Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Mesra Berdua Sambil Staycation Mewah GRATIS! Beli Sutra min 50 ribu langsung dapat undiannya! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Tes Kehamilan

Saat ini alat tes kehamilan sudah banyak macamnya namun untuk memilih mana yang akan Anda gunakan kadang membingungkan. Belum lagi Anda harus mencari tahu bagaimana cara kerjanya? Apa bedanya alat tes merk ini dengan merk yang itu? Bagaimana cara terbaik untuk melakukan tes kehamilan agar lebih akurat? Baca terus untuk mencari tahu.

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Tes Kehamilan

MUNGKIN ada berbagai macam alat tes kehamilan di pasaran tapi semua alat tes kehamilan yang menggunakan urin mengukur hormon yang disebut Human Chorionic Gonadotropin (HCG) atau Hormon Kehamilan.

HCG ada di tubuh Anda bahkan saat tidak sedang hamil tapi begitu janin muncul dan mulai tumbuh, kadar HCG dalam darah akan meningkat dan ini dapat terdeteksi lewat urin.

Kadar HCG untuk wanita yang tidak hamil adalah 5 mIU/ml atau kurang. Sedangkan untuk wanita yang hamil sekitar 3 minggu, kadar HCG antara 5 hingga 50 mIU/ml. Alat tes kehamilan akan menunjukkan tanda positif bila kadar HCG Anda mencapai angka 25 mIU/ml atau lebih.

Ada 6 hal yang perlu diketahui oleh setiap pasutri khususnya wanita mengenai alat tes kehamilan atau biasa dikenal dengan test pack.  

1. Lakukan pada pagi hari

Pernah berpikir mengapa petunjuk alat tes kehamilan menyarankan Anda untuk melakukan tes pada pagi hari? Itu karena tubuh sudah tertidur selama beberapa jam dan HCG memiliki kesempatan untuk terbentuk dan tersimpan di dalam urin.

Pada saat itulah urin lebih terkonsentrasi dengan HCG dan ketika dites, hasilnya kemungkinan besar akan lebih akurat. Namun, tes yang tersedia di pasaran saat ini jauh lebih sensitif daripada alat tes berdekade-dekade lalu.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari menjadi tidak terlalu penting dan Anda dapat melakukannya kapan pun. Pada dasarnya, untuk hasil terbaik, Anda disarankan untuk melakukannya di pagi hari tapi jangan stres bila tidak bisa melakukannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

2. Ingat, tes mahal tidak lebih akurat!

Dengan banyaknya macam alat tes kehamilan di pasaran, tentu mereka memiliki harga yang berbeda pula. Pertanyaannya, apakah test pack yang harganya lebih mahal itu juga lebih akurat dari yang harganya lebih murah? Jawabannya, tidak.

Alasannya, karena semua tes kehamilan mengukur hal yang sama dan pada ambang batas yang sama, yaitu 25 mIU/ml.

Meskipun beberapa tes mungkin memiliki ambang batas yang lebih rendah, pengujian dengan alat yang memiliki sensitivitas di bawah 25 mIU/ml meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan hasil "positif palsu".

Sebab, sejumlah kecil HCG (biasanya kurang dari 10 mIU/ml) ada di sistem Anda secara normal. Intinya adalah setiap tes akan mendeteksinya dan memberi hasil positif.

Baca juga: Bingung Pilih Alat Tes Kehamilan? Ini Tipsnya!

3. Dokter Anda mungkin melakukan jenis tes yang berbeda

Semua tes urin bersifat kualitatif. Artinya, mereka hanya menunjukkan adanya HCG dalam air seni setelah mencapai 25 mIU/ml. Namun, ada juga tes kuantitatif yang dilakukan dengan mengukur jumlah HCG dalam aliran darah seseorang.

Pada wanita yang berisiko mengalami keguguran atau komplikasi kehamilan lainnya, dokter mungkin menginginkan tes kualitatif untuk melihat apakah HCG meningkat saat kehamilan matang.

Baca juga: Berbagai Jenis Tes Kehamilan, Seberapa Akuratkah?

4. Kesehatan dapat mempengaruhi hasil tes Anda

Obat tertentu yang biasa digunakan untuk kesuburan memiliki HCG, seperti yang ada di dalam paket JOY BOX CEPAT HAMIL.

Obat tersebut juga berpotensi meningkatkan kadar HCG dalam urin hingga cukup untuk memberikan hasil positif pada test pack meskipun Anda tidak hamil.

Hal lain yang jarang terjadi dari hasil positif yang palsu ini adalah kelainan hipofisis atau tumor sel germinal , tumor di testis atau ovarium juga dapat menyebabkan peningkatan HCG.

Baca juga: 7 Tanda-tanda Kehamilan

5. Percaya pada tes

Semua orang melakukan tes kehamilan secara berulang kali, bahkan ketika sudah mendapat hasil yang positif, terkadang mereka tidak mempercayainya dan melakukan tes kehamilan lagi.

Beberapa orang akan melakukan tes sebanyak tiga kali dan kemudian datang ke dokter, lalu ke dokter lain untuk melakukan tes lagi.

Ingat, bahwa setiap dokter akan melakukan tes kehamilan yang sama. Pesan yang bisa diambil adalah "Jika positif dua kali, Anda hamil!

Jadi, itu dia 6 hal yang perlu Anda ketahui tentang tes kehamilan. Jangan pernah berpikir apabila test pack yang mahal jauh lebih akurat dibandingkan dengan produk yang dijual lebih murah.

Sebab, hal ini bukanlah jaminan keakuratan tes yang akan Anda lakukan. Selamat mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi