Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Ini Dia 10 Makanan Pembentuk Otot Terbaik

Oleh: Asmaraku Shop | 3 menit membaca


 

Proses pembentukan otot tidak hanya bergantung pada intensitas latihan saja. Akan tetapi, gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga memiliki peran penting untuk meningkatkan massa otot. Topik soal gizi dan nutrisi penting untuk membentuk otot ini kerap kali terabaikan karena dianggap rumit. Padahal, Anda perlu tahu bahwa nutrisi cukup berkontribusi untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Berikut ini adalah daftar makanan pembentuk otot yang dapat menunjang usaha Anda dalam meningkatkan kekuatan serta massa otot:

  • Daging Sapi Tanpa Lemak

Tahukah Anda bahwa 1 porsi daging sapi (85 gram) mengandung 154 kalori dan 10 nutrisi penting termasuk zat besi, seng, dan vitamin B? Semua nutrisi dalam daging sapi itu penting untuk mendukung proses pembentukan otot. Bahkan, yang paling penting adalah daging sapi menyediakan protein berkualitas tinggi. Asam amino dari daging sapi akan bekerja sama dengan insulin untuk membantu pertumbuhan otot.

  • Ayam Tanpa Kulit

Setali tiga uang dengan daging sapi, daging ayam tanpa kulit juga merupakan sumber protein yang cukup baik. Apabila Anda sedang dalam proses pemeliharaan berat badan, daging ayam tanpa kulit merupakan pilihan makanan yang tepat. Namun, perhatikan cara memasak daging ayam ini. Jika sedang dalam masa diet atau proses pembentukan otot, konsumsi daging ayam dengan cara direbus, kukus, atau panggang.

  • Keju

Tak banyak yang mengetahui bahwa keju mengandun protein kasein murni. Protein kasein adalah protein yang lambat dicerna sehingga ideal untuk pembentukan otot. Keju juga merupakan sumber vitamin dan gizi yang baik. Kandungan nutrisi dalam keju antara lain adalah vitamin B12, kalsium, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Namun, ingatlah untuk selalu membeli keju yang rendah lemak.

  • Telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi, 9 asam amino esensial, kolin, dan vitamin D. Salah satu makanan pembentuk otot ini juga dapat diperoleh secara mudah dengan harga yang ekonomis. Tapi untuk mendapatkankan hasil yang lebih maksimal, hanya konsumsi putihnya saja.

  • Whey Protein

Susu whey protein adalah suplemen yang paling populer di dunia binaraga. Pasalnya, susu whey protein menyediakan asupan protein yang tepat dengan harga terjangkau. Selain itu, susu whey protein juga memiliki rasa yang nikmat sehingga nyaman untuk dikonsumsi. Meskipun telah banyak dikonsumsi oleh binaragawan, susu whey protein bukanlah satu-satunya sumber protein terbaik. Anda harus memperoleh asupan protein lain dari makanan padat.

  • Ikan Tuna

Tuna merupakan ikan yang kaya protein dan asam lemak omega-3. Ikan rendah lemak jenuh ini mengandung asam lemak omega-3 yang dianggap penting untuk proses pembentukan otot. Selain itu, asam lemak omega-3 juga mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

  • Oatmeal

Apabila Anda sedang dalam proses pembentukan otot, oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang ideal untuk Anda. Pasalnya, kandungan indeks glikemik oatmeal sangat rendah. Sekedar informasi, diet rendah indeks glikemik dapat memberikan manfaat, seperti mempertahankan rasa kenyang dengan menekan rasa lapar.

  • Gandum Utuh

Gandum utuh dapat dicerna secara lebih efisien oleh tubuh. Disamping itu, gandum utuh mengandung beberapa nutrisi penting dan diklaim dapat meningkatkan energi tubuh.

  • Buah dan Sayuran

Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan penting untuk bantu memeliharan sistem kekebalan tubuh Anda. Keduanya menyediakan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Bahkan, buah dan sayur mengandung serat yang berfungsi untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh.

  • Lemak Sehat

Tidak semua lemak harus dihindari. Karena lemak sehat justru dibutuhkan untuk proses pembentukan otot. Contoh lemak sehat ialah lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Anda bisa memperoleh asupan lemak sehat dari makanan, seperti ikan salmon, kacang-kacangan, sayuran berdaun, alpukat, minyak biji rami, dan biji-bijian. Beberapa makanan yang mengandung lemak baik umumnya kaya omega-3 dan asam lemak omega-6.

Nah, apakah Anda sudah cek daftar makanan pembentuk otot di atas? Jika Anda sedang dalam proses membentuk atau meningkatkan massa otot, 10 makanan ini sangat baik Anda konsumsi sehari-hari.

 

Artikel Terkait

10 Makanan Sumber Protein yang Ada Disekitar Kita

4 Makanan Ini Sumber Whey Protein Terbaik



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com