FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[INTERNSHIP] Tertarik Berkarya di Dunia E-Commerce? Join AsmaraKu Now! Mau gabung
Advertisement
Advertisement

6 Trik Tetap Bugar di Atas Usia 40 Tahun

Umur 40 ke atas merupakan usia yang krusial karena saat itulah Anda mulai merasakan perubahan fisik dan penurunan kesehatan. Tidak boleh dibiarkan, Anda harus selalu menjaga tubuh sehat dan bugar agar kesehatan tetap terjaga dan tidak mudah sakit. 

6 Trik Tetap Bugar di Atas Usia 40 Tahun

WALAUPUN Anda bukan seorang atlet namun menjaga tubuh ketika menginjak usia 40 ke atas merupakan sebuah keharusan. Aktivitas olahraga seperi lari, bersepeda, bermain sepak bola, bermain tenis, dan berenang harus masuk ke dalam aktivitas sehari-hari.

Jika kondisi memungkinkan, maka berolahragalah lebih keras dari biasanya selama beberapa minggu agar tubuh bugar dan sehat saat menginjak umur 40. Untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menggunakan suplemen kesehatan.

Aktivitas fisik juga bisa membantu Anda untuk menjaga waktu tidur tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Faktanya, saat menginjak usia lanjut Anda akan mengalami kesulitan untuk tidur sehingga akan sulit memenuhi waktu tidur 7 sampai 8 jam per hari.

Namun jangan khawatir, imbangi hal tersebut dengan 6 trik tetap buga di usia 40 tahun ke atas berikut ini: 

1. Fokus ke tujuan utama

Saat Anda memasuki usia 40 maka langkah pertama adalah menentukan tujuan secara spesifik dalam menjaga kesehatan fisik. Hal ini dilakukan supaya suplemen kesehatan dan olahraga yang Anda lakukan tepat sasaran.

Misalnya Anda ingin menjaga kesehatan agar berat badan tetap ideal di atas usia 40, dari sini Anda akan tahu bahwa olahraga yang harus dilakukan adalah olahraga kardio seperti jogging dan bersepda.

Namun jika tujuan Anda untuk membentuk otot tubuh maka olahraga yang harus dilakukan adalah angkat beban. Dengan melakukan olahraga sesuai dengan tujuan maka Anda dapat menghemat uang dan waktu.

2. Berikan jeda kepada tubuh

Saat menjalani rutinitas olahraga dalam jangka waktu panjang, maka Anda harus memberikan jeda kepada tubuh untuk memberikan rileksasi. Bila Anda menjalani olahraga gym atau angkat beban maka meditasi dan yoga merupakan pengisi masa jeda yang tepat.

Meski pun bisa memberikan waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh, yoga dan meditasi juga tetap memberikan gerakan yang cukup sehingga tubuh dapat tetap bugar.

Sari Kulit Manggis, Rp 60.000,- ; Beli di sini

3. Atur ritme berolahraga

Banyak orang beranggapan bahwa intensitas olahraga yang tinggi merupakan opsi terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh ketika menginjak umur di atas 40 tahun. Tidak heran jika beberapa orang kemudian mendorong diri mereka sendiri untuk melakukan olahraga yang intens.

Sesungguhnya anggapan ini tidak semuanya keliru tapi juga tidak sepenuhnya benar. Olahraga dengan intensitas tinggi memang dapat menjaga kebugaran tubuh, terutama ketika menginjak umur di atas 40.

Namun ada hal yang lebih penting lagi yaitu ritme dan porsi dalam berolahraga untuk menjaga tubuh tidak kolaps. Dari 100 % olahraga yang Anda lakukan, maka 80% di antaranya merupakan olahraga dengan intensitas tinggi dan 20%-nya lagi memiliki intensitas yang rendah.

Kemudian aturlah ritme antara keduanya. Jika hari ini merupakan bagian dari olahraga dengan intensitas rendah maka jangan sekali-kali melakukan olahraga berat.

4. Susun pola makan

Ada banyak informasi tentang makanan sehat yang dapat Anda konsumsi mulai dari buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan. Semua makanan itu baik untuk dikonsumsi bila Anda ingin menjaga kesehatan tubuh di atas umur 40.

Namun jika tujuan Anda adalah mempertahankan massa otot, maka tambahkan jenis makanan yang mengandung protein ke dalam menu harian. Seorang ahli nutrisi bernama dr Asker Jeukendrup, Ph.D. mengatakan dengan menambahkan protein ke dalam asupan sehari-hari Anda dapat menurunkan indeks glikemik.

Baca juga: Workout Terbaik untuk Membakar Lemak

5. Belajar hal baru

Menantang tubuh Anda setiap hari merupakan hal yang paling efisien untuk menjaga kebugaran. Agar hasilnya lebih maksimal, tantang tubuh Anda dengan hal yang baru setiap harinya.

Tiap kali menerima aktivitas baru maka tubuh akan membentuk sel otot baru. Ketika tubuh terus menerus melakukan aktivitas baru maka perkembangan sel dan massa otot akan tetap terjaga saat Anda memasuki umur 40 ke atas.

Sea Quill Pureway C Extravit, Rp 102.000,- ; Beli di sini

6. Jangan Terbebani oleh Olahraga

Mungkin ini adalah hal yang paling penting bila Anda ingin memiliki tubuh bugar saat menginjak umur 40 tahun ke atas. Dengan menganggap olahraga sebagai beban maka Anda sudah menanamkan pola pikir buruk ke dalam tubuh.

Karena itu tidak mengherankan jika setiap kali Anda akan melakukan olahraga maka tubuh dan pikiran akan menolaknya. Kalau pun berhasil mendorong diri untuk berolahraga Anda tidak akan menikmatinya sehingga manfaat yang didapatkan pun tidak maksimal.

Oleh karena itu tanamkan kepada diri Anda kalau olahraga itu merupakan sebuah rutinitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan untuk Anda laukan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi