FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Kesalahan dalam Merawat Kulit yang Paling Sering Dilakukan

Apakah Anda merasa perawatan kulit yang Anda lakukan tidak memberikan hasil yang signifikan meski Anda pikir Anda sudah melakukannya dengan benar? Bisa jadi, Anda justru melakukan kesalahan yang paling umum dalam merawat kulit, lho.

PERNAHKAH Anda berpikir bahwa ternyata perawatan kulit yang selama ini Anda lakukan di rumah keliru? Anda mungkin berpikir, kenapa merawat kulit bisa sangat rumit? Bukankah Anda sudah mencuci wajah sebanyak 2x sehari?

Tak semudah itu! Detail kecil dalam merawat kecantikan kulit, bisa berpengaruh terhadap hasil dalam jangka panjang lebih dari yang Anda pikirkan.

Berikut kami jabarkan kesalahan paling umum yang sering dilakukan dalam merawat kulit, dan bagaimana cara merawat kulit yang benar

1. Kebanyakan menggunakan tisu basah untuk wajah

Menggunakan tisu basah untuk wajah bisa membuat garis-garis halus atau keriput lebih tampak jika Anda menggunakannya secara berlebihan dan menggosokkan wajah Anda terlalu kencang dengan tisu basah itu.

Tisu basah untuk wajah memang praktis untuk membersihkan make-up Anda, namun sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi darurat. Misalnya, saat Anda sudah terlalu lelah untuk membersihkan wajah di wastafel.

Tisu wajah jauh lebih baik daripada tidak membersihkan riasan sama sekali. Cara membersihkan wajah yang tepat adalah salah satu cara merawat kulit paling penting untuk kulit yang jernih dan sehat, terutama jika Anda memakai make-up seharian.

Jika Anda tidak membersihkannya dengan benar, make-up dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berminyak atau bahkan berjerawat.

Pilihlah produk pembersih wajah dengan bahan yang lembut dan efektif membersihkan kulit sekaligus mencerahkan kulit Anda.

2. Tidak menggunakan suhu air yang tepat

Jika Anda berpikir bahwa kulit berminyak akan teratasi dengan air panas, eits... tunggu dulu! Anda salah besar. Cara ini adalah cara merawat kulit yang paling sering disangka benar.

Nyatanya, air panas dapat menyebabkan iritasi, kulit kering, bahkan pembuluh darah pecah. Air dingin pun bisa sama efek buruknya jika terlalu dingin.

Maka dari itu, disarankan agar menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 34 derajat celcius atau "hangat kuku". Dengan begitu, wajah akan semakin bersih dan hasilnya bisa terlihat optimal.

3. Tidak menghapus riasan sebelum berolahraga

Sedang bersiap untuk olahraga? Atau pergi ke kelas Zumba? Pastikan Anda tidak mengenakan make-up, atau bersihkan terlebih dahulu make-up wajah Anda.

Meskipun Anda ingin terlihat cantik dan mempesona selama sesi latihan, tetapi mengenakan riasan saat berolahraga bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan kulit.

Partikel kecil dari maskara, eyeliner, atau eyeshadow bisa masuk ke dalam rongga mata. Benar-benar tidak nyaman, bukan?

Selain itu, semua kotoran, riasan dan keringat dapat terperangkap di dalam pori-pori kulit. Ini akan menciptakan masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, dan iritasi.

Jadi, sebelum berolahraga, luangkan waktu sejenak untuk mencuci wajah hingga bersih. Ini akan membuat kulit Anda tampak lebih segar dan mulus.

4. Terlalu cepat saat mencuci muka

Anggaplah mencuci wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri Anda. Jadi, ini sama sekali bukan sebuah “tugas” yang harus cepat-cepat diselesaikan.

Jika Anda mencintai diri sendiri sama seperti saat memanjakan diri di tempat spa, maka wajah juga layak diberi perawatan secara intensif.

Sediakan waktu beberapa menit untuk membersihkan wajah, scrubbing, lulur, memakai masker, dan memijat wajah dengan lembut. Pastikan juga untuk memerhatikan bagian sekitar pelipis, dahi, leher dan permukaan wajah.

Jika Anda sering melewatkan bagian-bagian ini karena mencuci muka dengan sangat cepat, bisa jadi masih banyak kotoran yang tertinggal. Inilah yang mungkin menjadi penyebab mengapa selama ini wajah Anda tampak kurang cerah atau terlihat warna kulit tidak merata.

5. Anda tidak memeriksa bahan-bahannya

Memeriksa bahan-bahan yang harus dihindari dalam make-up dan skincare memang tidak mudah, terutama jika Anda bukan ahli kimia atau bahkan kesulitan untuk bisa menyebutkan nama bahannya. Lalu, bagaimana Anda bisa mengingat bahan mana yang harus dihindari?

Ada berbagai jenis bahan dan komposisi kosmetik di luar sana. Salah satu bahan yang paling umum dihindari adalah paraben.

Menurut beberapa ahli, paraben adalah bahan kimia (methylparaben, propylparaben, butylparaben, dan ethylparaben) yang digunakan sebagai pengawet di hampir semua produk perawatan kulit.

Sebagai contoh seperti: shampo, make-up, pembersih, lotion, dan masih banyak lagi. Paraben telah sering dikaitkan dengan penyakit kronis, bahkan kanker payudara. Menurut penelitian, paraben merupakan salah satu penyebab kanker karena bisa mengganggu hormon.

6. Terlalu sering melakukan eksfoliasi atau tidak sama sekali

Eksfoliasi atau scrubbing yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, peradangan, bahkan infeksi.

Tapi, eksfoliasi kulit yang dilakukan dengan tepat justru akan mengangkat kulit mati dan memperlihatkan kulit yang lebih bersih, cerah dan mulus, sekaligus mencegah pori-pori tersumbat kotoran yang lebih rentan munculnya jerawat.

Selain itu, eksfoliasi membuat kulit lebih mudah menyerap berbagai jenis produk kecantikan seperti serum dan pelembab, karena semua sel kulit mati telah diangkat. Ini juga membantu proses peremajaan kulit.

Setelah Anda mulai pengelupasan kulit, hasilnya seringkali cepat dan dapat dilihat seketika. Hasil yang langsung dapat Anda lihat antara lain komedo dan jerawat yang berkurang, tekstur kulit lebih halus dan warna kulit merata, dan yang terpenting, wajah tampak lebih segar dan bercahaya.

Tapi, tidak semua produk scrubbing atau eskfoliator dibuat serupa. Lakukan eksperimen untuk menguji produk mana yang paling cocok untuk kulit Anda.  Eskfoliasi bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam seminggu.

Memiliki rutinitas perawatan kulit yang tepat sebenarnya tidak rumit. Dengan begitu banyak saran perawatan kulit, baik perawatan kulit kering maupun berminyak, banyak orang yang bingung dan mencari tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Patut diingat, meskipun jadwal dan aktivitas Anda padat, pastikan untuk tetap menerapkan langkah-langkah perawatan kulit yang terbaik demi kulit wajah sehat.

Memiliki rutinitas perawatan kulit yang konsisten akan membantu Anda memiliki kulit cantik yang Anda inginkan, karena kesehatan kulit Anda sangat berharga!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi