FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet

Informasi kategori kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Dalam melakukan diet, masih banyak orang yang berpikir jika mengurangi porsi makan saja sudah cukup. Padahal untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan, Anda juga harus menghindari beberapa makanan selama diet. 

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet

OBESITAS atau berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Selain itu, berat badan yang over juga dapat membuat penampilan jadi kurang maksimal.

Semakin besar ukuran badan Anda, tentu saja akan sulit menemukan pakaian yang pas. Nah jika sudah demikian, itu tandanya Anda harus mulai berubah dan menurunkan berat badan untuk memiliki tubuh sehat dan bugar. 

Namun, tidak hanya sekedar mengurangi porsi makan dan berolahraga, agar berat badan Anda kembali ideal ada beberapa pantangan makanan yang harus dipatuhi.

Apa saja makanan yang harus dihindari saat diet? Berikut jawabannya:

 

1. Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Bukankah kentang adalah sumber karbohidrat yang baik untuk mengganti nasi putih saat diet? Ya, kentang memang pengganti nasi putih yang baik. Akan tetapi, yang dimaksud adalah kentang rebus, bukan kentang goreng atau keripik kentang.

Meskipun bentuknya tipis dan sekilas tidak bisa menambah berat badan, perlu Anda ketahui bahwa french fries dan potato chips termasuk makanan yang tinggi kalori. Karena hal itu diet Anda tidak akan berhasil jika masih menyantap kentang goreng dan keripik kentang.

Jadi jika ingin memiliki berat badan yang diinginkan, mulai sekarang coba ganti keripik kentang Anda dengan kentang rebus tawar yang lebih sehat dan rendah kalori ya.

2. Minuman Manis

Apakah Anda termasuk salah seorang yang gemar mengonsumsi minuman manis? Jika ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, jauhi berbagai minuman manis yang tinggi kalori. Minuman manis yang dimaksud di sini bukan hanya minuman kemasan atau minuman bersoda saja, tetapi juga termasuk teh manis dan kopi yang ditambahkan dengan gula.

Jika ingin konsisten terhadap diet yang Anda lakukan, jauhi segala macam minuman manis dan konsumsi saja minuman yang tawar alias tanpa gula atau pemanis tambahan. Lebih baik lagi jika Anda mengganti segala minuman manis dengan memperbanyak konsumsi air mineral agar tetap sehat dan kulit lebih segar.

Mustika Ratu Kaplet Susut Perut, Rp 23.700,- ; Beli di sini

3. Roti

Maksud hati ingin mengurangi konsumsi nasi putih dengan menyantap roti, tetapi nyatanya roti termasuk dalam pantangan makan saat diet. Pasalnya, roti mengandung gluten dan kalori yang sangat tinggi.

Jadi, apabila Anda ingin benar-benar menghindari makanan yang dapat meningkatkan berat badan, sebaiknya hentikan juga kebiasaan menyantap roti gandum. Hal tersebut dikarenakan roti gandum juga mengandung gluten.

4. Permen

Permen yang biasa dimakan untuk menghilangkan bau napas atau sekedar rutinitas setelah makan ternyata bisa menjadi makanan yang menggagalkan usaha diet Anda lho. Meskipun sekilas terlihat kecil namun permen dapat menghalangi Anda memperoleh tubuh sehat dan bugar.

Jangan disepelekan, permen alias kembang gula rupanya mengandung kalori yang sangat tinggi. Oleh karena itu, Anda memang harus menghindari konsumsi permen jika memang berniat untuk diet.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Mulai Diet? 

5. Jus Buah Kemasan

Apakah Anda berpikir bawah jus buah kemasan yang dijual di supermarket benar-benar bisa membantu saat melakukan diet sehat? Jika Anda berpikir demikian, maka perlu diketahui bahwa jus dalam kemasan sama saja dengan minuman bersoda atau minuman manis lainnya yang tinggi gula dan kalori.

Sekilas jus dalam kemasan memang terlihat sehat dan praktis. Namun siapa sangka minuman tersebut bisa mengagalkan diet Anda. Jadi apabila Anda ingin mengonsumsi jus buah, sebaiknya buat sendiri dari buah-buahan segar dan jangan menambahkan gula, susu, atau pemanis buatan.

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol mengandung lebih banyak kalori yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Jenis minuman beralkohol yang paling banyak mengandung kalori adalah bir. Itulah sebabnya mengapa orang yang mengonsumsi minuman beralkohol memiliki perut yang lebih buncit.

Saat diet, minuman beralkohol merupakan pantangan bagi Anda. Apalagi jika Anda ingin memiliki tubuh sehat dan bugar maka cobalah membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Madu Langsing, Rp 70.000,- ; Beli di sini

7. Makanan Cepat Saji

Siapa yang tidak suka fast food? Selain cepat, makanan cepat saji juga menawarkan citarasa yang sangat lezat. Sayangnya, makanan cepat saji seperti fried chicken, pizza, dan burger mengandung natrium yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu makanan cepat saji umumnya juga mengandung banyak garam sehingga kombinasi garam, lemak, dan gula akan membuat Anda gemuk. Belum lagi ada tambahan bahan pengawet atau daging olahan di makanan cepat saji. Jadi, hindari makanan cepat saji jenis apapun ketika Anda sedang diet.

 

Itu tadi 7 makanan yang harus Anda hindari saat diet. Agar mendapat berat badan yang ideal, cobalah mengendalikan diri untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu jangan hanya mengindari makanan tersebut saat diet tapi jadikan gaya hidup agar Anda selalu sehat. Selamat mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

1 komentar

  • Good jods. …

    Yannis lic on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi