FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Perubahan Aneh Selama Kehamilan Ini Ternyata Wajar, Ladies

Perut yang membesar, payudara yang membengkak, hingga mood swing, dialami hampir setiap calon ibu yang sedang mengandung.  Banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil, mulai dari yang dianggap normal hingga yang dianggap hal aneh saat hamil.

MOMEN kehamilan adalah salah satu saat yang yang tidak terlupakan bagi setiap wanita. Perubahan tubuh ibu hamil jelas banyak terjadi, tetapi tahukah Anda bahwa selama masa kehamilan, ternyata banyak juga hal aneh saat hamil?

1. Perubahan suara

Kehamilan menyebabkan peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi hampir semua bagian tubuh wanita, termasuk kapasitas paru-paru, kontrol otot, dan peningkatan cairan tubuh.

Semua perubahan ini dapat mengakibatkan pembengkakan pita suara yang memicu perubahan suara terhadap wanita hamil. Umumnya, wanita hamil akan lebih sulit mencapai nada vokal yang tinggi, tetapi bisa mengeluarkan nada suara yang rendah.

Perubahan tubuh ibu hamil lainnya juga memengaruhi pembuluh darah yang rentan mengalami robek. Jadi, sebaiknya selama hamil, ibu hamil menghindari bernyanyi dengan lagu-lagu karaoke favorit dengan nada yang terlalu tinggi.

2. Pelonggaran tulang

Hal aneh saat hamil lainnya yang dialami calon ibu adalah pelonggaran tulang. Hal ini merupakan kondisi alami yang dipersiapkan tubuh dalam menghadapi persalinan trimester terakhir. Tubuh ibu hamil akan melepaskan hormon yang disebut “relaxin”.

Sekresi hormon ini menstimulasi pemisahan tulang kemaluan di bagian tengah, yang memungkinkan otot rahim menjadi lebih longgar dan mengendurkan tulang rawan agar tubuh bisa lebih mudah mengeluarkan kepala janin saat persalinan.

Hanya saja, sekresi hormon ini juga memengaruhi tubuh ibu yang lain, yaitu sendi dan tulang punggung. Itulah sebabnya, mengapa ibu hamil kerap mengeluhkan nyeri sendi dan punggung.

3. Kabut otak

Banyak wanita hamil melaporkan lebih sulit mengingat atau kehilangan memori dalam jangka pendek yang disebut “baby brain”. Para ahli masih belum pasti mengenai penyebab kabut otak.

Tetapi, sejumlah teori menyebutkan bahwa wanita hamil mengalami perubahan prioritas yang berbeda dalam mengatur tingkat hormon tubuh, sehingga penggunaan area otak tertentu seperti mengenali ekspresi wajah akan lebih intens agar ibu bisa menjalin ikatan dengan janin.

4. Tubuh “membengkak”

Selama perubahan tubuh ibu hamil, bukan hanya perut Anda yang bertambah besar. Umumnya, wanita hamil akan mengalami “pembengkakan” di seluruh tubuh. Hal ini  disebabkan oleh peningkatan cairan yang disimpan oleh tubuh.

Pembesaran tubuh ini juga bisa dipicu oleh peningkatan progesteron yang menyebabkan otot-otot halus agar lebih rileks. Sementara itu, di bagian saluran pencernaan, tubuh akan memperlambat saluran pencernaan demi memastikan nutrisi diekstraksi dengan baik agar lebih mudah diserap oleh janin yang sedang berkembang.

Dari proses ini, calon ibu menjadi lebih mudah buang gas, bersendawa atau kembung.

5. Tumbuh bulu halus

Pertumbuhan rambut atau bulu-bulu halus di bagian tubuh yang tidak biasa merupakan hal aneh saat hamil yang bisa muncul.  Banyak wanita hamil yang mengaku mengalami pertumbuhan rambut atau bulu-bulu halus terutama di area seperti wajah, dada, perut dan lengan.

Tak perlu panik berlebihan, karena semua terjadi karena perubahan hormon dari rahim dan tali pusat bayi. Seiring waktu, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya terutama setelah persalinan.

Bonusnya, mahkota kepala untuk wanita hamil diketahui akan terlihat tumbuh semakin tebal, bervolume dan tampak lebih bercahaya dari biasanya.

Baca juga: 5 Penyebab Peningkatan Pertumbuhan Rambut pada Masa Kehamilan

6. Miss V Membiru

Mungkin terdengar aneh, namun beberapa wanita benar-benar mengalami hal ini. Jangan khawatir, ini juga salah satu hal aneh saat hamil yang sebenarnya normal.

Vagina yang membiru disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan bisa mulai timbul pada 6 minggu pertama masa kehamilan. Tenang saja, warna Miss V akan kembali normal setelah persalinan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi