Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Promo FREE Delivery khusus di APP! Download
Advertisement
Advertisement

6 Hal yang Menyebabkan Pori Wajah Tersumbat

Wajah berminyak dan wajah kusam dapat menciptakan pori-pori besar yang sangat mengganggu penampilan. Namun selain itu, rupanya ada pula penyebabnya. Ini 6 hal mengejutkan yang menyebabkan pori wajah tersumbat dan akhirnya membesar!

Hal yang menyebabkan pori wajah tersumbat

PORI-PORI adalah hal pasti yang dimiliki setiap individu. Bagian tubuh ini berguna untuk mengeluarkan sisa proses pembakaran di tubuh dalam bentuk keringat. Namun, dalam beberapa kasus, pori-pori dapat menjadi masalah ketika tersumbat. Pori-pori yang tersumbat menjelma jadi pori-pori besar yang mengganggu penampilan. Wajah kusam dan wajah berminyak lebih berpotensi mengalami hal ini. Simak 6 hal di bawah ini yang membuat pori-pori tersumbat dan simak pula tips merawat wajah yang mampu meminimalisasi hal ini. 

 

1. Memencet Pori dan Jerawat

Gemas rasanya saat melihat komedo yang muncul dari pori-pori besar. Kita cenderung akan memencetnya agar komedo bisa enyah dari wajah sesegera mungkin. Namun, tahukah Anda? Perlakuan ini berefek tak baik dalam jangka panjang. Gerakan memencet pori dan jerawat dapat menyebabkan iritasi yang nantinya akan menciptakan pori-pori besar. Sentuhan antara tangan dan wajah pun dapat memicu transfer bakteri yang menyebabkan pori tersumbat. Tips merawat wajah untuk kasus satu ini ialah gunakan salicylic acid atau benzoyl peroxide spot untuk membersihkan wajah dan mengenyahkan komedo serta jerawat.

2. Terlalu Banyak Menyentuh Wajah

Pastinya banyak aktivitas yang tangan kita lakukan sepanjang hari. Bayangkan bakteri yang menempel di tangan. Bila kemudian kita terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan berbakteri itu, bakteri dan kuman akan berpindah. Efeknya, mulai dari wajah kusam, wajah berminyak, jerawat, hingga pori tersumbat dapat kita rasakan. Rajinlah menggunakan pembersih wajah untuk menyingkirkan kotoran yang menempel di wajah. Minta pula teman atau keluarga Anda untuk mengingatkan bila secara spontan Anda menyentuh wajah dan coba mengelupas jerawat yang sedang bersarang di sana. 

Baca Juga: 5 Ritual Wajib Perawatan Wajah Sebelum Tidur Agar Kulit Lebih Sehat 

 

3. Lupa Menghapus Riasan Wajah

Mengecilkan pori-pori wajah dapat dilakukan dengan rutin menggunakan pembersih wajah untuk menghapus riasan. Jangan biarkan riasan tinggal di wajah selama Anda tidur karena ini berarti membiarkan kotoran dan minyak tinggal dalam pori-pori Anda yang nantinya dapat membuatnya membesar. Bila malas menggunakan pembersih wajah, Anda dapat menggantinya dengan tisu basah khusus untuk kulit muka.

4. Menunda Pengelupasan Kulit

Perawatan pengelupasan kulit yang dilakukan di dermatologis dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Proses ini membantu mengenyahkan sel-sel kulit mati yang menimbun di muka. Proses ini juga menghapus kotoran dan minyak yang telah bersarang di wajah selama satu minggu. Lakukan proses ini satu hingga dua kali dalam satu minggu.

Baca Juga: Amankah Scrub Wajah Setiap Hari? 

 

5. Salah Menggunakan Produk Riasan Wajah

Menggunakan concealer sangat menggoda untuk menutupi jerawat. Sayangnya, produk ini justru dapat menutupi pori-pori dan menyumbatnya. Hindari produk-produk berbahan minyak dan lilin agar pori-pori tidak tertutup. Sebaliknya, gunakan produk berbahan dasar mineral yang cocok untuk jenis kulit apapun dan tidak membuat pori membesar.

6. Tidak Menggunakan Produk Pengecil Pori

Produk pengecil pori lebih ampuh daripada yang Anda pikirkan. Sebab, produk-produk ini biasanya mengandung bahan khusus yang dapat mengencangkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori wajah. Produk seperti krim retinol (yang bisa Anda dapat dari resep dokter) juga dapat membersihkan kotoran dari dalam pori sehingga pori bebas dari sumbatan. Mereka bekerja dengan mengangkat bakteri dan kotoran dari pori kemudian membuat pori mengecil.

Baca Juga: 7 Tips Untuk Menghemat Budget Perawatan Wajah 

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi