Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

9 Cara Jitu dan Instan Atasi Lelah di Pagi Hari

Lelah di pagi hari bisa muncul bahkan bila Anda sudah cukup tidur di malam hari. Agar tetap bersemangat di hari yang padat dan melelahkan, yuk simak 9 cara jitu dan instan atasi lelah di pagi hari berikut ini!

BANYAK orang yang minum secangkir kopi setiap pagi dalam upaya mengatasi mudah lelah di pagi hari. Padahal, terlalu banyak minum kafein bisa membuat kita semakin gelisah, cemas dan mudah lesu.

Lalu, apa cara atasi mudah lelah yang terbaik? Yuk, simak tips hidup sehat berikut agar hari-hari Anda esok semakin berenergi dan berstamina.

1. Jangan Menunda Waktu Bangun

Mungkin Anda berfikir tombol 'snooze' berfungsi untuk menambah sedikit waktu istirahat Anda. Padahal, alih-alih bertambah, siklus waktu tidur Anda justru akan terulang jika Anda tidur kembali setelah alarm berbunyi.

Ini akan membuat Anda harus bangun di tengah siklus tidur Anda, dan inilah yang akan membuat Anda lelah menjalani hari.

Tips: cobalah untuk mengatur dua alarm; setel satu alarm berjarak 90 menit sebelum Anda ingin bangun, setel satu alarm lagi di waktu Anda benar-benar harus bangun.

Menurut teori, 90 menit tidur yang diperoleh di antara waktu jeda akan menjadi siklus tidur penuh.

Hal ini memungkinkan Anda untuk bangun setelah kondisi REM (Rapid Eye Movement), yaitu kondisi di mana Anda memang benar-benar segar dan siap beraktivitas.

2. Minum Segelas Air

Kelelahan adalah salah satu gejala dehidrasi. Kekurangan cairan dapat memicu perasaan kantuk, penurunan kemampuan kognitif otak, dan dapat mengganggu suasana hati.

Jadi, minumlah segelas air mineral untuk menyegarkan tubuh Anda di pagi hari sebelum beraktivitas.

Tips: Apabila Anda masih sering merasa tubuh cepat lelah di pagi hari, cobalah meningkatkan asupan air atau minuman non-kafein lainnya sepanjang hari.

3. Yoga

Ada alasan mengapa meregangkan tubuh setiap bangun tidur terasa sangat nikmat. Setiap malam, selama masa tidur REM, otot-otot tubuh Anda menjadi sangat rileks dan "lumpuh" (atonia).

Cara atasi mudah lelah pada tubuh yang bisa dilakukan adalah peregangan tubuh saat bangun pagi. Untuk mengaktifkan otot kembali, Anda bisa melakukan latihan yoga untuk melepas endorfin yang mampu merangsang energi.

Tips: Jika Anda punya sedikit waktu untuk yoga di pagi hari, melakukan yoga selama 25 menit di pagi hari terbukti meningkatkan tingkat energi dan fungsi otak, lho!

4. Membasuh wajah Anda dengan air

Membasuh wajah dengan air dingin dapat memberikan sinyal perubahan suhu kepada tubuh Anda. Jika tubuh mudah lelah atau mengantuk di pagi hari, simpan sebotol face mist di meja samping tempat tidur atau meja kerja Anda.

Kapanpun Anda ingin merasa segar kembali, semprotkan 1 atau 2 kali face mist ke wajah untuk mempertajam indera Anda kembali. Namun, ada baiknya Anda tidak melakukan tips ini bila Anda memiliki wajah sensitif.

5. Makan sarapan untuk menambah energi

Menurut studi, melewatkan sarapan pagi dapat memengaruhi energi dan kemampuan seseorang untuk fokus sepanjang hari.

Makanan adalah bahan bakar untuk energi tubuh. Konsumsilah kalori yang cukup untuk tubuh Anda untuk mengawali hari.

Tips: Buatlah menu sarapan yang dapat mengatasi kelelahan. Pilihlah makanan yang kaya akan protein, sayuran, serat, atau makanan rendah gula.

6. Hindari makan gula sampai makan siang

Tidak semua menu sarapan bisa menambah energi Anda di pagi hari. Jadi, perhatikan pilihan makanan yang Anda konsumsi di pagi hari.

Makanan manis seperti biskuit, kue kering atau sereal bisa memicu lonjakan gula darah yang justru membuat Anda lesu, mengantuk, dan lemas.

Tips: Kurangi asupan makanan manis atau makanan yang mengandung gula. Pilihlah buah-buahan segar seperti pisang, jeruk, apel, dll.

7. Batasi minum kopi

Sekalipun minum kopi memiliki banyak manfaat medis, tetapi terlalu banyak menyeruput kopi di pagi hari secara tidak langsung berkontribusi pada peningkatan kelelahan.

Dalam satu studi, peserta melaporkan merasa lebih lelah justru setelah meminum kafein di pagi hari.

Tips: Hindari mug besar. Jika perlu, gunakan cangkir kopi yang berukuran lebih kecil untuk membantu mengurangi jumlah kafein yang Anda minum.

8. Berjalan ke luar ruangan

Sinar matahari mampu meningkatkan kadar serotonin tubuh. Inilah hormon yang dapat membuat tubuh “bangun” dan siap beraktivitas.

Maka dari itu, jika Anda kesulitan bangun di pagi hari, biarkan sinar matahari masuk melalui jendela atau buka tirai di kamar Anda.

Jika Anda berada di kantor dan merasa lelah di pertengahan atau sore hari, berjalan-jalanlah ke luar ruangan untuk mendapatkan cahaya matahari.

Dari serangkaian penelitian di University of Rochester, menghabiskan waktu di alam akan "membuat orang merasa lebih hidup."

Tips: Jika sulit untuk berjalan-jalan ke luar ruangan, gunakanlah tirai yang memungkinkan sinar matahari dapat menerangi ruangan.

9. Terapkan hidup sehat dengan tidur awal waktu

Kebiasaan tidur dapat memiliki efek penting dalam pola tidur. Demikian juga rutinitas saat Anda terjaga. Anda mungkin bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Jangan melihat layar gadget satu jam sebelum tidur.
  • Tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  • Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Bangun pada waktu yang sama setiap pagi membantu menjaga ritme sirkadian, jam biologis internal yang bertanggung jawab atas rasa kantuk.

Berusahalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari - bahkan di akhir pekan - untuk melihat apakah Anda dapat atasi lelah di tengah hari.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi