Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Tanda Anda Perlu Mengonsumsi Suplemen Kesehatan

Terkadang kita tak sadar bahwa kita kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak jarang kita mengabaikan gejala-gejala seperti BAB tidak lancar, rambut rontok atau sekadar pegal-pegal. Bisa jadi Anda perlu mengonsumsi suplemen kesehatan.

7 Tanda Anda Perlu Mengonsumsi Suplemen Kesehatan

CARA terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral dan antioksidan yang cukup adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal tersebut memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa 1 dari 10 orang kekurangan asupan vitamin. Apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen kesehatan? Jawabannya tricky. Keputusan untuk memakan suplemen tambahan kadang membingungkan karena ada yang butuh dan ada yang tidak. Tentu saja cara paling bijak adalah dengan berkonsultasi dengan dokter apakah Anda butuh suplemen tambahan atau tidak namun jika Anda mengalami 7 tanda ini mungkin Anda perlu mengonsumsinya.

 

Rambut dan kuku Anda rapuh

Anda bisa jadi kekurangan biotin. Biotin dapat ditemukan pada makanan-makanan sehat seperti berikut; gandum utuh, telur, produk susu dan protein yang terdapat pada ikan salmon atau ayam.

Jika Anda mengalami radang pada kulit, iritasi, mengelupas atau mendapati rambut Anda semakin tipis, kusam dan rapuh Anda mungkin kurang asupan biotin. Ciri lain Anda kekurangan biotin adalah rambut yang gampang rontok dan kuku jari mudah patah atau rapuh. Batas konsumsi biotin perharinya adalah 30 mikrogram.

Baca Juga: Deteksi Masalah Kesehatan Melalui Kondisi Kuku 

 

Buang air besar tidak lancar

Sulit BAB atau tidak lancar adalah tanda Anda kekurangan niacin. Kekurangan pellagra atau niacin bisa menyebabkan efek samping yang tidak nyaman. Efek samping yang bisa dirasakan dari mulai luka pada usus sampai gejala gastrointenstial seperti konstipasi, diare, mual dan muntah-muntah. “Niacin berperan agar tubuh kita berfungsi dengan baik. Niacin bisa memicu kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat, mampu mengurangi pembekuan pembuluh darah.” Ujar Kristine Arthur, M.D, dari Orange Coast Memorial Medical Centre di California.

Makanan sehat kaya akan niocin bisa didapatkan dari daging merah, ikan-ikanan, telur, kacang, sayuran hijau dan roti dan sereal kaya serat. Batas konsumsi niacin adalah sekitar 14 sampai 18 miligram per harinya.

 

Anda sedang dalam masa kehamilan

Jika Anda sedang mengandung Anda pastinya memerlukan folat. Folat bisa ditemukan pada sayuran berwarna hijau tua seperti bayam atau brokoli, buncis dan kacang-kacangan.

Anda sebenarnya bisa mendapatkan folat dari makanan sehat yang Anda konsumsi sehari-hari namun untuk ibu hamil membutuhkan asam folat. Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat. Fungsi vitamin ibu hamil khususnya asam folat adalah mencegah masalah serius pada janin yaitu cacat tabung saraf pada saraf tulang belakang dan otak. Vitamin ibu hamil ini bisa dikonsumsi dengan batas 400 mikrogram setiap harinya namun lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Baca Juga: Jenis Vitamin Ibu Hamil Apakah yang Penting Dikonsumsi?

 

Anda gampang memar

Jika Anda gampang memar, Anda mungkin kekurangan vitamin C. Anda bisa dapatkan vitamin C pada buah sitrus, pepaya, paprika berwarna kuning, kale dan stroberi. Batas konsumsi vitamin c yang aman adalah 60 miligram per hari.

Vitamin C perlu dikonsumsi karena tubuh kita tidak memproduksinya secara alami sehingga umum jika orang bisa kekurangan vitamin C. Vitamin C ini juga vitamin untuk daya tahan tubuh. “Vitamin C adalah antioksidan yang penting yang membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang datang dari polusi udara, asap rokok, dan ultraviolet dari matahari.” Ungkap Sherry Ross “ Fungsi vitamin C ini juga membantu sistem imun bekerja lebih baik agar melindungi tubuh dari penyakit.” Lanjutnya.

Kekurangan vitamin C ini bisa dilihat dari kulit yang tampak kemerahan atau keunguan karena memar, ini karena pembuluh darah yang berada di dekat permukaan kulit lemah dan bisa pecah dan terjadi kebocoran sel darah merah.

 

Mata merah

Orang yang kekurangan vitamin B12 atau riboflavin sering menunjukan gejala mata yang merah. Kekurangan vitamin B12 sering ditemukan pada orang yang melakukan diet ekstrem atau orang yang kekurangan berat badan. Fungsi vitamin B12 selain sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh, Vitamin B12 juga bagus untuk pertumbuhan dan untuk mengurai karbohidrat, protein dan lemak.

Anda bisa menemukan vitamin B12 pada makanan sehat seperti susu, daging merah, telur, kacang, ikan, dan sayuran hijau yang berdaun. Konsumsi Vitamin B12 sebanyak 1,2 miligram per harinya.

 

Anda merasa pegal yang tidak biasa

Jika Anda kekurangan kalsium, tulang Anda akan rapuh dan Anda akan merasa kekurangan energi. Dapatkan kalsium pada susu, yogurt, almond, buncis dan sayuran hijau tua.

Anda dianjurkan untuk mendapatkan kalsium sebanyak-banyaknya, anjuran konsumsi kalsium pada wanita umur 50 tahun ke bawah adalah 1000 miligram per hari dan 1200 miligram untuk wanita diatas 50 tahun.

Baca Juga: Tingkatkan Sistem Imun dalam 7 Hari! 

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi