FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

9 Kesalahan Umum Tes Kehamilan yang Harus Dihindari

Meski terkesan mudah, sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan alat tes kehamilan di rumah. Apa saja kesalahan yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan tes kehamilan?

MENGAPA banyak orang yang melakukan tes kehamilan di rumah? Pasalnya, mengetahui kehamilan sedini mungkin sangat penting.

Ketika Anda sudah mengetahui kehamilan sejak awal melalui alat tes kehamilan, Anda bisa langsung memikirkan langkah-langkah berikutnya untuk menjaga kehamilan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa secepatnya melakukan kontrol kehamilan ke dokter atau bidan, sehingga kehamilan lebih terjaga.

Namun, meski terkesan mudah, Anda tetap harus memerhatikan beberapa hal ketika Anda melakukan tes kehamilan di rumah dengan alat tes kehamilan seperti testpack.

Pasalnya, jika tidak diperhatikan, ada potensi alat tes kehamilan Anda tidak mendeteksi dengan akurat. Apa saja kesalahan umum yang perlu diperhatikan? 

Tidak Memperhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Testpack dibuat dengan tanggal kedaluwarsa. Anda harus memperhatikan hal ini. Menggunakan testpack yang melewati masa kedaluwarsa berpotensi memberikan jawaban tidak akurat.

Mengabaikan Siklus Menstruasi

Cara tes kehamilan yang benar adalah dengan mengeceknya setelah Anda merasa telat menstruasi.

Meski beberapa produk testpack meyakinkan Anda bahwa Anda bisa mengecek kehamilan sebelum telat menstruasi, sebaiknya jangan dilakukan.

Pasalnya, bila menstruasi belum lewat, bisa jadi tubuh Anda tidak memproduksi cukup hCG untuk bisa dideteksi hamil.

Ini dapat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan false negative; hasil testpack mengatakan diri Anda tidak hamil, padahal sebetulnya Anda hamil.

Tidak Membaca Instruksi Penggunaan

Berbeda testpack, berbeda pula penggunaannya. Karena itu, bacalah instruksi penggunaan setiap testpack yang Anda beli. Kesalahan penggunaan bisa menyebabkan kesalahan hasil pemeriksaa, lho!

Tidak Memperhatikan Waktu Tes

Cara tes kehamilan berikutnya yang perlu diperhatikan adalah waktu pengetesan. Sebaiknya, lakukan tes kehamilan di pagi hari sesaat setelah Anda bangun tidur. Ini adalah sample urin paling baik untuk mengecek kehamilan.

Selain itu, jangan berusaha minum banyak untuk menghasilkan urin. Minum saja seperti biasa. Urin yang disengaja justru akan merusak sample.

Tidak Mengumpulkan Peralatan yang Dibutuhkan

Selain testpack, Anda juga membutuhkan jam atau stopwatch saat mengecek kehamilan, lho.

Jam atau stopwatch digunakan untuk menghitung waktu tunggu pemrosesan hasil oleh testpack. Pastikan perlengkapan ini telah Anda siapkan di awal, ya.

Membaca Hasil Tes Terlalu Cepat

Setiap merek testpack menyaratkan waktu yang berbeda untuk mengecek hasil tes. Inilah pentingnya membaca instruksi penggunaan.

Jika Anda membaca hasil tes terlalu cepat atau terlalu lama dari waktu yang disarankan, hasil tes bisa jadi keliru dan tidak akurat.

Membaca Hasil Tes Terlalu Lama

Seperti yang disebutkan sebelumnya, membaca hasil tes terlalu lama juga bisa menyebabkan kekeliruan hasil. Anda bisa mendapatkan false positive jika membaca hasil tes terlalu lama.

Urin yang menguap jika dibiarkan terlalu lama pada testpack akan membuat testpack seolah bergaris dua.

Urin yang Digunakan Tidak Cukup Banyak

Beberapa testpack menyaratkan jumlah tertentu untuk mengetes kehamilan. Jika urin tidak cukup, testpack tidak akan cukup terendam hingga hasilnya tidak akurat.

Bila urin Anda tidak cukup banyak, Anda bisa coba meneteskan urin ke permukaan testpack alih-alih merendamnya.

Salah Membaca Testpack

Kesalahan umum berikutnya tentang penggunaan tes kehamilan adalah salah membacanya.

Untuk menghindari kesalahan ini, Anda bisa membeli testpack digital. Meski harganya sedikit lebih mahal, ini meminimalisasi risiko kesalahan pembacaan.

Itulah beberapa kesalahan umum penggunaan testpack. Cermati kesalahan-kesalahan itu dan usahakan untuk menghindarinya, ya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

4 komentar

  • MqagtIhWYjdKows

    BEdygvIFLVlciNH on
  • iIMWlGeXAto

    ibdanPVcXCeLosZ on
  • SelmOpowuQLN

    dunZBXSamgkist on
  • OogcwEWXif

    jvNiYzBsILq on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi