Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

6 Makanan Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit!

Oleh: Dewi Maharani IR | 4 menit membaca


Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Perut buncit ini tidak hanya dialami oleh orang-orang yang kelebihan berat badan saja, tapi orang-orang dengan berat badan ideal pun, seringkali memiliki perut yang buncit. Makanan tinggi lemak menjadi penyebab utama lemak perut yang berlebihan. Kandungan lemak di dalam makanan yang tidak tercerna dengan cepat akhirnya disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

6 Makanan Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit!

BANYAK orang yang pastinya merasa terganggu dengan perut buncit yang mereka miliki. Oleh karena itulah, mereka mencari cara mengecilkan perut. Padahal sebenarnya, penyebab perut buncit itu berasal dari makanan dan minuman yang tanpa kita sadari. Penasaran apa saja sih makanan dan minuman yang bisa menyebabkan lemak perut berlebih? Berikut ulasannnya.

Baca Juga: Konsumsi 4 Makanan Ini Untuk Mengecilkan Perut Buncit 

 

Sugar free gum

Ada dua alasan utama mengapa permen karet bebas gula, khususnya, dapat menyebabkan sakit perut dan kembung, kata Ashvini Mashru, R.D., pengarang Small Steps to Slim. "Yang pertama adalah bahwa Anda menelan banyak udara saat mengunyah permen karet," katanya. "Tapi yang kedua, dan bisa dibilang alasan utama, adalah adanya gula alkohol. Gula alkohol, yang merupakan bentuk karbohidrat yang sangat tidak baik untuk dicerna, adalah penyebab umum sakit perut, terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. "

Setelah di saluran usus, alkohol gula akan bertemu bakteri yang memfermentasikan itu, melepaskan gas, yang menyebabkan kembung, kram, nyeri, atau diare. Hal ini mirip dengan apa yang terjadi saat lactose intolerant memakan sesuatu dengan laktosa, kata Mashru.

 

Sparkling water

Berita buruk bagi semua pecandu La Croix.

"Saya pikir sebagian besar orang yang sadar bahwa soda manis memicu kembung," kata Cynthia Sass, R.D. dan pengarang Slim Down Now: Shed Pounds and Inches with Real Food, Real Fast. Akan tetapi, gelembung yang ada di dalam setiap sparkling drink juga menjadi faktornya. Bahkan tanpa pemanis apapun, bahwa gas berkarbonasi dapat mengembungkan perut Anda seperti balon.

Untuk melihat apakah ini adalah penyebabnya, Sass menyarankan Anda untuk mencoba makan makanan yang sama atau makanan ringan dengan flat water, kemudian dengan sparkling, dan bandingkan bagaimana rasanya.

 

Bawang putih

Bawang putih adalah contoh makanan FODMAPs (yang merupakan singkatan fermentable oligo-saccharides, di-saccharides, mono-saccharides, and polyols), yang merupakan kelompok makanan yang buruk diserap dari saluran pencernaan ke dalam darah, atau tidak bisa diserap sama sekali. Karena penyerapan mereka sangat sedikit, mereka menyeret air ke usus dan mendapatkan fermentasi dari bakteri, yang membangun gas di dalam usus.

Menurut Sass, beberapa orang lebih sensitif terhadap FODMAPs daripada yang lain. Jadi, lain kali saat Anda makan dengan bawang putih, lihat dan rasakan bagaimana rasanya.

 

Popcorn

Makanan lain yang ternyata menjadi penyebab perut buncit adalah popcorn. Kok bisa?

"Popcorn dapat menyebabkan kembung hanya karena volumenya," kata Sass. "Satu porsi, sekitar tiga sampai empat cangkir, ukuran tiga sampai empat bola tenis. Bahwa sebagian besar bungkus popcorn itu mengandung karbohidrat yang sama seperti dalam satu irisan roti, tapi itu akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda, yang dapat menyebabkan perut Anda tampak lebih buncit sementara waktu.”

 

Large salads

Salad mungkin seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melakukan diet sehat. Eits, tapi apabila salad dikonsumsi secara berlebihan maka efeknya di sini akan menjadi dua kali lipat, kata Sass. Pertama, ada volume; seperti popcorn, large salads akan mengambil lebih banyak ruang di dalam perut Anda, dan karena itu memperluas lebih dari compact meal- bahkan apabila Anda memiliki lebih sedikit kalori. Masalah lain adalah bahwa beberapa sayuran mengandung FODMAPs, termasuk kubis, jamur, dan bawang. Jika Anda memiliki IBS, makan semangkuk salad besar bisa membuat perut Anda kembung, so be careful!

 

BLACK COFFEE

Terakhir, yang bisa membuat perut Anda tampak buncit adalah kopi hitam. Jelas, jika Anda adalah seorang laktosa intoleran, Anda tahu bahwa menambahkan krim atau susu untuk kopi Anda akan membuat perut Anda kembung. Tapi kopi hitam dapat memicu kembung dengan sendirinya, kata Sass.

"Karena itu asam, jika Anda memiliki perut sensitif, kopi dapat memicu terjadinya iritasi dan menyebabkan pembengkakan dengan cepat" katanya. "Jika Anda menambahkan gula atau pemanis buatan, maka efeknya bisa menjadi lebih buruk lagi."

 

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan makanan dan minuman apa yang bisa membuat perut menjadi buncit. Meskipun makanan tersebut menyebabkan kembung, bukan berarti Anda harus menghindarinya dan menganggapnya sebagai musuh. Kuncinya adalah batasi konsumsinya agar tidak berlebihan sehingga tidak memicu perut buncit. Anda juga bisa melakukan diet sehat untuk mencegah perut buncit yang dapat menganggu penampilan.

Bacaa Juga: Workout Terbaik Untuk Bakar Lemak  

 



Sebelumnya: 5 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat Selanjutnya: Waspada! Ini Penyebab Darah Haid Terlalu Banyak


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_obat pelangsing, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli krim pelangsing, Beli obat pelangsing, Beli obat pelangsing minum, Beli suplemen pelangsing, Beli suplemen pelangsing minum

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com