Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering

Oleh: Dewi Maharani IR | 4 menit membaca


Kulit kering adalah kondisi umum dimana kulit mengalami kekurangan cairan di lapisan terluar kulit. Bagian tubuh yang paling sering mengalami kulit kering adalah lengan, kaki, dan tangan. Kulit kering bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, bergantung pada kondisi kesehatan, lama waktu di ruangan terbuka, usia serta tempat tinggal. Orang-orang dengan usia lanjut juga rentan mengalami kulit kering.

7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering

ADA beberapa penyebab kulit menjadi kering, salah satunya adalah faktor genetik atau keturunan. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya juga seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu, infeksi jamur kulit yang parah, kurang minum air putih yang menyebabkan kulit kering dan dehidrasi. Meskipun memakai best skin care, terkadang kulit kering masih saja tetap terjadi dan bisa memberikan konsekuensi serius bagi kulit. “Mengelupas, iritas, dan kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini semua disebabkan oleh kulit kering kronis,” kata Annie Chiu, M.D., seorang dokter kulit di The Derm Institute.

Kabar baiknya adalah Anda bisa mengidentifikasi apa yang membuat kulit kering dan mengatasi kulit kering. Di sini, Chiu menjelaskan tujuh alasan mengapa kulit menjadi kering.

 

Kamar Anda Tidak Skin-Friendly

Saat tidur, suhu tubuh Anda meningkat yang menyebabkan peningkatan penguapan air dari kulit (dikenal sebagai kehilangan air trans-epidermal), menyebabkan kulit berpotensi kering,” kata Chiu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menguapkan air ke wajah Anda dan kamar tidur Anda. Gunakan humidifier dan pelembab untuk kulit kering seperti Neutrogena Hydro Boost Water Gel.

 

Parfum Anda Mengiritasi

Ada kemungkinan bahwa parfum favorit Anda yang memiliki bau yang sempurna, tapi ternyata efeknya pada kulit buruk. Senyawa kimia yang terdapat di dalam parfum seringkali membuat kondisi kulit kering menjadi lebih parah. Sehingga penting bagi Anda untuk mencari parfum dengan formula pelembap seperti madu dan vanilla. Atau, Anda bisa juga mencoba parfum oil-based yang menggunakan bean-based butters seperti kakao dan sehat untuk hidrasi kulit ekstra dan mengatasi kulit kering menjadi lebih halus.

 

Your Showers are too Hot

Saat mandi, mungkin Anda lebih sering memakai air panas. Padahal, terlalu sering mandi dengan air panas bisa memicu kulit menjadi kering. “Air panas mungkin membuat Anda rileks (menenangkan), tetapi itu hanya akan memperburuk kulit kering,” tutur Chiu. Air panas bisa merusak lapisan minyak atas epidermis yang akan membuat kulit kering. Anda bisa membatasi mandi selama 10 menit sehari dengan suhu air medium.

 

You’ve Been in Chlorine

Berenang di pagi hari memang cara yang bagus untuk bersantai dan mendapatkan beberapa exerecise, tapi faktanya klorin yang melindungi Anda dari kuman juga bisa berubah menjadi merusak kulit Anda (dan menyebabkan kondisi kulit tidak terduga). Untuk itulah, sebelum Anda menyelam, sebaiknya gunakan pelembab. Gunakan lotion ekstra pelembab untuk kulit kering sebelum masuk ke dalam kolam sehingga dapat melindungi kulit Anda.

 

Anda Memiliki Gen Dryness

Apabila ashy patches tidak akan pergi, terkadang genetika lah yang harus disalahkan. Chiu mengatakan bahwa beberapa orang lahir dengan sel-sel kulit yang tidak memiliki cukup protein yang tidak dapat melembabkan kulit dengan baik. Apabila Anda termasuk ke dalam kategori ini, tidak perlu khawatir. Anda bisa membantu mencari pelembab untuk kulit kering yang tepat, yang membantu membangun serta melindungi kulit ekstra.

 

Anda Memakai Anti-Aging Treatments

Tentu, kita semua ingin terlihat awet muda, tapi tahukah Anda kalau ternyata produk anti-aging bisa memicu kulit menjadi kering. Bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya seperti retinol, glycolic acid, salicylic acid, dan benzoyl perixodes akan meningkatkan sel-sel yang malah membuat kulit menjadi kering. “Solusinya adalah dengan melapisi produk tersebut dengan pelembap sebagai perawatan kulit kering,” tukas Chiu.

 

Your Sink Spouts Hard Water

Kita tahu bahwa air yang terlalu panas is a no-go, tapi air yang juga terlalu keras – H20 yang mengandung mineral tinggi dapat menanggalkan minyak alami yang ada pada kulit. Jika hal ini terjadi, Anda bisa menambahkan filter air ke wastafel untuk menanggalkan penumpukan mineral dan menikmati air yang bersih dan lebih lembut.

 

Nah itu dia 7 hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Mulai sekarang Anda tahu bahwa perawatan kulit kering itu sebenarnya mudah kan? Perawatan kulit kering sebenarnya sederhana, namun membutuhkan konsistensi. Salah satunya adalah dengan mengubah beberapa kebiasaan hidup. Hindarilah panas atau terpapar sinar UV secara langsung dalam waktu lama. Cukupi juga kebutuhan cairan setiap harinya. Apabila Anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan, seperti eksim atau dermatitis, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Memiliki kulit yang kering memang tentunya mengganggu. Kulit tampak bersisik dan kusam yang dapat mengganggu penampilan. Sehingga, banyak wanita yang mencari cara untuk bisa mengatasi kulit kering ini, mulai dari memakai pelembap untuk kulit kering dan lain sebagainya. Jadi, jangan khawatir lagi dengan kulit kering, karena sekarang Anda sudah tahu apa saja hal-hal yang memicunya dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Ladies!

 



Sebelumnya: Ini 7 Alasan Cedera Nyeri Otot Anda Tak Kunjung Membaik Selanjutnya: 5 Gerakan Mudah untuk Mengecilkan Perut Buncit


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_krim lotion tubuh wanita, Beli Body Butter, Beli Body Butter Body Lotion, Beli body butter dan body lotion, Beli Body Lotion, Beli kategori_wanita, Beli wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com