak uang, garam bisa menjadi solusinya. Selain dengan sikat gigi secara rutin, Anda bisa menggunakan garam dan baking soda sebagai bahan alami murah meriah untuk memutihkan gigi.

Garam dan baking soda adalah abrasif lembut yang akan membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Garam juga mengandung sumber alami fluoride, yang merupakan bonus untuk gigi dan gusi Anda.

Untuk membuatnya. Campur satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking powder. Celupkan sikat gigi yang lembab ke dalam campuran, dan sikat gigi secara normal. Jika rasanya terlalu kuat, coba oleskan pasta gigi ke sikat sebelum mencelupkannya ke dalam campuran.

8. Mouthwash

Selain sebagai pemutih alami gigi, ternyata garam juga bisa dijadikan sebagai mouthwash alami. Dalam hal ini garam bertindak sebagai desinfektan untuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut dan radang gusi.

Untuk mendapatkan mouthwash garam, Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dan soda roti lalu larutkan dalam seperempat gelas air. Usir solusi di sekitar mulut Anda dan di antara gigi. Meludah, lalu bilas.

Listerine Mouthwash Multiprotect, Rp 25.000,- ; Beli di sini

9. Perawatan Kuku

Untuk mendapatkan kuku yang cantik Anda tak harus repot-repot ke salon guna melakukan pedicure medicure. Anda bisa menggunakan garam untuk melembutkan kutikula dan menguatkan kuku.

Agar mendapatkan hasil terbaik, tambahkan baking soda dan lemon yang bekerja mengurangi noda kekuningan pada kuku sehingga tampak lebih cantik dan sehat.

Untuk membuatnya, campurkan masing-masing satu sendok teh garam, baking soda, jus lemon, dan setengah cangkir air hangat dalam mangkuk kecil. Rendam kuku dalam larutan selama 10 menit, lalu gosok dengan sikat lembut. Bilas tangan dan lembabkan dengan moisturizer.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi