Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Jadi yang pertama untuk mencoba ONE® - The Next Generation Condoms. Beli Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Keunggulan Menstrual Cup Ini Bikin Anda Tak Ragu Lagi untuk Mencobanya

Haid di tengah padatnya aktivitas terkadang terasa menyiksa. Banyaknya darah yang keluar ketika datang bulan terkadang membuat kita harus terus berganti pembalut.

SELAIN menggunakan pembalut, ternyata ada banyak langkah yang kita bisa jadikan alternatif pengganti pembalut. Selain tampon, saat ini juga hadir menstrual cup.

Bentuknya yang seperti corong penyangga membuat menstrual cup memiliki kapasitas penampungan yang cukup besar dan memiliki keunggulan lainnya.

Lalu apa yang menjadi keuntungan menstrual cup digunakan ketika haid? Dan juga apa kerugian dari menggunakan menstrual cup? Berikut ini penjelasan keuntungan dalam penggunaan menstrual cup.

1.Lebih Ekonomis

Keuntungan menstrual cup yang dapat Anda rasakan adalah menghemat biaya. Anda hanya membutuhkan satu mestrual cup yang dapat digunakan lebih dari satu kali, tidak seperti pembalut yang hanya bisa digunakan sekali pemakaian.

2.Ramah Lingkungan

Alternatif lain untuk menampuh darah haid ini terbuat dari silicon yang sudah berstandar ramah lingkungan secara medis. Teksturnya yang lembut serta fleksibel membuat menstrual cup dapat dimasukan ke dalam vagina dan menampung produksi darah yang keluar ketika haid dengan jumlah yang banyak.

3.Menampung Lebih Banyak Darah yang Keluar Ketika Menstruasi

Dibandingkan penggunaan pembalut, penggunaan menstruasi cup lebih banyak menampung darah yang keluar ketika menstruasi. Jika tampon bisa menampung sekitar sepertiga ons darah yang keluar ketika menstruasi, maka menstruasi cup bisa menampung sekitar satu hingga dua ons darah yang keluar ketika menstruasi.

4.Bisa Berhubungan seks Meski Sedang Menstruasi

Berbeda dengan penampung menstruasi lainnya, meski sedang menstruasi, Anda tetap dapat melakukan hubungan seks ketika sedang menstruasi. Bahan yang digunakan untuk pembuatan menstrual cup sangat elastis karena terbuat dari silikon yang lembut sehingga tetap nyaman ketika melakukan hubungan seks.

5.Lebih Aman Daripada Penggunaan Tampon

Penggunaan menstrual cup lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan tampon karena memiliki risiko sindrom syok toksik yang lebih rendah. Selain itu, penggunaan menstruasi cup juga mengurangi kemungkinan lecet ataupun ruam yang dapat dialami sekitar daerah kemaluan.

6.Lebih Higienis

Penggunaan menstrual cup ketika menstruasi dapat dikatakan higienis, namun hal ini kembali lagi pada bagaimana cara Anda membersihkan menstrual cup yang sudah terpakai.

Baca Juga : Baru Coba Pakai Menstrual Cup? Ini 10 Langkah Mudahnya!

 

Selain memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaan menstrual cup, ada beberapa kerugian dalam penggunaan menstrual cup yang dapat menjadi pertimbangan ketika menggunakannya. Adapun kerugian menstrual cup bila digunakan ketika menstruasi antara lain :

 

1.Iritasi

Apabila tidak digunakan dengan aturan yang benar, penggunaan menstrual cup ini dapat membuat iritasi. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan sesuai dengan aturan yang benar dan juga membiasakan untuk cuci tangan sebelum menggunakan menstrual cup agar lebih steril

2.Membersihkan Menstrual Cup Lebih Rumit daripada Pembalut

Jika Anda tidak perlu melakukan pembersihan yang kompleks ketika menggunakan pembalut, maka berbeda halnya dengan penggunaan menstrual cup.

Menstrual cup dapat digunakan lebih dari satu kali, maka ketika Anda akan menggunakan secara berulang maka Anda perlu membersihkannya.

Jika pembalut menyerap darah yang keluar, maka menstrual cup menampung darah layaknya air yang ditampung dalam sebuah kantung plastik. Maka Anda perlu membuangnya ke dalam kloset.

3.Sulit Menemukan Menstrual Cup yang Tepat

Tidak semua mesntruasi cup memiliki ukuran yang pas untuk semua orang. Jadi kemungkinan menstruasi cup yang ada gunakan ukurannya tidak pas untuk Anda. Maka dari itu, Anda mungkin harus mencoba beberapa merek menstruasi cup yang kira-kira pas untuk Anda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi