Advertisement
Advertisement

7 Tanda Bahwa Anda Harus Makan Walau Sedang Berdiet

 

Sebagian besar orang dan mungkin Anda salah satunya, beranggapan bahwa alasan gagal diet adalah mengonsumsi banyak makanan. Sehingga, Anda memutuskan untuk mengurangi konsumsi makanan dalam sehari. Tanpa Anda sadari hal tersebut merupakan kesalahan dalam berdiet yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

7 Tanda Bahwa Anda Harus Makan Walau Sedang Berdiet

KEBANYAKAN orang memutuskan untuk diet dengan alasan ingin mendapatkan tubuh yang cantik dan memulai hidup lebih sehat. Salah satu cara yang sering dilakukan dalam berdiet adalah mengurangi konsumsi makanan.

Hal itu bukanlah pilihan yang tepat jika Anda memutuskan untuk diet. Tips diet yang dapat dilakukan adalah tidak mengurangi konsumsi makan karena makan bukanlah hal yang dilarang saat berdiet. Berikut 7 tanda bahwa Anda harus makan walau saat sedang berdiet:

1. Memikirkan makanan sepanjang hari

Apakah Anda tidak dapat fokus mengerjakan pekerjaan sepanjang hari karena memikirkan menu makanan untuk makan siang dan makan malam? Hal itu merupakan salah satu gejala bahwa Anda kekurangan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Tips diet yang dapat dilakukan adalah makan secukupnya dan diimbangi dengan mengonsumsi cemilan sehat yang mengandung protein dan serat, misalnya buah mengonsumsi cemilan sehat dapat menambah asupan nutrisi untuk metabolisme tubuh sehingga Anda dapat fokus mengerjakan pekerjaan tanpa merasa lapar atau memikirkan menu makan untuk makan siang dan makan malam.

Baca juga: 9 Cara Menurunan Berat Badan dengan Clean Eating

2. Mengurangi makan dan sering jajan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa salah satu alasan gagal diet adalah sarapan dan makan malam. Sehingga Anda memutuskan tidak sarapan atau hanya makan sekali sehari dengan alasan sedang melakukan diet dan mengabaikan makan malam dan cenderung makan dari jajanan atau cemilan. Tanpa Anda sadari, mengurangi makan dan jajan dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi sehingga menghambat proses metabolisme.

Jumlah nutrisi yang masuk dalam tubuh lebih kecil dibandingkan energi yang dikeluarkan sepanjang hari jika Anda tidak sarapan atau hanya makan sekali dalam sehari. Makan rutin tiga kali dalam sehari dengan jumlah nutrisi yang cukup merupakan pilihan diet yang tepat tanpa harus mengorbankan kesehatan tubuh dan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Aturan Sarapan Dalam Program Diet

3. Terlambat Menstruasi

Jika Anda melakukan diet sehat, maka siklus menstruasi Anda tidak akan mengalami perubahan yang signifikan. Jika Anda melakukan kesalahan dalam berdiet seperti mengurangi asupan nutrisi setiap harinya, hal tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur, sering terlambat, atau bahkan Anda tidak akan menstruasi dalam jangka waktu yang lama. Anda sebaiknya melakukan diet yang sehat tanpa perlu mengurangi asupan nutrisi makanan yang dapat mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh.

4. Sering sakit kepala

Apakah Anda sering merasa sakit kepala secara tiba-tba saat bekerja? Hal itu disebabkan aliran darah menuju otak terhambat karena kurangnya nutrisi dalam tubuh. Salah satu gejala lainnya saat Anda mulai mengurangi makan saat diet adalah penyakit darah rendah dan mata berkunang-kunang.

5. Mudah mengantuk

Kurang makan dapat menyebabkan Anda mudah lelah dan mengantuk. Hal tersebut disebabkan oleh kurangannya energi untuk beraktivitas sehingga peredaran darah ke otak menjadi tidak lancar. Sebaiknya, imbangi diet sehat dengan olahraga tanpa mengurangi jumlah asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

6. Mudah marah

Apakah Anda bertransformasi menjadi seseorang yang mudah marah saat menunggu waktu istirahat yang terlalu lama? Hal tersebut bisa disebabkan karena Anda merasa lapar dan kekurangan energi selama melakukan aktivitas sepanjang hari. Jumlah energi yang dikeluarkan lebih besar daripada jumlah asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh sehingga Anda tidak dapat mengendalikan diri dengan baik. Diet ketat hanya dapat merusak tubuh dan mengganggu aktivitas Anda. Makan dan olahraga yang cukup merupakan pilihan bijak untuk melakukan diet.

7. Tidak pernah kenyang

Mengurangi jumlah asupan nutrisi pada saat makan siang atau makan malam akan membuat perut Anda terasa kosong dan selalu merasa lapar. Anda boleh mengurangi jumlah makanan tetapi bukan mengurangi jumlah nutrisi makanan. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh yaitu karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak.

Tips diet yang bijak adalah mengatur pola makan, olahraga yang cukup, istirahat yang cukup, dan diimbangi dengan mengonsumsi suplemen penambah energi. Jika Anda memutuskan untuk melakukan diet maka Anda telah memutuskan untuk memulai hidup sehat untuk mencegah terjangkitnya penyakit bukan menyiksa tubuh.

Baca juga: 5 Mitos Diet yang Salah

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi