7 Tips Buat Sperma Lebih Sehat

Selain faktor hubungan intim, sperma yang sehat juga sangat berpengaruh sebagai cara cepat hamil. Untuk mendapatkannya, selain menjalani pola hidup sehat, ada beberapa trik lain yang bisa Anda lakukan di rumah lho. 

7 Tips Buat Sperma Lebih Sehat

SEBAGIAN besar pasangan tentu ingin memiliki momongan setelah menikah. Karena hal itu tak mengherankan para pasangan akan mencari cara cepat hami untuk segera menimang buah hati.

Namun disadari atau tidak, selain melakukan hubungan intim dengan intensitas yang cukup, faktor fertilitas seperti kesuburan pria juga memegang peranan yang sangat penting.

Karena itu sebagai cara cepat hamil, sperma yang sehat sangat dibutuhkan dalam pembuahan. Bagaimana agar sperma Anda para pria lebih sehat? Berikut 7 cara membuat sperma lebih sehat dilansir dari Healthline. 

1. Menurunkan berat badan agar lebih ideal

Menurut sejumlah penelitian, penurunan berat badan dapat secara signifikan meningkatkan volume air sperma, konsentrasi, mobilitas, dan cara buat sperma lebih sehat secara keseluruhan.

Jadi, jika Anda bisa menurunkan berat badan meskipun hanya beberapa ons akan sangat membantu sebagai cara cepat hamil. Konsultasikan dengan dokter untuk merancang program penurunan berat badan yang tepat karena hal ini bisa berbeda-beda pada tubuh setiap orang.

Madu Eury-X Pasak Bumi, Rp 52.900,- ; Beli di sini

2. Berolahraga

Bila Anda sulit menurunkan berat badan, cobalah tetap menjalani gaya hidup sehat yang bisa meningkatkan jumlah sperma. Sebuah studi menemukan bahwa latihan angkat besi dan olahraga di luar rumah dapat membantu kesehatan sperma dibandingkan olah raga lain.

Sebagai contoh, Anda bisa melakukan olahraga lari atau jalan-jalan pagi sembari menghirup udara segar. Berolahraga di luar rumah dapat menurunkan kadar hormon stres (kortisol) sekaligus mendapatkan vitamin D dari cahaya sinar matahari yang masih hangat.

Jadi jika ingin sperma jauh lebih sehat, jangan lupa masukkan beberapa jenis olahraga tersebut dalam rutinitas harian Anda. Imbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi dan seimbang. 

3. Suplemen kesehatan

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu pergerakan sperma laki-laki. Jumlah sperma tertentu dapat terkonsentasi dan bergerak lebih efisien untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Konsumsi suplemen kesehatan, termasuk vitamin C, D, E dan CoQ10 penting untuk kesehatan sperma.

Baca juga: Guys 7 Kebiasan Ini Bisa Merusak Sperma Lho

4. Hindari minuman beralkohol

Jumlah sperma yang rendah dan tidak berkualitas juga banyak dikaitkan dengan kaum laki-laki yang sering mengonsumsi minuman beralkohol setiap hari. Selain itu, menghisap rokok atau tembakau dan penggunaan narkoba ilegal termasuk kokain dan steroid anabolik.

5. Segera membersihkan diri jika terpapar radiasi tertentu

Para pekerja di rumah sakit atau laboratorium yang sering terpapar jenis radiasi tertentu sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter bila mengalami masalah kesuburan.

Gantilah pakaian dan segera mandi untuk membersihkan diri dari paparan logam, pestisida, pelarut, cat pelarut, dan sebagainya.

HPAI Truson, Rp 110.000,- ; Beli di sini

6. Menghindari pekerjaan terlalu berat

Selain paparan sinar radiasi, bekerja terlalu keras atau terlalu berat dan banyak bergerak juga mempengaruhi jumlah sperma. Sebagai contoh, para atlet sepeda, sebagian mengeluhkan kadar sperma yang rendah. Bersepeda lebih dari 5 jam per minggu dikaitkan dengan kadar sperma yang sedikit.

7. Jangan memakai celana terlalu ketat dan panas

Menjaga sperma dalam suhu yang ideal akan memungkinkan aliran udara ke kantung zakar. Sehingga dapat membantu menumbuhkan lingkungan yang tepat agar sperma lebih sehat.

Pilih celana yang berbahan katun daripada bahan sintetis. Hal ini dapat menjaga suhu dan kesehatan sperma dalam jangka panjang.

Itu tadi 7 cara buat sperma lebih sehat yang bisa Anda coba di rumah. Ingat tidak hanya sebagai cara cepat hamil, sperma yang sehat juga menandakan kualitas organ reproduksi Anda. Selamat mencoba. 

Sumber:

7 Tips for Healthy Sperm. https://www.healthline.com/health/fertility/how-to-increase-sperm-count. Dilansir dari 3 Juli 2018.

Kembali ke blog

1 komentar

good article, easy to understand and very interesting to read. I also found an article with a similar discussion. you can visit the link below http://news.unair.ac.id/2021/02/08/pengembangan-program-evaluasi-sperma-menggunakan-casa-hasil-penelitian-dosen-kesehatan-dan-teknik-vokasi-unair/

rafio

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait