We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Perjalanan Bulan Madu

Menyiapkan perjalanan bulan madu mungkin terkesan mudah. Namun jangan disepelekan, jika tidak dipersiapkan dengan baik bukan tidak mungkin liburan romantis Anda akan berakhir dengan stres dan berantakan.

8 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Perjalanan Bulan Madu

BULAN madu romantis adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama pasangan Anda. Karena itulah liburan seru tersebut harus direncanakan dengan matang agar dapat terlaksana dengan baik. 

Sayangnya banyak pasangan yang sering menganggap remeh perencanakan perjalanan bulan madu sehingga akhirnya berujung pada rasa stres dan pertengkaran yang tidak penting.

Nah, agar hal buruk tidak terjadi pada Anda berdua saat merencanakan bulan madu romantis, selain mengambil paket honeymoon untuk mempermudah perjalanan, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum melakukan bulan madu. Yuk simak!

1. Memilih Lokasi Bulan Madu

Dimana pun Anda dan pasangan memutuskan untuk berbulan madu, ini haruslah menjadi langkah awal untuk perencanaan bulan madu. Misalnya, Anda dan pasangan mungkin bermimpi untuk bersafari di Afrika yang memberikan tantangan saat honeymoon.

Perencanaan seperti itu bisa saja dilakukan untuk bulan madu Anda. Tetapi jika tidak bisa berbulan madu sesuai harapan, pilihlah sesuatu yang serupa. Anda bisa saja bersafari tanpa harus ke Afrika.

Banyak tempat yang memungkinkan Anda untuk melihat binatang dan juga pemandangan yang indah. Perjalanan tidak akan lama dan juga mahal, tetapi Anda berdua masih bisa menikmati beberapa dari yang diharapkan

2. Menentukan Anggaran

Jangan hanya mengandalkan dana yang diperoleh dari resepsi pernikahan, bantuan ataupun hadiah dari keluarga atau teman-teman. Anda dan pasangan juga harus membayar biaya bulan madu sendiri.

Mungkin Anda bisa memasukkan biaya bulan madu ke dalam anggaran tabungan. Anda juga bisa mempersempit pilihan lokasi bulan madu berdasarkan dari jumlah tabungan yang sudah kamu miliki.

Misalnya, Anda berencana untuk bulan madu ke Eropa yang jaraknya lebih jauh dan membutuhkan biaya mahal, maka Anda bisa menggantinya dengan pergi ke beberapa negara di Asia Tenggara atau bulan madu di dalam negeri saja.

 Nirwana Resort and Spa Candidasa, Rp 2.682.000,- ; Beli di sini

3. Menentukan Waktu yang Tepat

Setelah berhasil menentukan kesepakatan untuk menentukan lokasi bulan madu, kini Anda dan pasangan harus berdiskusi untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk pergi.

Misalnya, jika hanya memiliki satu minggu untuk berbulan madu, Anda tentu tidak mungkin pergi ke tempat yang jauh dan sulit transportasi karena hal  tersebut hanya akan menghabiskan banyak waktu di dalam pesawat atau perjalanan.

Sebaiknya Anda dan pasangan memilih destinasi bulan madu yang tidak terlalu jauh sehingga dapat memiliki waktu liburan seru bersama yang lebih lama.

4. Membeli Tiket Perjalanan Jauh Hari

Hal yang wajib Anda persiapkan sebelum pergi bulan madu romantis adalah tiket dan akomodasi menuju destinasi honeymoon. Hal ini berlaku baik untuk destinasi internasional maupun lokal.

Cobalah untuk mencari tiket promo dari jauh-jauh hari sehingga Anda pun bisa lebih hemat dalam biaya perjalanan. Pikirkan juga dengan akomodasi di sana, apakah akan menggunakan jasa pickup service dari hotel atau jasa travel lokal.

Karena itulah maka pastikan segala dokumen yang diperlukan sudah Anda urus dengan lengkap, termasuk visa jika berencana bulan madu di luar negeri. 

Baca juga: 7 Pantai Indonesia Terbaik untuk Bulan Madu

5. Mengurus Visa Perjalanan

Jika Anda dan pasangan berencana untuk melakukan perjalanan honeymoon ke negara lain, maka jangan sampai terlewatkan untuk mengecek kesiapan administrasi Anda berdua, seperti paspor, visa, ataupun mengecek kelengkapan dokumen lainnya.

Pastikan untuk menghitung waktu pengurusan sedini mungkin. Dan, jangan lupa juga untuk mengecek kembali masa berlaku visa Anda karena jika telah hangus maka butuh waktu lebih untuk mengurusnya.

6. Survei Acara Lokal Daerah Tujuan

Pastikan Anda tidak melewatkan acara-acara seru lokal di daerah tujuan anda berbulan madu. Seperti festival seni, upacara adat, dan konser musik biasanya menjadi salah satu acara lokal yang wajib jika anda berbulan madu di Bali.

Anda juga bisa mencatat acara lokal apa yang seru dan bisa memberikan tantangan saat honeymoon. Jangan lupa untuk mencari tahu juga kuliner khas daerah tersebut. Rasakan kenikmatan kuliner daerah asli destinasi bulan madu Anda.

Honeymoon Package at Jannata Resort and Spa Ubud, Rp 2.682.000,- ; Beli di sini

7. Periksa Kondisi Cuaca

Hal lainnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui sebelum melakukan liburan seru adalah masalah cuaca. Terdengar klise, namun ini memang penting.

Anda tentu tidak ingin bulan madu nanti menjadi sia-sia lantaran cuaca yang sedang tidak menentu. Maka dari itu, rencanakan waktu bulan madu berdasarkan perkiraan cuaca dan musim di tempat anda akan berbulan madu.

Setidaknya anda perlu berusaha menyamakan situasi dan kondisi yang terbaik untuk bulan madu.

8. Membawa Uang Tunai

Terakhir, anda perlu juga mencari tahu tempat menukar uang pecahan sebelum berangkat bulan madu. Jangan lupa untuk memperhitungkan kurs antar mata uang negara yang akan anda kunjungi.

Ingatlah selalu untuk tidak menyimpan uang hanya di satu tempat tertentu. Sehingga jika terjadi apa-apa, anda setidaknya masih memiliki uang cadangan.

 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi