FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
[Promo 12.12]Bayar pakai OVO, dapatkan 30% cashback, max 10rb!
Advertisement
Advertisement

6 Alasan Kondom Sobek & Pencegahannya

Sedang asyik bercinta dengan pasangan, lho... kok kondomnya sobek dan bocor? Waduh, apa sebabnya, ya? Bagaimana mencegahnya?

KONDOM sobek tentunya bisa sangat mengganggu dan menurunkan mood saat berhubungan intim. Mengapa kondom bisa sobek? Ternyata, ada beberapa alasan kondom koyak atau sobek saat berhubungan seksual.

Berikut adalah sejumlah penyebab kondom bocor dan pencegahan yang bisa dilakukan agar hal itu tidak terulang lagi saat berhubungan intim. Yuk, disimak!

1. Kondom Kadaluwarsa

Fakta yang hampir diabaikan kebanyakan orang adalah produk kondom memiliki tanggal kadaluwarsa. Jika pemakaian kondom sudah terlewat batas waktu, ini bisa menjadi salah satu penyebab kondom bocor dan mudah sobek.

Maka dari itu, Anda dan pasangan wajib memeriksa tanggal kadaluwarsa kondom sebelum menggunakannya. Sebagian besar tanggal kedaluwarsa dicetak pada dus atau kemasan per itemnya. 

2. Ukuran Kondom Terlalu Kecil

Sekilas, kondom tampak seperti dapat yang cocok untuk berbagai macam ukuran Mr. P. Padahal, salah satu penyebab kondom bocor dan mudah rusak adalah karena ukuran kondom tidak cocok

Memakai ukuran kondom yang terlalu kecil menyebabkan ketegangan pada lateks dan meningkatkan risiko sobek atau rusak ketika ada gesekan. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memakai ukuran kondom yang tepat.

3. Menggunakan Pelumas Berbahan Dasar Minyak Saat Memakai Kondom Lateks

Pelumas yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari beberapa varian dan fungsi. Ada pelumas yang memang dirancang untuk digunakan bersamaan dengan kondom, seperti kondom berbahan dasar air.

Tetapi, ada pula pelumas yang tidak cocok digunakan bersamaan dengan kondom seperti pelumas berbahan dasar minyak. Jika Anda memakai pelumas yang salah ketika memakai kondom, ini bisa menjadi penyebab kondom bocor.

Baca juga: Serba-Serbi Lubricant: Jenis, Manfaat, dan Cara Pakai

4. Menyimpan kondom di tempat yang salah

Tentu saja, menyimpan satu atau dua kondom di dompet atau mobil, sepertinya ide yang bagus untuk berjaga-jaga. Tetapi, bagaimana jika kondom terpapar udara panas di luar ruangan sepanjang waktu? Ini bisa membuat kualitas kondom menurun.

Kondom harus disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Jika Anda menyimpan kondom di dashboard mobil atau dompet, suhu terlalu panas dapat membahayakan bahan komposisi lateks dan meningkatkan risiko kerusakan.

5. Memakai kondom dobel atau berlapis

Sebagian orang beranggapan bahwa mereka harus memakai dua kondom sekaligus atau kondom berlapis untuk pengamanan ekstra dan untuk memastikan tidak ada cairan yang bocor.

Padahal, hal ini justru berdampak negatif. Memakai kondom dua kali lipat bukan berarti meningkatkan pengamanan dua kali lipat. Pasalnya, gesekan dari dua lapisan kondom tersebut bisa memicu kerusakan atau sobek.

6. Cara memakai kondom tidak benar

Masih banyak pasangan yang terburu-buru saat mengenakan kondom, sehingga kondom rentan sobek atau rusak.

Sangat penting untuk memakai kondom secara perlahan dan pastikan Anda sudah menerapkan cara memakai kondom dengan tepat sebelum benar-benar memulai berhubungan seks.

Sisakan sedikit ruang di bagian atas kondom dan gulung perlahan ke bawah setelah digunakan.

Bagaimana Pencegahan Agar Kondom Tidak Sobek?

Jika Anda pernah mengalami kerusakan kondom, tentu Anda ingin memastikan hal itu tidak akan pernah terjadi lagi. Para pakar menyarankan agar selalu menyimpan kondom di tempat yang sejuk dan kering, serta cek selalu tanggal kadaluwarsanya.

Berikut ini beberapa tips pencegahan agar kondom tidak mudah sobek:

  • Pastikan Anda menggunakan ukuran kondom yang tepat
  • Gunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon. Pakai pelumas secukupnya di bagian dalam kondom, di ujung kondom, dan di luar kondom.
  • Pastikan Anda berhati-hati saat membuka kemasan kondom
  • Pastikan Anda memakai kondom dengan benar dan tidak terburu-buru

Kondom yang sobek bisa terjadi pada siapa saja. Jadi, tidak perlu panik! Pikirkan secara logis, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan atau penularan penyakit seksual.

Selain itu, pastikan Anda mengikuti tips-tips pencegahan yang perlu dilakukan agar kondom tidak mudah sobek lagi saat berhubungan seks.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi