FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Rahasia Keramas Agar Rambut Tetap Sehat

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau merupakan keinginan semua orang, terutama bagi para wanita. Tapi, tak sedikit juga wanita yang belum mengetahui tata cara merawat rambut dengan benar untuk menghasilkan rambut sehat berkilau.

7 Rahasia Keramas Agar Rambut Tetap Sehat

RAMBUT merupakan salah satu daya tarik yang tak tergantikan bagi seorang wanita. Tak heran, banyak orang yang menginginkan beragam model rambut, hanya untuk menarik perhatian dan menambah rasa percaya diri saat bersosialisasi dengan orang lain.

Tidak hanya di sisi fashion, rambut juga memegang peranan penting dalam gaya hidup. Saking pentingnya, tak jarang wanita mengeluarkan kocek cukup dalam untuk merawat rambutnya. Mulai dari perawatan seperti styling, creambath, sampai mencuci rambut atau keramas. 

Untuk keramas, kegiatan ini mungkin sudah jadi hal rutin yang dilakukan agar rambut senantiasa bersih dan sehat. Ini mungkin dianggap sebagai hal yang sepele, namun, beberapa orang ternyata melakukan hal ini dengan cara yang salah.

Nah, apakah Anda sudah yakin telah mencuci rambut dengan cara yang benar? Untuk memastikannya, simak selengkapnya di sini. 

1. Jangan Gunakan Sampo Terlalu Banyak

Untuk keramas, hal utama yang harus dilakukan adalah mengenal tipe rambut dan kulit kepala karena tipe rambut yang berminyak, kering atau lembab memiliki perbedaan perawatan.

Kebanyakan orang menggunakan sampo langsung pada helai rambut dari bagian tengah sampai bawah. Padahal, para ahli mengatakan jika keramas dengan langsung meletakan sampo pada kulit kepala lebih efektif karena disitulah tempat kotoran terkumpul.

Sebaliknya, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak sampo di bagian ujung rambut karena itu bisa menyebabkan kekeringan.

2. Hindari Penggunaan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat cukup menyegarkan tubuh, Namun jika digunakan untuk mencuci rambut akan menimbulkan efek buruk pada kulit dan rambut. Karena air panas atau hangat bisa menghilangkan minyak esensial dari rambut yang bisa menyebabkan rambut kering, kusut hingga mudah rontok.

Dapatkan Rausch Avodaco Colour Protecting Shampoo - 200ml dengan harga Rp 375.000,- Beli di sini

3. Pijat Rambut dengan Benar

Kebanyakan wanita tidak mengetahui cara memijat rambut dengan benar saat keramas. Cara gampang sekali! Mulailah dari bagian bawah kemudian ke atas sambil memijat kepala dengan gerakan pijat keluar. Tujuan memijat rambut saat keramas tak lain untuk memperlancar aliran darah di kepala dan tidak merusak akar rambut Anda.

4. Jangan Terlalu Sering Keramas

Salah satu cara yang cenderung dapat merusak rambut adalah terlalu sering mencuci rambut atau keramas. Karena penggunaan sampo terlalu banyak akan membuat rambut Anda menjadi kering.

Mencuci rambut bisa Anda lakukan dua kali dalam seminggu untuk menjaga rambut tetap sehat. Atau, jika Anda memiliki aktivitas yang sangat padat di luar ruangan, cuci rambut setidaknya dua kali sehari. 

Baca juga: Tips Merawat Rambut Berwarna

5. Segera Bilas Rambut Setelah Keramas

Apabila Anda keramas, ada baiknya untuk mendiamkan rambut selama 1-2 menit, kemudian bilas sampai bersih. Selama membilas, pastikan Anda tidak mengenai rambut dengan air lebih dari 10 menit karena hal ini dapat membersihkan minyak esensial dari rambut.

6. Pemakaian Kondisioner Rambut

Untuk membuat rambut lebih halus, biasanya wanita yang menggunakan kondisioner rambut setelah keramas dan mendiamkannya selama 3 menit. Padahal Anda dapat mengubah rutinitas tersebut apabila menginginkan rambut yang lebih sehat berkilau dan lebih bervolume.

Caranya sangat mudah, yakni dengan membalik urutan keramas dan memakai kondisioner. Anda dapat menggunakan kondisioner terlebih dahulu, kemudian bilas, lalu cuci rambut dengan sampo.

Anda juga bisa menggunakan beberapa minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun setelah keramas untuk membuat rambut sehat berkilau dan tentunya menjaga kelembaban rambut.

Dapatkan Palmer's Instant Conditioner Tube - 250ml dengan harga Rp 106.000,- Beli di sini

7. Pengeringan Rambut

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat saat mencuci rambut adalah mengeringkannya menggunakan hair dryer dengan level panas tinggi yang dapat merusak rambut atau menggosoknya dengan handuk untuk mengeringkannya.

Ketika menggosok rambut dengan handuk, secara otomatis Anda menarik rambut dan merusak akar dan ujung rambut. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah dengan menepuk-nepukkan handuk pada rambut Anda.


Dari tips rahasia rambut indah diatas, kini Anda sudah memahami cara keramas yang benar untuk menciptakan rambut sehat dan berkilau. Selamat Mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

1 komentar

  • Teromakasih info sehat cantiknya, sangat manfaat

    Umi Kalsum on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi