Advertisement
Advertisement

7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Agar segera punya momongan, tak cukup bagi pasangan untuk rutin melakukan hubungan intim saja. Para suami khususnya juga perlu tahu bagaimana cara alami meningkatkan kualitas sperma.

7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma


SEBUAH data statistik menunjukkan jika 50% pasangan yang berusaha punya anak bisa langsung hamil setelah 2-3 bulan mencoba, sedangkan 85% baru berhasil dalam kurun waktu 1 tahun. Dan kualitas sperma ternyata jadi penentu mengapa 40% pasangan kesulitan punya anak.

Jika Anda dan pasangan sedang berusaha punya momongan, namun belum berhasil juga, maka tak ada salahnya mempraktekkan cara alami meningkatkan kualitas sperma. Toh pada kebanyakan kasus, metode alami ini bisa memberikan perubahan signifikan pada kualitas sperma, meski mungkin butuh waktu sedikitnya 120 hari untuk menikmati hasilnya.

Baca juga: Posisi Seks Terbaik Agar Cepat Hamil

Tidak susah juga kok jika ingin meningkatkan kesuburan. Kunci utamanya hanyalah dengan menjalani pola hidup sesehat mungkin. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips meningkatkan kualitas sperma dengan hidup sehat. 

1. Mengonsumsi makanan sumber zinc

Zinc merupakan mineral yang penting untuk kesuburan pria. Tak hanya menyehatkan testis, mineral yang terdapat dalam bayam, biji labu, daging sapi atau kambing tersebut juga baik untuk jumlah, motilitas (pergerakan), serta bentuk sperma.

2. Tak cukup hanya asam omega-3 saja

Setiap sel dalam tubuh, termasuk sel sperma, rata-rata terdiri dari 50% lemak dan 50% protein. Oleh karenanya, minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan sperma.

Kesehatan sperma sangat tergantung dari seberapa tinggi asam lemak esensial yang penting untuk membuat membran sel sperma. Namun, asam lemak tersebut mudah sekali rusak oleh kebiasaan buruk sehingga membuat sperma rentan terserang radikal bebas. Dan gaya hidup tak sehat yang dapat memicu stres oksidatif adalah merokok, alkohol, lingkungan sarat zat kimia, dll.

Nah bila tubuh tak mendapatkan asupan antioksidan yang cukup untuk menangkal radikal bebas, maka asam lemak esensial yang tadinya berguna bisa berubah menjadi pedang bermata dua sehingga malah menurunkan kesuburan pria.

Solusi untuk hal ini adalah dengan mengombinasikan konsumsi asam lemak omega-3 dan makanan sumber antioksidan (buah dan sayur) setiap harinya.

Dapatkan Joy Box Cepat Hamil dengan harga Rp 99.000,- Beli di sini

3. Tetap sejuk

Sebisa mungkin, jangan biarkan testikel kegerahan. Caranya bermacam-macam, misalnya dengan mengenakan celana pendek boxer yang jauh lebih baik ketimbang model briefs.

Di samping itu, hindari langsung duduk di atas kursi mobil yang masih panas (usai terjemur lama di bawah sinar matahari). Jangan pula terlalu sering berendam air panas, sauna, atau spa. Dan berhentilah duduk sambil menyilangkan atau merapatkan kaki.

Riset menunjukkan kalau posisi ini bisa meremas testis dalam jangka waktu lama sehingga merusak saraf dan mengganggu kelancaran sirkulasi darah. Ini membuat area keintiman mati rasa sehingga tak hanya menyebabkan infertilitas, namun juga disfungsi ereksi. Tentunya Anda tak ingin mengalaminya kan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan terkasih?!

Jadi kalau pekerjaan menuntut Anda duduk dalam jangka waktu lama, maka pastikan untuk sering-sering berdiri dan berjalan keliling agar organ kemaluan tetap sejuk.

4. Sebisa mungkin, hindari penggunaan bahan plastik

Bicara soal kesuburan pria, bahan plastik memiliki dampak negatif terhadap kualitas sperma. Plastik dapat menyebabkan kadar hormon tidak seimbang, yakni dengan menurunkan produksi testosteron. Berkurangnya testosteron ini tak hanya menyebabkan jumlah sperma turun, namun juga membuatnya jadi abnormal.

Dengan kata lain, jika jumlah testosteron berkurang, maka gairah seksual Anda saat berada di atas ranjang pun juga ikut menurun. 

Solusinya adalah hindari penggunaan bahan plastik sebisa mungkin, apakah itu botol air minum, tempat makan, makanan yang dibungkus plastik, atau lainnya. Lebih baik gunakan bahan kaca atau keramik.

Baca juga: 9 Fakta Menakjubkan Tentang Sperma

5. Hati-hati saat meletakkan ponsel

Cara meningkatkan kualitas sperma berikutnya adalah dengan memerhatikan benar dimana Anda menyimpan gadget atau gawai. Jika biasanya kantong celana bagian depan adalah tempat favorit Anda, maka ubahlah itu dari sekarang.

Sel sperma sangat sensitif terhadap jenis radiasi apapun. Jadi untuk meningkatkan kesuburan, lebih baik Anda menghindari segala bentuk radiasi.

Untuk menyiasatinya, taruh gadget atau barang elektronik Anda di ransel, atau jika berada  di rumah, letakan jauh dari kasur seperti meja. Momen tidur mungkin merupakan satu-satunya kesempatan Anda agar benar-benar dapat terhindar dari segala bentuk radiasi.

Dapatkan Tongli Kapsul dengan harga Rp 85.000,- Beli di sini

6. Minimkan kontak dengan bahan kimia

Toksin tak hanya berdampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun juga dapat membunuh atau merusak sperma hingga ke titik paling parah (selain infertilitas, juga bisa menyebabkan keguguran berulang).

Karena lingkungan sekitar sudah sarat toksin berbahaya, maka upaya terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penggunaan bahan kimia, mulai dari produk pembersih rumah, pestisida, cat, bahan bangunan, logam berat, dll.

Saat harus bersentuhan dengan bahan kimia, gunakan perlengkapan pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk meminimalisir paparannya.

7.Jaga pola makan dan gaya hidup

Kurangi atau jika mungkin, hindari sama sekali junk food, rokok, alkohol, kafein, maupun gula. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan segar dan bukan hasil pemrosesan (makanan kemasan) setiap harinya. Semakin sehat pola makan dan gaya hidup, maka kian optimal pula kesuburan Anda. 

Jika Anda merasa sulit menjalani pola makan dan gaya hidup sehat seperti di atas, coba ingat kembali motivasi memiliki momongan bersama pasangan. Percayalah kualitas sperma yang baik akan berdampak baik pula pada calon janin kelak. 

Meski mungkin masih banyak cara meningkatkan kualitas sperma lainnya, namun 7 poin yang kami sampaikan di atas adalah pilarnya. Terapkan itu secara rutin kalau kesuburan meningkat secara alami.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi