Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

6 Cara Perkaya Kopi Anda dengan Vitamin dan Antioksidan

Apakah Anda sering lupa mengonsumsi vitamin harian, namun tidak pernah lupa untuk menyeruput kopi pekat di pagi hari? Mengapa tidak gabungkan kedua hal tersebut menjadi satu?

MENAMBAHKAN beberapa bahan sebagai vitamin daya tahan tubuh, antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat ke dalam kopi Anda di pagi hari akan membuat kopi Anda lebih sehat dan bermakna.

Ternyata, manfaat minum kopi yang sudah diperkaya dengan vitamin dan antioksidan ini lebih baik bagi tubuh mulai dari meningkatkan mood, energi dan melindungi jantung Anda serta dapat menigkatkan kualitas seksualitas Anda dibanding hanya meminum kopi polos biasa.

Lalu, bahan-bahan apa saja yang bisa Anda tambahkan ke kopi Anda untuk memperkayanya dengan vitamin dan antioksidan?

1. Kayu manis

Taburkan kayu manis ke dalam secangkir kopi Anda untuk menambahkan manfaat kopi hitam Anda. Kayu manis memiliki dosis antioksidan yang kuat dan tentunya membuat rasa kopi Anda menjadi semakin lezat.

Kayu manis telah digunakan baik sebagai bumbu maupun obat selama ribuan tahun. Rempah-rempah ini kaya akan senyawa pelindung tubuh dan merupakan salah satu sumber antioksidan tertinggi di antara rempah-rempah lainnya.

Menurut sebuah studi, kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak dan jantung. Bahkan, pada studi terbaru, kayu manis juga dikatakan dapat meminimalisir resiko kanker dan meningkatkan sistem imun.

Penyajian:  tambahkan ½ sendok teh kayu manis ke dalam satu cangkir kopi, atau langsung giling kopi dengan kayu manis.

Tip: ada jenis kayu manis yang memilki manfaat lebih dari yang lainnya, yaitu Kayu manis Ceylon. Usahakan memakai jenis kayu manis ini untuk manfaat yang maksimal.

2. Jahe

Jika Anda hanya mengonsumsi jahe dalam bentuk kue atau roti, kemungkinan besar Anda telah kehilangan banyak manfaat dari jahe itu sendiri.

Nah, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari jahe adalah dengan menaburkannya ke dalam kopi Anda. Selain sehat, jahe juga akan menambah aroma hangat & pedas pada kopi Anda.

Jahe telah lazim digunakan untuk pengobatan selama berabad-abad. Jahe mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi. Jahe juga dapat mengurangi nyeri otot, menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.

Penyajian: tambahkan bubuk jahe atau jahe parut langsung ke kopi Anda sebanyak satu sendok teh saja untuk mendapatkan efek minum kopi yang optimal.

Tip: jika ada stok jahe di dalam kulkas, Anda bisa memarut dan membungkusnya tiap satu sendok teh dan masukkan ke dalam freezer. Selain praktis, nutrisinya juga akan terjaga.

3. Jamur

Kopi dan jamur? Yup, Anda tidak salah dengar. Ternyata minuman yang mengandung jamur memiliki beberapa manfaat yang mengejutan bagi kesehatan Anda seperti manfaat kopi hitam yang ditambahkan dengan jamur.

Jamur bersifat antivirus, antiinflamasi dan bisa digunakan sebagai vitamin daya tahan tubuh. Jamur sarat dengan antioksidan dan memiliki sifar antikanker.

Selain itu, jamur juga dapat memperlancar pencernaan karena probiotiknya yang kuat. Jika Anda tidak ingin yang praktis, saat ini banyak dijual kopi jamur yang beredar luas di pasar.

Penyajian: tambahkan 1 sendok teh bubuk jamur ke dalam kopi hitam Anda, atau langsung beli kopi yang mengandung jamur. Kopi jamur sudah banyak tersedia di pasaran, baik di kafe maupun yang dijual dalam kemasan.

Tip: tidak semua kopi jamur dibuat sama. Butuh lebih banyak energi? Cobalah kopi dengan jamur Cordyceps.

4. Kunyit

Anda pasti tidak asing dengan kunyit kan? Salah satu rempah khas yang membuat warna kuning. Kunyit kaya akan senyawa curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Antioksidan yang kuat pada kunyit ini akan membantu pencernaan, detoksifikasi hati dan juga depresi, kopi Anda akan terasa lebih menyenangkan dengan campuran kunyit.

Penyajian: sama seperti jahe, Anda bisa menggunakan bubuk kunyit atau kunyit parut untuk dicampurkan ke dalam kopi.

Tip: untuk mengoptimalkan manfaat kunyit, Anda juga dapat menambahkan sedikit lada hitam pada kopi Anda. Lada dapat meningkatkan kesediaan hayati kunyit, membuat rempah-rempah lebih efektif dalam dosis yang lebih kecil.

5. Maca

Maca atau yang lebih dikenal dengan akar maca telah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan kesuburan dan terbukti memiliki efek penyeimbang hormon.

Maca memang sangat bergizi karena mengandung lebih dari 20 jenis asam amino, 20 asam lemak baik dan tinggi protein, serta vitamin C.

Penyajian: untuk manfaat minum kopi yang optimal, gunakan 1 hingga 3 sendok teh maca untuk satu cangkir kopi. Sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari dengan kopi hitam Anda.

Tip: agar lebih tahan lama, simpanlah akar maca di lemari es.

6. Kakao

Cokelat dan kopi, sepertinya bukan hal baru, bukan? Bahkan, keduanya sudak terkenal sebagai pasangan yang sangat cocok. Namun, ketika Anda menambahkan bubuk kakao mentah, manfaatnya akan jauh lebih baik.

Kakao mentah adalah salah satu antioksidan paling kuat dan sumber zat besi nabati tertinggi dari sejenisnya. Kakao juga bersifat antiinflamasi yang berarti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol HDL.

Selain itu, kakao juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Sifat antidepresif kakao membuatnya juga bagus untuk otak Anda.

Penyajian: aduk 1 sendok makan bubuk kakao mentah ke dalam satu cangkir kopi untuk meningkatkan serat makanan, antioksidan dan magnesium.

Tip: jika perlu, gunakan bubuk kakao mentah yang organik untuk mendapatkan manfaat maksimal, dan pelajari perbedaan antara kakao mentah dan bubuk kakao.

Baca juga: Yum! Ini Dia 7 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Anda

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi